Mengintip Isi dan Perabotan Rumah Nobita yang Ikonik Seharga Rp10 Miliar Rupiah

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 9 Juli 2020 09:00
Mengintip Isi dan Perabotan Rumah Nobita yang Ikonik Seharga Rp10 Miliar Rupiah
Wah, hunian Nobita ternyata ada di dunia nyata!

Bagi generasi 90-an, serial anime Doraemon tentu sangat membekas dan tak terlupakan. Tentu, hari minggu pagi tak pernah alpa buat lihat serial kartun ini di televisi.

Nah, bagi kamu yang gak tahu tentang hunian Nobita, ternyata gak hanya sekedar cerita saja loh? Nyatanya, hunian Nobita ini ada wujud nyatanya. Malah terbilang mahal untuk ukuran rumah khas Jepang dua lantai ini.

1 dari 8 halaman

Melansir dari Era Indonesia dan beberapa sumber lannya, harga tersebut sudah disesuaikan dengan perhitungan per ruang, perabotan, dan daerah tempat tinggalnya.

Seorang penulis light novel, SOW melakukan kalkulasi di era 1970-an, rumah biasa di era itu yang dimiliki keluarga Nobi. Rumah dua lantai yang terletak di Nerima Ward, Tokyo, harganya ditaksir kisaran 70 juta yen.

2 dari 8 halaman

" Tetap saja, nilai hipoteknya sekitar 200.000 yen per bulan (Rp25.936.000). Ayah Nobita pasti punya gaji yang oke. Sebelum ada yang bilang, 'bukannya mereka menyewa rumah itu?' harga sewa untuk rumah seperti ini kira-kira 160.000 yen (Rp20.748.800) memperhitungkan harga dasar rumahnya," katanya.

Nah, kalau kamu penasaran akan wujud rumah Nobita, kamu bisa melihatnya di museum pengarang komik Doraemon, Fujiko Fujio, yang terletak prefektur Kanagawa, Jepang.

 

3 dari 8 halaman

1. Tampak depan

Tampak depan © Diadona

Dilihat dari tampak luarnya, khususnya tampak depan, rumah ini sangat kental dengan ciri rumah khas prefektur Jepang.

Terdiri dari dua lantai dan dikelilingi oleh pagar. Skema warnanya didominasi oleh warna krem dengan atap berwarna merah bata.

4 dari 8 halaman

2. Area Foyer

Area Foyer © Diadona

Rumah Jepang memiliki sebuah foyer yang digunakan sebagai tempat melepas alas kaki yang dikenal dengan istilah genkan.

Genkan pada rumah ini tidak memiliki banyak perabot dan  hanya khusus untuk area meletakkan alas kaki dan sebuah kabinet. Genkan ini langsung terhubung dengan lorong utama rumah, sekaligus akses ke lantai 2.

5 dari 8 halaman

3. Ruang Tamu

Ruang Tamu © Diadona

Ruang tamu ditempatkan di ruangan paling depan pintu pertama setelah genkan. Tata letak ruang tamu ini sangat menarik, karena membawa konsep yang gak terlalu mengikuti budaya Jepang.

Biasanya ruangan budaya Jepang lebih dekat ke arah tanah serta menggunakan meja dan tempat duduk lesehan. Ruang tamu rumahnya menggunakan meja dan sofa seperti ruang tamu pada umumnya.

6 dari 8 halaman

4. Ruang Keluarga

Ruang Keluarga © Diadona

Ruang keluarga sengaja ditempatkan bersebelahan dengan ruang tamu. Penataan ruang ini sangatlah minimalis khas ruangan budaya Jepang.

Hanya terdapat sebuah meja yang dilengkapi beberapa bantalan duduk dan sebuah televisi tabung di sudut ruangan. Sisi dari ruang keluarga ini menggunakan pintu geser kaca yang mengarah langsung ke halaman taman.

7 dari 8 halaman

5. Halaman Rumah Nobita

Halaman Rumah Nobita © Diadona

Halaman rumah Nobita tak banyak memiliki tumbuhan, hanya ada beberapa yang ditanam di sudut rumah. Taman ini lebih difungsikan sebagai area menjemur pakaian.

Dengan rumahnya yang memiliki pondasi tinggi, membuatnya memiliki papan kayu sebagai tempat bersantai.

8 dari 8 halaman

6. Kamar Nobita

Kamar Nobita © Diadona

Kamar Nobita terletak di lantai 2 dan menjadi tempat yang paling banyak disorot dalam serial Doraemon. Kamarnya terbilang sangatlah simple dan tidak menggunakan banyak furnitur, hanya terdapat sebuah meja belajar dan rak berukuran besar.

Di salah satu sisi kamarnya terdapat lemari geser, semua sudah tahu isinya apa. Benar banget, pastinya tempat tidur Doraemon.

Nah, gimana? Bagi kamu yang pecinta serial Doraemon bisa banget menjadikan desain tata letak dan interior ini jadi impian dekorasi rumah masa depan.

Beri Komentar