Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun yang Siap Bikin Rumah Jadi Makin Estetik

Home-decor | Kamis, 3 Juni 2021 09:53
Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun yang Siap Bikin Rumah Jadi Makin Estetik

Reporter : Wicha Mashita

Pengen hias ruangan dengan nuansa baru? Kenalan yuk sama jenis-jenis tanaman hias daun di bawah ini!

Jenis-jenis tanaman hias daun bisa jadi pilihanmu untuk ciptakan suasana baru dengan ruangan estetik di rumah. Kediamanmu juga jadi terlihat sejuk dan asri. Apalagi kalau tanaman hidup yang akan membuat rumah makin segak dan hijau.

Beda dengan tanaman yang berbunga warna-warni, daun umumnya memiliki keindahan tersendiri yang simple namun tetap elegan. Makanya, cocok banget disimpan dalam ruangan. Apalagi kelebihannya jadi lebih mudah dirawat loh!

Yuk, cari referensi jenis-jenis tanaman hias daun untuk mempercantik ruanganmu!

2 dari 6 halaman

Lidah Mertua

Tanaman Lidah MertuaTanaman Lidah Mertua © notapaperhouse

Pasti Diazens sudah akrab banget dong sama tanaman yang satu ini. Yap, lidah mertua menjadi jenis-jenis tanaman hias daun populer untuk jadi aset penting mempercantik ruangan. Selain wujudnya yang indah, namanya pun terbilang unik. Usut punya usut, alasan di balik nama lidah mertua adalah bentuk daun yang memanjang digambarkan seperti mertua yang cerewet.

Kuping Gajah

Kalau kenal sama lidah mertua, pasti juga akrab dong sama kuping gajah. Daunnya berukuran lebar sehingga menyerupai telinga gajah. Perawatannya yang gampang dengan bentuk bulat hijau membuatnya jadi incara banyak orang.

3 dari 6 halaman

Tanduk Rusa

Tanaman Tanduk RusaTanaman Tanduk Rusa © gardening

Nah, kalau jenis-jenis tanaman hias daun yang satu ini cocok untuk ditempel di pohon atau digantungkan di dinding, Diazens. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik dan cantik layaknya tanduk rusa berwarna hijau.

Tanaman yang sering disebut Simbar Menjangan ini juga sering dijumpai menempel di berbagai tanaman lainnya di wilayah tropis. Oh iya, simpannya di tempat yang sejuk dan nggak terpapar sinar matahari langsung ya!

Suplir

Tanaman Suplir ini cocok banget buat kamu yang suka jenis-jenis tanaman hias daun rimbun. Soalnya daunnya berbentuk kecil dan tumbuh dalam jumlah banyak di satu ranting. Cantik dan segar gitu deh!

Eits.. tapi kalau tanaman ini agak susah perawatannya. Soalnya ia butuh lingkungan yang kering dan udaranya harus bersih.

4 dari 6 halaman

Puring

Tanaman PuringTanaman Puring © Pinterest

Bosan sama suasana hijau dan ingin yang lebih berwarna berani? Puring menjadi jawabannya untuk jenis-jenis tanaman hias daun di dalam ruangan. Apalagi warna merahnya yang berpadu dengan hijau menciptakan suasana mewah buat rumahmu, Diazens.

Oh iya, ada beberapa jenis puring yang paling diminati orang-orang loh! Mulai dari oscar, puring anting raja, logam, puring arjuna, red aple, puring asmara jingga dan juga puring kura.

Sri Rejeki

Sri Rejeki atau yang juga dikenal sebagai tanaman aglonema ini juga punya warna yang nggak identik dengan hijau saja. Mereka menyajikan warna cantik perpaduan merah, cokelat dan hijau. Namun, tanaman ini harus dirawat dengan intensif ya! Soalnya, Sri Rejeki nggak boleh kena matahari langsung dan tempatkan di wilayah lembab.

5 dari 6 halaman

Spider Plant

Tanaman Spider PlantTanaman Spider Plant © Unsplash/ susan_wilkinson

Nggak seram kayak yang kamu bayangin wujudnya seperti laba-laba gitu, kok. Tanaman ini berwarna hijau dengan daun memanjang yang pipih. Wujudnya terlihat imut loh!

Jenis-jenis tanaman hias daun Spider Plant ini cocok banget untuk mengisi ruangan minimalis. Tanaman asal Afrika ini juga mudah cara perawatannya.

Lili Paris

Hampir mirip dengan Spider Plant, Lili Paris juga memiliki daun yang kecil memanjang. Namun, ada perbedaan pada warna daunnya. Lili Paris berwarna hijau di pinggirnya dan putih di tengahnya dengan paduan gradasi cantik. Ia juga bisa jadi tanaman gantung loh!

6 dari 6 halaman

Monstera

Tanaman MonsteraTanaman Monstera © Unsplash/ charlotablunarova

Ini nih jenis-jenis tanaman hias daun yang belakangan digemari sama banyak orang. Bahkan mereka jadi perburuan manis untuk menghias rumah. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya yang unik dengan lubang di beberapa areaanya.

Calathea Black Lipstick

Siapa bilang jenis-jenis tanaman hias daun hanya berwarna hijau? Ada juga yang warnanya gelap elegan dan mewah loh! Yap, Calathea Black Lipstick jawabannya yang menampilkan daun berwarna hitam berpadu baby pink di tengahnya. Tanaman yang juga disebut meranti ini hanya cocok jadi hiasan di dalam rumah karena nggak bisa kena sinar matahari langsung ya!

Gimana Diazens, tertarik nggak nih sama jenis-jenis tanaman hias daun versi Diadona di atas? Kamu jadi mau pilih yang mana untuk mendekorasi ruangan estetik?

Join Diadona.id