Mau Ngecat Rumah Sendiri? Cobain 5 Cara Ini biar Beda dari yang Lain

Home-decor | Rabu, 1 Juli 2020 10:17
Mau Ngecat Rumah Sendiri? Cobain 5 Cara Ini biar Beda dari yang Lain

Reporter : Riza Umami

Cara-cara unik dalam mengecat rumah.

Salah satu komponen penting dalam dekorasi rumah adalah memilih cat dinding. Saat ini, banyak orang lebih memilih untuk mengecat dindingnya sendiri agar hasil yang didapat nanti sesuai dengan kemauan.

Namun, mengecat dinding sebenarnya ada beberapa teknik yang bisa digunakan, tak melulu hanya yang biasa saja. Hal ini tentu agar hasil dari cat dinding nanti makin bagus, tampak unik dan lain daripada yang lain. Dilansir dari lamanidntimes.com (22/06), berikut beberapa cara mengecat rumah yang anti-mainstream.

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Tabung Suntik untuk Kesan Dripping

 Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © Pinterest.com/Hometalk

Teknik dripping ini adalah teknik mengecat yang hasilnya akan tampak seperti tetesan air. Untuk mengecat dengan cara ini siapkan cat dan tabung suntik yang tanpa jarum. Lalu masukkan cat ke dalam suntikan tersebut dan pasang dari bagian atas dinding agar mengalir ke bawah seperti tetesan air.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Cetakan

 Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © Pinterest.com/cuttingedgestencils

Untuk membuat gambar atau pola tertentu seperti daun, hati atau yang lainnya kamu bisa menggunakan cetakan. Pilih dulu motif yang kamu mau, lalu buat dengan stensil. Jika sudah, kamu hanya tinggal mengecat dengan menggunakan cetakan tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Pakai Sapu untuk Memberikan Tekstur

 Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © pinterest.com

Ternyata sapu juga bisa digunakan sebagai alat pelengkap saat mengecat lho. Memakai sapu ini akan memberikan tekstur pada dinding sehingga tampak lebih aesthetic. Caranya yaitu aplikasikan dulu cat ke dinding dengan menggunakan roll. Kemudian, sapukan satu arah pada cat yang masih basah itu dengan menggunakan sapu untuk menciptakan tekstur pada dinding tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Buat Motif Bata dari Pakai Spons

 Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © solteirasnoivascasadas.com

Motif bata adalah salah satu motif yang digemari untuk menghias dinding. Ternyata membuat motif ini tidaklah terlalu susah. Kamu bisa menggunakan spons yang bentuknya persegi panjang untuk membuat pola bata ini. Caranya celupkan spons pada cat kemudian tempelkan ke dinding. Lakukan terus-menerus seperti itu dan pola bata pun sudah jadi.

6 dari 6 halaman

5. Motif Pakai Kain Bekas

 Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © Pinterest.com/Bidista

Kain bekas ternyata juga bisa memberikan motif yang cantik saat digunakan untuk mengecat dinding. Caranya, siapkan dulu roller dan baju bekas, kemudian lilitkan acak tak terlalu rapi, baju itu pada roller dan ikat dengan gelang karet. Kain bekas pun sudah bisa digunakan untuk mengecat dan akan memberikan motif abstrak yang cantik.

Itulah beberapa teknik mengecat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat sederhana. Gimana? Mau coba yang mana nih?

Join Diadona.id