Mengenal 4 Bahan Paling Umum, Murah dan Fungsional yang Sering Digunakan Pada Peralatan Dapur

Home-decor | Rabu, 6 Oktober 2021 17:15

Reporter : Yayuk Harini

Tidak harus mahal, saat ini peralatan dapur sudah tersedia dengan harga yang murah tapi nggak murahan Moms!

Memasak tentunya sudah menjadi kebutuhan utama setiap ibu rumah tangga. Alhasil, peralatan di dpaur pun harus selalu ada dan sebaiknya disediuakan lengkap ya Moms.

Tak hanya memilih harga murah saja, faktor utama yang perlu diperhatikan kala memilih peralatan dapur adalah adalah keamanannya. jadi, penting untuk teliti dalam membeli peralatan dapur sehingga tepat guna.

Sebelum memilih dan membeli peralatan dapur yang cocok, Moms bisa mengetahui jenis bahan yang digunakan untuk membuat peralatan tersebut lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah infonya Moms. Simak yuk!

Mengenal 4 Bahan Paling Umum, Murah dan Fungsional yang Sering Digunakan Pada Peralatan Dapur
2 dari 6 halaman

1. Stainless Steel

Umumnya, alat dapur memakai bahan anti lengket atau stainless steel. Nah bahan ini kelebihannya sangat mudah untuk dibersihkan serta mampu mengurangi pemakaian minyak ketika menggoreng. Jadi kolesterol yang dihasilkan akan lebih sedikit.

Namun, jika ada lapisan yang terkelupas akan menjadi racun pada saat bercampur dengan masakan dan masuk ke dalam tubuh. Moms wajib berhati-hatilah ketika menggunakannya ya. Jika ingin memakai peralatan yang terbuat dari bahan metal, carilah yang sudah dicampur dengan tembaga atau tidak 100% pure stainless steel.

3 dari 6 halaman

2. Kaca

Peralatan masak lainnya yang biasa digunakan ibu rumah tangga adalah yang berbahan kaca. Bahan kaca ini sudah di proses sehingga dapat bertahan pada suhu tinggi. Moms bisa memasak di dalam oven microwave atau memanggang di oven gas.

4 dari 6 halaman

3. Kayu

Akan sangat baik jika Moms memprioritaskan peralatan yang dapat memperlancar kegiatan di dapur dan aman untuk kesehatan, misalnya yang berbahan kayu. Kayu menyerap panas namun tidak menghantarkannya sehingga sangat baik digunakan.

Spatula, sendok nasi, dan sendok sayur adalah beberapa peralatan masak yang dibuat dari bahan tersebut. Hanya saja, pori-pori pada kayu dapat menyebabkan lemak dan minyak masuk ke dalamnya sehingga cucilah terlebih dahulu sebelum dipakai ya.

5 dari 6 halaman

4. Plastik

Peralatan masak dari bahan plastik memang banyak dijual di pasaran dan sangat mudah ditemukan. Namun dominan tidak memenuhi standar sehingga berpeluang menimbulkan penyakit. Jadi, penting untuk memilih peralatan dengan kualitas bagus dan memenuhi standar.

6 dari 6 halaman

Meskipun ringan dan mudah dibersihkan, Moms sebaiknya memperhatikan label aman untuk kesehatan pada peralatan dapur berbahan plastik. Tapi, lebih baik tidak menggunakannya terus menerus terlebih yang berhubungan dengan panas. Bahan plastik ini lebih tepat dipakai sebagai landasan pisau, tempat puding atau roti, dan cetakan.

Well, itulah tadi beberapa bahan perabotan rumah tangga di dapur yang umum digunakan dan dijual banyak di pasaran Mosm. Semoga informasi tadi membantu ya.

Join Diadona.id