Mengenal Jenis Material dan Finishing yang Tepat untuk Rumah Idaman

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 4 Desember 2020 17:00
Mengenal Jenis Material dan Finishing yang Tepat untuk Rumah Idaman
Berikut beberapa pilihan konsep ruangan dengan aneka desain finishing yang kekinian.

Memiliki hunian yang indah dan nyaman adalah idaman semua orang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Nah, salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan emmutuskan konsep serta pemilihan material serta finishing yang tepat.

Tak bisa dipungkiri, area dinding merupakan salah satu elemen penting dalam hunian. Tak hanya difungsikan untuk struktur, kehadiran dinding membantu membentuk ruang hingga menentukan interior seperti apa yang akan terbentuk. Melansir dari Dekoruma pada Jumat (4/12/2020), berikut ini adalah beberapa pilihan tepat yang bisa digunakan pada f

1 dari 9 halaman

Material Dindng Kayu

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Kayu dan papan kayu sudah dikenal sebagai material bangunan tradisional dan telah lama digunakan sebagai material dinding. Kendati demikian, tidak semua kayu cocok digunakan untuk dijadikan dinding, terutama jika kayu akan memiliki kontak langsung dengan ruang luar.

2 dari 9 halaman

Material Dinding Bata

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Bahan material dengan dinding batu bata adalah yang paling konvensional saat ini. Material dinidng bata ini tidak hanya kokoh, namun juga memiliki perawatan yang mudah dan daya tahan yang baik. Bata sendiri sudah banyak dikembangkan dalam berbagai macam produk mulai dari bata merah, bata ringan atau airated autoclave concrete.

3 dari 9 halaman

Material Dinding Kaca

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Material kaca biasanya bukan jadi pilihan material dinding utama. Tapi biasa digunakan pada sebagian bangunan, khususnya komersil, dinding dengan material kaca bukan hal yang tak lazim. Selain memberikan kesan terbuka dan luas, material kaca memberikan nuansa lebih elegan dan mewah.

4 dari 9 halaman

Kreasi Finishing dengan Cat

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Cat adalah salah satu pilihan finishing paling dasar untuk dinding rumah. kendati demikian, bukan berarti tak banyak hal yang bisa dilakukan untuk melihatnya tetap standout. Pemilihan warna cat rumah yang luas bisa memberikan banyak pilihan nuansa pada hunian. Untuk tampilan dinding yang lebih berani, Moms bisa memberikan pola hingga gambar mural menggunakan cat.

5 dari 9 halaman

Kreasi Finishing dengan Wallpaper

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Jika Mokms tak mau ribet dan memilih aman, maka disarankan untuk membuat dinding terlihat menarik dengan menggunakan wallpaper atau wall covering sebagai sentuhan akhir. Material ini lebih banyak diaplikasikan pada bagian dalam ruangan dan hadir dalam banyak pola, warna, dan tekstur sehingga memudahkanmu dalam memilih tampilan akhir seperti apa yang kamu inginkan pada hunian.

6 dari 9 halaman

Kreasi Finishing dengan Batu Alam

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Untuik memberikan kesan natural pada hunian, MOms bisa mengaplikasikan finishing batu alam untuk dinding rumah. Meski umumnya digunakan untuk dinding outdoor, tak ada salahnya menggunakan batu alam untuk melengkapi tampilan interior hunian.

7 dari 9 halaman

Kreasi Finishing dengan Keramik

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Untuk bagian dinding ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, material keramik dinding ini bisa jadi pilihan yang paling tepat. Selain lebih tahan terhadap air, keramik juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat dari jamur dan kotoran.

8 dari 9 halaman

Kreasi Finishing dengan Kayu

Material finishing lain yang bisa Moms pilih adalah kayu. Baik dengan melapisi material dasar menggunakan kayu asli maupun buatan, Moms tentu bisa mencoba mengekspos material asli kayu yang memang digunakan untuk dinding hunian. Untuk penggunaan material ini, pastikan beri perlindungan ekstra coating untuk menjaga daya tahannya ya Moms.

Konsep Finishing Rumah © Diadona

9 dari 9 halaman

Unfinished/Exposed Material

Konsep Finishing Rumah © Diadona

Moms tentu juga bisa mengekspos material asli dari dinding mulai dari bata, beton, hingga plester bangunan. Pilihan finishing ini umumnya digunakan untuk memberikan nuansa industrial ataupun rustic pada hunian.

Bagaimana Moms, sudah ada isnpirasi untuk mengadopsi konspe apa finishing hunian apa belum? Semoga membantu dan menginspirasi ya.

Beri Komentar