Pentingnya Pemilihan Dekorasi Rumah yang Baik untuk Psikis Anak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 29 Januari 2021 15:00
Pentingnya Pemilihan Dekorasi Rumah yang Baik untuk Psikis Anak
Seperti apa dekorasi yang baik untuk anak?

Seperti yang sudah kita tahu, rumah adalah salah satu kebutuhan primer setiap keluarga sebagai tempat tinggl dan menetap. Atas dasar inilah, rumah dibuat seindah dan senyaman mungkin demi keberlangsungan aktivitas para penghuni.

Tak hanya sekedar tempat tinggal, kini rumah juga dikaitkan sebagai tolak ukur kondisi dan keadaan seseorang dalam hidupnya. Secara fisik rumah dimanfaatkan untuk tempat beristirahat. Sedangkan, secara psikologis rumah adalah salah satu sarana untuk menjadikan kita betah tinggal di dalamnya sehingga muncul perasaan tentram, damai, dan menyenangkan.

1 dari 4 halaman

Rumah itu sendiri bisa juga dikaitkan dengan cermianan serta kepribadian dari penghuninya. Mengutip dari Suara pada Jumat (29/1/2021), Founder Eltakis Creative Idea (Interior Design & Build), Gayuh Wicaksono mengatakan bahwa pemilik rumah sangat perlu mempertimbangkan beberapa hal berkaitan dengan psikologi perkembangan anak di rumah.

Ilustrasi Dekorasi Rumah © Diadona

" Jangan sembarang mendekorasi rumah, karena orangtua harus memastikan bahwa rumah tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan psikis anak," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa interior dan dekorasi yang dibuat dengan kecocokan penghuninya dapat meningkatkan efisiensi pribadi, meningkatkan suasana hati, mengembangkan bakat hingga membantu mendidik anak-anak.

" Semua elemen yang digunakan dalam desain interior contoh bentuk, garis, warna, suara, tekstur, gambar dan simbol akan memiliki efek psikologis pada kepribadian dan suasana hati anak," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Ia juga memberikan saran untuk menggunakan interior rumah dengan furniture yang minimalis sekaliigus multifungsi. Hindari juga dekorasi berlebihan dan sumpek. Pemilihan warna juga berpengaruh, alangkah lebvih baik jika Moms coba berimajinasi menggunakan mural di rumah.

Ilustrasi Dekorasi Kamar Anak © Diadona

Anak-anak secara psikologi perkembangannya sangat berpengaruh selama berada di rumah. Hal ini tentu menjadi alasan serta dasar penting untuk diperhatikan oleh orangtua terkait pomilihan dekorasi rumah.

4 dari 4 halaman

" Tata ruang rumah untuk anak sangat memegang peranan sekali saat ini dalam proses perkembangan psikologi dan minat belajarnya. Bersamaan dengan estetika, pastikan untuk merancang dengan mempertimbangkan fleksibilitas sehingga Anda dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan anak," pungkasnya.

Nah, semoga informasi tadi bisa bermanfaat ya Moms. Coba tinjau kembali keadaan dekorasi pada hunian. Mungkin ini sudah saatnya Moms melakukan penataan kembali demi perkembangan serta kebaikan psikis anak.

Beri Komentar