Memilih Antara Meja Makan Bundar dan Persegi Panjang, Lebih Nyaman yang Mana ya Moms?

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 2 November 2020 11:15
Memilih Antara Meja Makan Bundar dan Persegi Panjang, Lebih Nyaman yang Mana ya Moms?
Pilih yang bundar apa persegi ya?

Ruang makan adalah salah satu elemen yang selalu ada di setiap hunian. Tak jarang, kita berusaha untuk membuat desain serta konsepnya yang up to date. Hal ini lantaran kita umumnya selalu banyak menghabiskan waktu makan serta berbincang dengan keluarga di ruang ini.

Oleh sebab itu, ruang makan sangat perlu didesain senyaman mungkin. Tak jarang, kita pun juga mengalami kendala tentang berbagai ragam pilihan seperti furniture yang digunakan untuk meja dan kursi terutamanya.

Tak hanya itu, kita juga bakal kebingungan tentang bahan apa ya yang sekiranya cocok? Untuk berapa orang? Dimana meletakkannya? Bahkan saking detailnya kita memilih ada yang bingung antara menggunakan meja makan berbentuk bundar ataukah persegi panjang. Duh, makin puyeng gak tuh?

Nah, biar gak makin bingung berikut ini Diadona ulas tentang perbedaan baik dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan antara meja berbentuk bundar dan persegi panjang melansir dari Homify pada Senin (2/11/2020).

1 dari 8 halaman

1. Pilih Posisi yang Tepat

Meja Makan © Diadona

Hal yang paling penting untuk kita renungkan bersama adalah mengetahui secara pasti di mana kita akan meletakkan meja makan tersebut. Meja berbentuk bundar tentu memenuhi ruang di mana semua barang akan berada di sekelilingnya ya Moms. Oleh sebab itu, saat kita memilih meja berbentuk bundar kita harus memperhatikan detil ini.

Perlu diketahui juga bahwa kita membutuhkan ruang kosong di sekeliling meja bundar untuk memudahkan kita bergerak meninggalkan meja tanpa mengganggu kenyamanan orang lain yang duduk di meja makan.

Nah, sedangkan jika kita memilih meja makan berbentuk persegi panjang tentu tidak akan lebih banyak memakan tempat. Tak hanya itu saja, jika ruang makan Moms tak terlalu luas, maka meja makan persegi pun dapat diletakkan menempel di dinding.

2 dari 8 halaman

2. Bagaimana Bentuk Memengaruhi Suasana?

Dalam hal ini meja makan berbentuk bundar akan lebih leluasa karena tidak ada peserta makan bersama yang duduk di ujung meja. Oleh sebab itu kedudukan semua peserta makan atau penghuni rumah adalah sama tanpa hierarki.

Sama halnya dengan meja makan persegi panjang untuk enam orang dan tidak ada yang duduk di salah satu sisinya. Posisi di ujung kanan dan kiri meja makan persegi panjang biasanya disediakan untuk kepala keluarga atau seseorang yang dituakan.

Alangkah lebih baik jika meja makan persegi panjang tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat. Meja makan persegi panjang juga cocok untuk acara makan bersama yang melibatkan banyak orang.

3 dari 8 halaman

3. Ketahui Kapasitas

Meja Makan © Diadona

Saat memilih meja makan berbentuk persegi panjang akan memiliki kelebihan dalam hal kapasitas. Bagaimana pun meja makan berbentuk panjang memungkinkan banyak orang makan bersama tanpa menyita banyak ruang. Nah, jika Moms ingin merayakan sesuatu, maka bisa memilih pada keindahan meja makan berbentuk persegi panjang.

4 dari 8 halaman

4. Kaki Meja Makan

Saat memilih meja makan berbentuk bundar, salah satu detail yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah posisi kaki meja. Secara umum, meja makan bundar disangga oleh satu kaki meja di tengah, tidak berkaki empat seperti meja makan persegi panjang. Meja makan bundar akan membuat semua orang merasa nyaman karena kaki tidak akan terantuk kaki meja makan.

5 dari 8 halaman

5. Sudut Meja Makan

Kelebihan lain meja makan bundar dibandingkan meja makan persegi panjang adalah, meja makan bundar tidak memiliki sudut. Meja tanpa sudut lebih nyaman dan aman khususnya bagi ruangan sempit.

Nah, gak ada lagi tuh yang namanya tangan tersenggol sudut-sudut meja yang tumpul. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika kita menggunakan meja makan berbentuk bundar.

6 dari 8 halaman

Meja Makan © Diadona

Dari pemaparan poin di atas dapat disimpuylkan bahwa meja makan bundar lebih bersahabat, serbaguna, hangat dan nyaman bagi peserta makan bersama. Kaki meja makan bundar memungkinkan mobilitas yang nyaman dan tidak ada sudut yang mengakibatkan cedera. Namun meja makan bundar membutuhkan ruang khusus dan tidak cocok untuk acara makan bersama yang mengundang banyak orang.

7 dari 8 halaman

Sedangkan meja akan persegi panjang adalah jenis meja yang praktis, fungsional, dan nyaman. Di sisi lain, meja makan persegi panjang cocok untuk ruangan berbentuk memanjang dan menampung lebih banyak peserta makan bersama di ruang sempit. Meja makan persegi panjang bisa ditata berhimpitan dengan dinding untuk menghemat tempat.

8 dari 8 halaman
Beri Komentar