Musim Hujan Sering Kali Bikin Lemari Lembap hingga Jamuran, Begini Cara Atasinya Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 4 Januari 2021 12:00
Musim Hujan Sering Kali Bikin Lemari Lembap hingga Jamuran, Begini Cara Atasinya Moms!
Jamur di dalam lemari sering bikin jengkel ya Moms. Yuk atasi dengan beberapa cara ini!

Keberadaan lemari sangatlah bermanfaat untuk meletakkan aneka barang, khususnya pakaian. Kehadiran lemari ini sangatlah membantu untuk memudahkan kita memilih dengan leluasa aneka pakaian yang hendak dipakai.

Kendati demikian, tak jarang kita akan menemukan lemari berjamur. Terlebih, material lemari yang Moms gunakan adalah kayu. Hal ini makin diperparah dengan kondisi cuaca yang hujan dan lembap. Tak hanya itu saja, bisa jadi Moms juga salah dalam memilih peletakan lemari.

Tak perlu khawatir lagi, melansir dari 99.co pada Senin (4/1/2020), berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya. Simak ulasan berikut ini yuk Moms!

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Cairan Alkohol © Diadona

1. Alkohol 70 Persen

Alkohol mampu membuat jamur tidak muncul lagi. Caranya, ambillah lap kering untuk meneteskan alkohol pada bagian atasnya. Lap semua permukaan lemari khususnya yang terkena jamur, serta biarkan lemari benar-benar kering sebelum baju kembali dimasukkan.

2. Melamin atau Pernis

Moms juga bisa menggunakan cairan melamin atau pernis untuk mengatasi jamuran di lemari ini. Cairan pernis ini merupakan bahan pelapis bening yang terbukti ampuh menghilangkan jamur sekaligus mempercantik tampilan lemari, lho. Moms bisa mendapatkan cairan melamin atau pernis di toko bangunan terdekat. Jangan lupa, gunakan kuas saat ingin mengoleskan cairan ini, ya.

2 dari 7 halaman

3. Pastikan Ventilasi Mampu Mengganti Udara dengan Baik

Cara lain untuk mengatasi lemari berjamur adalah dengan memperhatikan ventilasi udara. Ruangan membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar tidak lembap dan membuat jamur tidak muncul ke permukaan. Jika tidak terdapat jendela, maka sebaiknya Moms gunakan kipas angin di dalam ruangan.

4. Jangan Biarkan Lemari Pakaian Menempel Pada Dinding

Dinding bisa menjadi dingin dan lembap saat musim hujan. Inilah salah satu faktor yang membuat lemari mudah berjamur. Jadi, jangan sekali-kali meletakkan lemari menempel di dinding ya Moms.

3 dari 7 halaman

5. Gunakan Alas Kayu

Selain dinding, lantai juga bisa bersifat lembap sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur. Kondisinya pun akan lebih parah jika rumah selalu dingin. Oleh sebab itu, perlu ada jarak antara lantai dan lemari.

Moms bisa meletakkan papan kayu pada bagian bawah lemari pakaian. Adanya pembatas ini tentu akan menghambat kelembapan lantai yang bersentuhan langsung dengan lemari.

4 dari 7 halaman

6. Gunakan Cahaya Lampu TL

Lampu TL ini seperti lampu neon. Ruangan yang lembap pada dasarnya bisa dihasilkan dari kurangnya cahaya yang masuk ke ruangan tersebut. Nah, cahaya dari lampu TL bisa berguna sebagai pencegah tumbuhnya jamur karena mempunyai efek ultraviolet yang berguna untuk mengusir jamur.

Ilustrasi Kapur Barus © Diadona

7. Gunakan Kamper

MOms bisa meletakkan beberapa kamper (kapur barus) di dalam lemari. Tak hanya sekedar untuk mengharumkan bagian dalam lemari, kamper juga bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu.

5 dari 7 halaman

8. Cara Mengatasi Lemari Berjamur dengan Penyerap Kelembapan

Dehumidifier adalah alat pengatur kelembapan udara. Nah, cara agar lemari tidak berjamur bisa dengan menempatkan dehumidifier di dalam lemari atau di dekatnya. Harganya mungkin cukup mahal, namun, Moms akan terbebas jamur nakal yang menempel pada lemari.

6 dari 7 halaman

9. Gosok dengan Jeruk Nipis dan Garam

Cara menghilangkan jamur pada lemari yang satu ini bisa dibuat sebagai larutan sebagai penyemprot. Setelah larutannya siap, Moms bisa menyiapkan sikat gigi bekas dan celupkan ke dalam air jeruk nipis serta garam. Gosok bagian lemari yang berjamur dengan sikat gigi tersebut. Dijamin, jamur seketika akan mati dan hilang tanpa kembali lagi.

7 dari 7 halaman

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

10. Oleskan Air dan Cuka

Kandungan asam pada cuka yang sangat tinggi bisa membunuh jamur seketika. Usapkan larutan air dan cuka ke bagian lemari yang berjamur. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih yang kering. Namun, hati-hati dengan warna lemari mungkin bisa saja warnanya pudar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan jamur yang bersarang di dalam lemari. Yuk, segera atasi masalah jamur ini sebelum menempel dalam pakaian. Selamat mencoba!

Beri Komentar