Punya Rencana Renovasi Kamar Mandi? Sebelum Itu Kamu Harus Tahu 3 Hal Ini

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 26 Desember 2020 06:45
Punya Rencana Renovasi Kamar Mandi? Sebelum Itu Kamu Harus Tahu 3 Hal Ini
Kamar mandi merupakan ruang yang penting dalam rumah karena memiliki fungsi gkamu.

Selain sebagai tempat untuk membersihkan tubuh, ruangan ini juga menjadi tempat berteduh dimana kamu bisa menutup pintu untuk menghindari kejenuhan sehari-hari dan mengisi ulang energi kamu.

Seiring waktu, tata letak kamar mandi perlu diubah. Perubahan ini bisa terjadi karena ada peningkatan jumlah anggota keluarga atau mengikuti tren terkini. Jika kamu berencana untuk merenovasi kamar mandi, kamu perlu memperhatikan tiga hal berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Anggaran

Ilustrasi Renovasi Kamar Mandi © Diadona

Sebelum merenovasi kamar mandi, kamu harus menentukan besaran budget yang harus dikeluarkan, produk mana yang tepat, dan pertimbangan untuk mengubah tata letak. Selain itu, kamu tidak perlu cemberut memikirkan berapa besar anggaran renovasi kamar mandi tersebut. Pasalnya, kamu bisa melakukan perubahan kecil dengan biaya lebih rendah tetapi hasilnya luar biasa sesuai keinginan.

2 dari 3 halaman

2. Tata Letak

Ilustrasi Renovasi Kamar Mandi © Diadona

Tata letak adalah bagian penting dari renovasi. Oleh karena itu, pastikan pemilihan tata letak kamar mandi sudah mencapai keputusan akhir sebelum melakukan perubahan. Sebagai panduan, langkah pertama adalah mempertimbangkan seberapa baik kamar mandi berfungsi saat ini. Cari tahu apa masalahnya, lalu catatlah bersama dengan pengukuran ruangan kamu saat ini.

Langkah selanjutnya, kamu bisa menanyakan masalah apa saja yang sudah dicatat sebelumnya kepada kontraktor. Dengan demikian, kontraktor akan memberikan solusi terbaik untuk masalah tata letak yang kamu hadapi.

3 dari 3 halaman

3. Ventilasi

Ilustrasi Renovasi Kamar Mandi © Diadona

Ventilasi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat merenovasi kamar mandi. Pasalnya, merenovasi ruangan yang sering terkena cipratan air membutuhkan persiapan yang matang, seperti menentukan posisi yang tepat untuk pemasangannya.

Jika ventilasi terlihat buruk, tentunya akan membuat kamar mandi menjadi lembab, berjamur, dan berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya, jika kamar mandi berventilasi baik, selain menyehatkan, juga memiliki sirkulasi udara yang baik.

Beri Komentar