Menyingkirkan Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan dengan Cara Decluttering, Apakah Itu?

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 18 September 2020 11:00
Menyingkirkan Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan dengan Cara Decluttering, Apakah Itu?
Apakah sama dengan beres-beres rumah?

Pernah enggak sih Moms merasakan kondisi dimana lemari penuh atau kamar terasa sesak dengan berbagai barang? Tentu, sebagai kodratnya perempuan, kita bisa jadi kalap kalau melihat barang-barang diskon. Tanpa berfikir panjang kita langung memborongnya tanpa memikirkan apakah barang tersebut benar-benar digunakan setelah dibeli ataukah tidak.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu faktor mengapa ada banyak barang berada di ruangan Moms. Melihat kondisi seperti ini, tampaknya Moms sudah waktunya untuk melakukan decluttering.

1 dari 3 halaman

Mengutip dari Cekaja.com Kamis (17/9), decluttering diartikan sebagai menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan hanya menyimpan barang-barang yang memang dibutuhkan. Bukan sekedar beres-beres biasa seperti menyapu dan mengepel ruangan, dalam melakukan decluttering, Moms harus bisa menyortir barang-barang yang dimiliki. Moms harus bisa menentukan mana saja barang-barang yang harus disimpan, dibuang, hingga didonasikan.

Ilustrasi Kegiatan Decluttering © Diadona

2 dari 3 halaman

Duh, bingung nih! Darimana harus memulai?

Tak asal melakukan eksekusi Moms, ada beberapa trik untuk melakukan kegiatan decluttering ini. Salah satunya adalah metode 4 kotak.

Kalau mau mengikuti metode ini, Moms dapat menyortir benda-benda dengan bantuan 4 buah kotak. Kotak-kotak tersebut untuk membantu menyortir barang dengan kategori 'simpan', 'pindahkan', 'buang', dan 'berikan'. Hem, bisa terbayang ya Moms? Yang pasti kegiatan decluttering ini akan membuat Moms merasa lebih nyaman di rumah karena tidak ada tumpukan barang tidak berguna.

Ilustrasi Kegiatan Decluttering © Diadona

3 dari 3 halaman

Bisa Dilakukan Selama 15 Menit

Seorang pengguna Instagram dengan nama akun Nikenuniverse membagikan pengalamannya melakukan kegiatan decluttering. Ia menyempatkan waktu semala 15 menit saja untuk decluttering barang-barang seperti tas, dompet, surat yang menumpuk di meja, dan laci. Ia juga menulikan bahwa decluttering berbeda dengan organize atau merapikan.

Nah, itulah tadi Moms seputar decluttering yang pastinya sangat membantu dalam menata ruang yang terlihat penuh dan sesak. Semoga menginspirasi ya.

      View this post on Instagram    

???????????????????????????????????? ???????? ???????????????????????????????? . Siapa yg weekend ini sdh sempetin declutter? Nyingkirin barang yang sdh ga diperlukan? Yuk start small, 15 menit aja, declutter tas, dompet, surat2 yg numpuk di meja, atau mungkin laci. . Bedakan declutter dengan ‘organize’ atau merapikan ya, sebab merapikan lebih pada meletakkan barang secara teratur. . Sejak declutter 3 thn lalu stl renovasi rumah, setiap declutter mingguan aku hanya declutter kecil2. Ringan rasanya????. Jadi buat mbk dan mas yg belum declutter, yuk dimulai. Sekarang. Yg udah declutter dapet ????.

A post shared by A universe of home & garden (@nikenuniverse) on

Beri Komentar