Padahal Udah Rutin Dibersihkan, Ini lho 5 Penyebab dan Cara Atasi Wastafel Dapur Kotor Berbau

Home-decor | Kamis, 2 Desember 2021 18:16

Reporter : Ayu

Kadang bikin sebel kan Moms kalau lagi enak masak, eh tiba-tiba muncul bau tak sedap dari wastafel.

Bisa dibilang, dapur adalah area tersibuk di rumah. Jadi tak heran deh kalau tempat ini cepat kotor dan berantakan. Agar dapur tetap bersih dan higienis, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin dan menyeluruh.

Namun, pernah gak sih Mom Mendapati bau tak sedap muncul di wastafel? Padahal dapur juga sudah rutin dibersihkan. Yap, tanpa disadari, salah satu tempat yang seringkali mengeluarkan bau tak sedap di dapur adalah saluran air di bak cuci piring dapur.

Moms bisa menggunakan beberapa bahan dapur untuk membersihkan saluran air, seperti soda kue dan cuka. Melansir dari The Pinnacle List, Kamis (2/12/2021), untuk menghindari timbulnya bau di saluran ini, hindari beberapa penyebab saluran berikut ini Moms.

Padahal Udah Rutin Dibersihkan, Ini lho 5 Penyebab dan Cara Atasi Wastafel Dapur Kotor Berbau
2 dari 6 halaman

Membuang minyak di saluran air

Penyebab Wastafel Dapur Kotor dan BauPenyebab Wastafel Dapur Kotor dan Bau © Shutterstock.com/g/aneoho

Mungkin hal ini yang menjadi penyebab saluran air mengeluarkan bau tak sedap. Lemak dan minyak akan sangat lambat terurai dan menggumpal di saluran air. Sebaiknya hindari membuang sisa minyak goreng di saluran air ya Moms. Tak hanya dapat membuat dapur berbau, minyak juga bisa menyumbat pipa. Gunakan larutan soda kue dan cuka dengan perbandingan yang sama kedalam saluran air, lalu siram dengan air panas.

3 dari 6 halaman

Bak cuci piring jarang digunakan

Salah satu penyebab saluran air mengeluarkan bau tak sedap adalah saluran ini jarang digunakan sehingga tidak teraliri air. Biasanya ini terjadi setelah Moms bepergian dalam waktu yang lama. Saat tak digunakan, air yang terperangkap di dalam saluran akan menguap dan menimbulkan bau tak sedap pada ruangan. Jangan khawatir, Moms bisa menyiram air panas di saluran air yang berbau ini.

4 dari 6 halaman

Ventilasi pipa tersumbat

Wastafel Dapur Kotor dan BauWastafel Dapur Kotor dan Bau © Shutterstock.com/g/Chayatorn

Ventilasi pada pipa memungkinkan udara segar masuk kedalam pipa air, dan membuang gas, udara ataupun uap air. Jika ventilasi tersumbat maka gas saluran pembuangan akan keluar melalui saluran air di bak cuci piring dan menyebabkan aroma dapur berbau. Jika ini terjadi, sebaiknya segera hubungi tukang pipa untuk menangani masalah sumbatan.

5 dari 6 halaman

Sampah yang membusuk

Tempat pembuangan sampah atau saringan sampah pada bak cuci piring membutuhkan air mengalir agar bersih dan tidak ada sisa sampah yang tersangkut. Namun, kadang kala sisa sampah akan tersangkut dan membusuk sehingga timbul bau tak sedap di dapur. Sebaiknya buang sisa sampah secara menyeluruh dan sikat saringan bak cuci piring agar bebas darisisa makanan yang menempel. Moms juga bisa menggunakan kulit lemon dan jeruk untuk menghilangkan bau.

6 dari 6 halaman

Sisa makanan

Wastafel Dapur Kotor dan BauWastafel Dapur Kotor dan Bau © Shutterstock.com/g/Viktoriia+Hnatiuk

Saat mencuci piring seringkali masih ada sisa makanan berukuran kecil yang terbuang ke saluran air. Hal ini tentu dapat menyebabkan masalah pada pipa karena sisa makanan akan tersangkut. Asal Moms ketahuii, makanan mengandung minyak dan bisa mengeras di sisi pipa drainase hingga berpotensi menyumbat saluran air. Sisa makanan yang membusuk juga akan menimbulkan bau tak sedap di rumah. Untuk menghindari hal ini Moms bisa menuang larutan cuka dan baking powder ke dalam saluran pembuangan.

Itulah tadi beberapa sebab dan cara mengatasi bau tak sedap pada aliran pipa dan wastafel dapur. Semoga membantu ya Moms!

Join Diadona.id