Jenis-Jenis Ikan Koi dengan Corak Unik yang Langka dan Harganya

Home-decor | Kamis, 24 Juni 2021 09:57

Reporter : Wicha Mashita

Iniloh rekomendasi jenis-jenis ikan koi yang bisa bikin bawa hoki.

Selain hewan berbulu seperti kucing, kelinci atau anjing, ikan menjadi hewan incaran banyak orang untuk dipelihara. Apalagi jenis-jenis ikan koi yang dipercaya bisa membawa hoki buat pemiliknya. Hal ini sudah lama menjadi rahasia umum loh!

Mulanya ikan koi berasal dari Tiongkok sekitar abad ke-17. Petani Tiongkok membawa jenis-jenis ikan koi dari Jepang untuk dibudidayakan sebagai bahan makanan. Dalam bahasa Jepang, Koi memiliki arti ikan karper.

Namun, karena warna dan coraknya yang indah, ikan koi dijadikan ikan hias. Bahkan bisa mempercantik dekorasi rumah! Nggak hanya membawa keberuntungan, ikan Koi jadi lambang cinta dan persahabatan di Tiongkok sana.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menjadikan jenis-jenis ikan koi sebagai peliharaanmu, cek harga dan coraknya yang unik dulu yuk! Iniloh rekomendasi Diadona melansir dari beberapa sumber.

Jenis-Jenis Ikan Koi dengan Corak Unik yang Langka dan Harganya
2 dari 6 halaman

Ikan Koi Chagoi

Ikan Koi ChagoiIkan Koi Chagoi © Pinterest

Kita mulai dari jenis ikan koi yang paling murah dulu ya, Diazens. Kamu bisa memiliki mereka dengan merogoh koceng seharga Rp 200-400 ribu. Mereka menawarkan warna abu berlapis kuning yang menawan. Uniknya, Koi Chagoi nggak memiliki corak seperti Koi kebanyakan loh!

Ikan Koi Ochiba Shigure

Nah, kalau Koi Ochiba Shigure ini harganya naik sedikit dari Koi Chagoi. Mereka dibanderol dengan rentan harga Rp 200-300 ribu. Warna dasarnya putih pucat ditambah corak jingga. Terlihat sederhana namun berkesan buat pengisi kolam ikanmu nih!

3 dari 6 halaman

Ikan Koi Soragoi

Ikan Koi SoragoiIkan Koi Soragoi © dutakoi

Next, ada rekomendasi Koi Soragai nih yang menawarkan harga Rp 400-600 ribu buat kamu. Ikan dengan nama lain Koi Hantu ini memiliki warna dasar abu-abu kehitaman. Serem sih, tapi unik kan?

Ikan Koi Goromo

Ada juga Koi Goromo yang dibanderol dari Rp 450 ribu sampai Rp 700 ribu. Meski begitu, warnanya nggak kalah cantik kok. Bahkan mereka menyuguhkan empat corak warna, yaitu jingga, hitam, indigo dan ungu. Ternyata, perpaduan warna tersebut hasil persilangan dari Koi Kohaku dan Koi Asagi.

4 dari 6 halaman

Ikan Koi Asagi

Ikan Koi AsagiIkan Koi Asagi © Pinterest

Ini nih ikan Koi yang sempat disentil di atas. Jenis ikan Koi Asagi ini menjadi incaran banyak orang. Bukan tanpa alasan, warna biru dan jingga mereka yang berkolaborasi menciptakan decak kagum pecinta ikan. Makanya, harganya juga relatif mahal, yaitu antara Rp 1,1 juta sampai Rp 1,5 juta.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Buat kamu pecinta monokrom, wajib banget menjadikan ikan Koi Shiro Utsuri sebagai pilihan peliharaan di kolammu. Soalnya mereka memiliki warna dasar putih yang berkombinasi dengan corak hitam.

Sehingga memancarkan kesan cantik dan misterius. Ukurannya juga lebih besar dibanding jenis-jenis ikan koi lainnya. Buat harganya ada di rentan Rp 700 ribu sampai RP 800.000.

5 dari 6 halaman

Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki UtsuriIkan Koi Ki Utsuri © Pinterest

Nah, kalau Koi Ki Utsuri ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 850 ribu sampai Rp 900 ribu. Jenis-jenis ikan koi ini memiliki warna jingga kekunikan yang bercorak hitam. Tubuhnya juga lebih mungil dibanding sirip dan ekornya. Makanya, dia terlihat elegan.

Ikan Koi Tancho

Selanjutnya ada ikan Koi Tancho yang memiliki corak unik sebagai identitas khasnya. Ikan ini berwarna putih dan memiliki goresan jingga berbentuk bulat di dahinya. Lucu banget kan?

Tapi ternyata ada banyak jenis ikan koi Tancho ini loh, Diazens. Ada yang warna dasarnya putih namun memiliki corak tambahan di tubuhnya. Terserah kamu deh, ingin punya yang varian apa.

6 dari 6 halaman

Ikan Koi Kumpay Slayer

Ikan Koi Kumpay SlayerIkan Koi Kumpay Slayer © jualikankoi

Terus ada nih Kumpay Slayer sebagai jenis ikan koi termahal. Ikan ini juga disebut Koi Butterfly loh karena ukuran siripnya yang panjang seperti kupu-kupu.

Koi Kumpay Slayer menawarkan warna yang nggak kalah cantik dari jenis-jenis ikan koi di atas. Mereka memiliki kombinasi warna perak dan jingga yang membuatnya terlihat anggun. Makanya, harganya pun cukup bikin mata melotot. Yap, ikan koi ini dibanderol mulai dari Rp 1.500.000 - R[ 2.000.000.

Ikan Koi Ogon

Terakhir,  ada ikan Koi Ogon yang memiliki corak warna elegan. Makanya, harga mereka relatif mahal Diazens. Kamu bisa mendapatkannya di angka Rp 1,5 juta sampai Rp 1,6 juta. Tapi, kamu nggak bakalan nyesel deh sama keindahan jenis ikan Koi Ogon.

Itulah rekomendasi jenis-jenis ikan koi dengan beragam corak menarik untuk dipelihara. Siap-siap percantik rumah dengan kolam ikan berhias koi deh.

Join Diadona.id