Rak Sebagai Display Barang, Bagusan Pakai Material Besi atau Kaca?

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 30 September 2020 17:01
Rak Sebagai Display Barang, Bagusan Pakai Material Besi atau Kaca?
Kira-kira bagusan yang mana ya?

Kehadiran rak tentu menambah estetika ruangan. Rak di sini umumnya dimanfaatkan sebagai area atau tempat menyimpan barang sebagai hiasan. Rak memiliki banyak ragam material serta bentuknya.

Beberapa orang memang sengaja menggunakan elemen rak untuk memajang berbagai koleksi barang yang dianggapnya bagus. Karena sudah terdapat banyak ragam serta bentuk rak yang ada di pasaran, tentu membuat beberapa orang bingung mau memilih model dan material rak seperti apa. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilih rak.

 

1 dari 4 halaman

1. Rak Besi

Ilustrasi Rak Besi © Diadona

Besi merupakan material dengan tingkat kekuatan tinggi. Rak besi dapat menanggung beban yang berat, meski demikian keberadaan penopang pada struktur besi tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi perubahan bentuk yang akan terjadi di kemudian hari. Rak yang terbuat dari material besi cenderung memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding rak yang terbuat dari kayu olahan ataupun kaca. Nah, untuk Moms yang memiliki barang sekiranya berat, bisa memilih material rak besi inii ya.

2 dari 4 halaman

2. Rak Kaca

Ilustrasi Rak © Diadona

Sifat kaca yang transparan dan menghasilkan tampilan modern merupakan salah satu alasan utama kenapa material ini banyak digunakan. Tapi rak dari kaca tersebut tidak dapat menahan beban yang terlalu berat. Sayang, harus dibutuhkan ketebalan kaca yang cukup dan bantuan penopang yang tepat untuk menjadikan material ini sebagai rak. Nmaun, kalau Moms ingin menampilkan estetika modern pada hunian, kaca jadi pilihannya.

3 dari 4 halaman

3. Rak Kayu

Ilustrasi Rak Kayu © Diadona

Ragam klasifikasi kayu dapat digunakan sebagai bahan dasar rak. Kayu yang langsung berasal dari pohon, kayu olahan atau kayu pabrikan juga dapat dijadikan alternatif pemilihan material rak.

Kayu yang berasal langsung dari pohon tanpa mengalami pengolahan akan menampilkan serat kayu yang lebih alami dibanding kayu olahan pabrik. Sementara itu, kekuatan kayu ditentukan oleh jenis kayu yang digunakan. Bisa dibilang, memilih rak kayu ini menjadi jalan pilihan tepat.

4 dari 4 halaman

Nah, kalau harus memilih, enaknya pakai rak material apa ya Moms?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kembali lagi kepada kebutuhan desain serta konsep dalam ruangan. Jika Moms ingin menonjolkan konsep modern dan berkelas, maka bisa banget menggunakan material kaca. Namun, ingat lagi kalau material ini tidak cocok untuk menampung barang yang berat-berat. Jadi, Moms hanya bisa meletakkan barang yang ringan-ringan saja ya.

Berbeda, walau dari segi tampilan besi kurang memenuhi kriteria modern dan berkelas, namun besi memiliki kekuatan lebih untuk menopang barang berat.

Beri Komentar