Mengenal Dinding Kamprot, Wujudkan Tampilan Eksterior Rumah yang Elegan dan Minim Budget

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 29 Mei 2021 17:00
Mengenal Dinding Kamprot, Wujudkan Tampilan Eksterior Rumah yang Elegan dan Minim Budget
Bagus dengan nuansa industrial Moms!

Melansir dari Dekoruma pada sabtu (29/5/2021), dinding kamprot pada dasarnya adalah teknik pembuatan finishing permukaan dinding bertekstur kasar. Secara otomatis, dinding kamprot akan terlihat acak alias tidak sempurna. Kendati demikian, tampilan yang tidak sempurna inilah yang sering diburu oleh pecinta properti untuk kesan unik yang berbeda dan menarik.

Selain daya tarik finishing yang semi kasar, dinding kamprot juga kerap menjadi favorit lantaran efek shadow alias bayangan jatuh di permukaannya. Saat terkena cahaya matahari, tekstur kasar pada dinding ini dipertegas dan terlihat jelas dan estetik.

Tak heran jika dinding kamprot sering menghiasi bagian eksterior rumah. Selain tahan cuaca, dinding luar rumah pun mempunyai efek cantik yang luar biasa.

1 dari 6 halaman

Pembuatan Dinding Kamprot

Teknik aplikasi dinding kamprot menitikberatkan pada penggunaan material yang tepat. Hal ini membuat permukaan dinding menjadi bertekstur sesuai keinginan.

Sangat berbeda dengan teknik plaster atau acian yang bertujuan untuk memuluskan dinding, pembuatan dinding ini malah bertujuan untuk membuat finishing yang mentah, alami dan kasar.

2 dari 6 halaman

Material Berkualitas

Mengenal Dinding Kamprot © Diadona

Bahan dasar dinding kamprot umumnya adalah semen dan pasir yang diaduk bersamaan. Kedua bahan ini rentan rontok, terutama jika semen yang dipakai merupakan semen instan berkualitas sedang atau rendah. Untuk pasir, ukuran butiran harus dipilih seksama supaya tekstur dinding ini nantinya akan sesuai dengan ekspektasi.

3 dari 6 halaman

Plester Dinding

Walaupun bertekstur kasar, bukan berarti dinding kamprot bisa dibuat asal-asalan ya Moms. Tahap pertama harus melibatkan plester dinding sedemikian rupa supaya nantinya aplikasi bahan adukan bisa rapi. Hasil plester yang rata sempurna dan maksimal, akan menjadikan lapisan dinding dasar yang semakin cantik pula.

4 dari 6 halaman

Warna & Intensitas

Mengenal Dinding Kamprot © Diadona

Dinding kamprot tidak harus hanya tampil dalam warna semen abu-abu. Dengan pencampuran cat emulsi, kamu juga bisa mendapatkan tampilan dinding yang lebih bervariasi.

Selain memberikan sentuhan warna, dinding kamprot yang diberi cat emulsi juga bisa diatur tingkat kelembutan atau kekasaran finishing. Semakin kental cat emulsi, maka akan semakin lembut tekstur dinding ini.

5 dari 6 halaman

Spray Gun Khusus

Pengerjaan dinding kamprot secara profesional kadang akan melibatkan alat khusus yaitu spray gun atau alat semprot bermesin kompresor. Pengecatan bahan duko atau melamin biasanya akan menggunakan alat ini, supaya dinding kamprot hadir kian rata dan sempurna.

6 dari 6 halaman

Dinding kamprot memang kerap menjadi pilihan dinding eksterior seperti bagian outdoor, teras atau halaman rumah hingga gedung. Untuk penggunaan interior, dinding ini tidak begitu lumrah digunakan karena sifatnya yang tidak begitu ramah saat disentuh.

Tekstur atau tonjolan dinding kamprot, tetap bisa melukai kulit sehingga tidak cocok untuk rumah yang dihuni oleh anak kecil atau hewan peliharaan. Namun, kasus terluka memang sangat jarang terjadi Moms. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memberikan pembatas seperti pot tanaman hijau yang bisa menambah kesan alami dinding jadi makin maksimal.

Semoga menginspirasi!

Beri Komentar