Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kapur Barus di Rumah, Moms Wajib Tahu nih!

Home-decor | Senin, 19 April 2021 14:00

Reporter : Ayu

Umum digunakan sebagai bahan pewangi dan pengusiir serangga, begini cara penggunaan kapur barus yang aman.

Kapur barus atau umum dikenal dengan istilah kamper bisa dibilang sebagai salah satu pengharum ruangan serbaguna. Memiliki aroma yang segar mampu mengusir bau tak sedap yang kerap ada di area sudut rumah. Saking kuat aromanya, kapur barus juga ampuh mengusir serangga dan hama yang ada di rumah seperti semut dan kecoa.

Nah, biasanya nih pemilik rumah menempatkan bola-bola pestisida ini di sudut kamar mandi, laci, dan lemari pakaian. Namun tak sedikit pula orang yang khawatir akan resiko dari paparan zat kimia pengharum ini.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kapur Barus di Rumah, Moms Wajib Tahu nih!
2 dari 5 halaman

Lalu benarkah kapur barus membahayakan kesehatan?

Menurut data yang dikutip dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kapur barus tidaklah berbahaya bagi kesehatan dan aman digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Kapur barus sendiri dibuat dari potongan kayu batang pohon Cinnamomum Camphora yang banyak tumbuh di kawasan Barus, Sumatera Barat. Namun seiring berkembangnya zaman, pohon Kamfer ini semakin langka ditemukan di hutan wilayah Barus.

Sedangkan kapur barus yang kita temui sekarang dibuat secara sintesis dari bahan minyak terpentin dan dicampur dengan zat kimia. Nah, zat kimia itulah yang memberi dampak negatif jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan.

3 dari 5 halaman

Bagaimana cara penggunaan yang aman?

Sebisa mungkin hindarkan kapur barus ini dari jangkauan anak-anak, khususnya balita yang mudah menelan benda yang bentuknya menarik dan berwarna warni. Tak hanya itu, hindarkan bayi dari paparan kapur barus ya Moms.

Untuk lemari pakaian bayi, tidak perlu menggunakan pewangi dari kapur barus. Hal ini karena zat kimia dalam kamper bisa memicu pecahnya sel darah merah dan meningkatkan kadar bilirubin dalam darah bayi.

Kapur BarusKapur Barus © dekoruma.com

4 dari 5 halaman

Buat Moms yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tempatkan kapur barus dalam sebuah wadah, atau dibungkus menggunakan tisu. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisir paparan langsung ke pakaian Moms dan memicu reaksi alergi atau iritasi kulit.

Agar Moms terhindar dari risiko gangguan kesehatan, jangan terlalu lama menghirup aroma kapur barus ya. Gunakan dalam jumlah secukupnya dan jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan.

5 dari 5 halaman

Sebelum Moms memutuskan menggunakan kapur barus, berikut inii beberapa manfaat yang didapatkan.

Jika Moms memiliki gangguan tikus atau kelinci yang mengganggu pekarangan rumah, maka kapur barus bisa menghalau hewan pengerat itu agar menjauh. Cukup tempatkan kapur barus di tanah dekat tanaman, di sekitar kebun atau area tempatnya bersembunyi.

Kapur barus juga mampu mencegah perak dari karat. Caranya, dengan menyimpan benda yang terbuat dari perak ke dalam tas yang diisi satu atau dua butir kapur barus.

Saat Moms hendak membersihkan ruangan menggunakan vacuum cleaner, tambahkan beberapa butir kapur barus ke dalam vacuum. Dengan demikian zat aktifnya bisa membunuh kutu atau serangga yang ada.

Semoga membantu ya Moms!

 

Join Diadona.id