Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Digadang-Gadang Populer di 2021

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 2 Januari 2021 18:45
Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Digadang-Gadang Populer di 2021
Tahun 2021 baru seumur jagung nih, tapi berbagai hal yang akan menjadi trend dan populer sudah banyak dibahas, salah satunya jenis tanaman hias.

Beberapa sumber menyebutkan salah satu tanaman hias yang diprediksi bakal populer di tahun 2021 adalah blue star fern atau pakis bintang biru. Bagi kamu yang merasa asing dan bahkan belum mengetahui tentang tanaman blue star fern, artikel kali ini akan membahas tanaman yang satu ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (2/1/2021), pakis bintang biru atau blue star fern merupakan tumbuhan yang termasuk dalam golongan phlebodium aureum atau polypodium aureum, yaitu epifit pakis asli daerah tropis dan subtropis Amerika.

1 dari 3 halaman

Tumbuh Baik di Tempat Kurang Cahaya

Ilustrasi Pakis Bintang Biru atau Blue Star Fern © Diadona

Pakis bintang biru merupakan tanaman hias yang tumbuh baik dalam kondisi kurang cahaya, yang banyak ditempatkan di sebagian besar interior rumah. Pakis bintang biru menyukai tanah yang lembab, sehingga sulit untuk menyirami pakis jenis ini. Tanaman ini memiliki daun hijau keriting dan kebiruan, menjadikan pakis bintang biru sebagai tambahan yang menarik untuk ruangan mana pun.

Tidak seperti kebanyakan pakis, yang memiliki tekstur daun halus, pakis bintang biru memiliki daun yang lebih lebar dan berserabut. Pakis ini biasanya tumbuh setinggi sekitar 30cm dan lebar. Di alam liar, pakis bintang biru tumbuh di pohon untuk mendukungnya, tetapi tidak mengambil nutrisi atau kelembapan dari pohon, alias ia tidak menjadi benalu.

Pakis bintang biru merupakan tanaman hias dedaunan yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Pakis ini mentolerir cahaya redup, jadi tak masalah jika diletakkan dalam cahaya tidak langsung ke tengah ruangan. Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya di jendela yang menghadap ke timur, barat atau utara, di mana pakis bintang biru tidak akan menerima sinar matahari sepanjang hari.

2 dari 3 halaman

Cara Menumbuhkan Blue Star Fern

Ilustrasi Pakis Bintang Biru atau Blue Star Fern © Diadona

Karena kemampuannya untuk mentolerir kondisi cahaya redup dan perawatan yang relatif mudah, mereka menjadikan pakis bintang biru pilihan yang bagus untuk pemula. Berikan cahaya tidak langsung dan penyiraman teratur, sesuai kondisi media tanam. Campuran pot untuk pakis bintang biru harus lepas dan cepat habis. Saat menyiram dan menanam, perhatikan habitat alami dan kebiasaan tumbuh pakis ini.

Pakis ini hidup di dahan pohon di hutan hujan, jadi suka sering disiram tapi tidak suka berdiri di air atau tanah basah. Kembali menggunakan pot baru hanya jika pot yang ditanami pakis bintang biru berukuran besar. Saat itu pindahkan ke pot yang lebih besar beberapa inci.

Suhu ruangan normal baik-baik saja untuk pakis bintang biru, tetapi tanaman hutan hujan ini lebih menyukai kelembaban yang lebih tinggi. Simpan di ruangan yang lebih lembab, seperti dapur atau kamar mandi, atau letakkan pot di atas nampan kerikil yang lembap. Mengelompokkan tanaman hias bersama-sama juga akan menghasilkan kelembapan yang lebih tinggi.

3 dari 3 halaman

Masalah pada Blue Star Fern

Ilustrasi Pakis Bintang Biru atau Blue Star Fern © Diadona

Merawat pakis ini tidak akan menjadi masalah, tetapi jika kamu lengah dapat menyebabkan sedikit masalah bagimu. Kelembaban yang berlebihan atau drainase yang buruk dapat menyebabkan busuknya akar. Perawatan cahaya yang buruk, dan daun rontok akhirnya merusak pakis bintang biru. Jadi harus telaten ya, selamat menanam!

Beri Komentar