Saking Banyaknya Warna Bikin Puyeng, Bagaimana sih Cara Memilih Cat Tembok yang Benar?

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 12 September 2020 11:30
Saking Banyaknya Warna Bikin Puyeng, Bagaimana sih Cara Memilih Cat Tembok yang Benar?
Begini lho beberapa cara mudah buat memilih cat tembok!

Sebagai seorang ibu, kita mungkin terbilang sangat peka dengan segala situasi ya Moms? Mulai dari urusan pekerjaan hingga rumah sudah tahu seluk beluknya. Tentu, akan sangat menguras pikiran jika melihat suasana yang berantakan, kesannya seperti rumah tak terawat dan suram.

Namun, tahukan Moms jika pemilihan warna pada ruangan itu sangat mempengaruhi segala kegiatan yang dilakukan di dalamnya lho. Oleh karena itu, memilih warna yang tepat juga perlu diperhitungkan, khususnya untuk ruangan. Salah satunya dengan menggunakan warna cat tembok yang tepat guna. Tapi, kadang kita juga merasa bingung dengan banyaknya pilihan warna dan jenis cat tembok yang ditawarkan. Waduh, makin puyeng dong?

Enggak perlu bingung lagi, berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan sebelum memilih cat tembok yang tepat untuk hunian. Check this out!

1 dari 6 halaman

Sesuaikan warna dengan susana rumah.

Cat Tembok © Diadona

Hal pertama yang perlu Moms pikirkan saat akan mengecat tembok adalah masalah pemilihan warna. Alangkah lebih baik jika Moms tidak asal-asalan untuk menentukan warna, sebab warna tembok bisa memengaruhi mood penghuninya.

Warna lembut yang elegan, untuk mendapatkan suasana tenang.

Mengaplikasikan warna lembut seperti hijau muda, hijau pupus, biru laut, biru muda, serta ungu adalah warna yang memiliki karakter tenang. Warna-warna ini memberikan suasana yang sejuk, menenangkan, serta bisa menghilangkan stres dan juga menyeimbangkan emosi.


Warna natural, untuk hadirkan suasana hangat.

Untuk Moms yang memiliki kepribadian hangat, bersemangat, simpel, serta bersahabat, warn natural seperti merah, coklat, kuning, oranye, dan terakota adalah pilihan yang tepat. Warna tersebut mampu merefleksikan kepribadian Moms lho.

2 dari 6 halaman

Cat Tembok © Diadona

Warna ceria, untuk menciptakan suasana yang fresh.

Saat Moms ingin menciptakan rumah dengan karakter fresh, dan hidup, bisa mencoba memilih cat dengan warna-warna ceria seperti putih kebiru-biruan, kuning muda, kuning lemon, hijau limau, hijau apel, biru laut, atau pink. Boleh banget nih Moms dicoba.


Warna cerah dan tegas, untuk menonjolkan karakter berani.

Beberapa warna cerah dan tegas seperti hijau tua, biru tua, kuning menyala, merah menyala, pink tua, dan biru dongker akan menciptakan karakter rumah yang berani. Warna tersebut mampu menimbulkan perasaan bebas, penuh percaya diri, ekspresif, serta meningkatkan daya konsentrasi.

3 dari 6 halaman

Pilih cat berdasarkan karakteristiknya.

Mengecat Tembok © Diadona

Cat glossy, untuk tampilan berkilau dan mudah dibersihkan.

Cat glossy terbagi menjadi dua jenis, yakni high gloss dan semi gloss. Saat terkena cahaya, tembok yang menggunakan cat high gloss akan terlihat lebih berkilau dan glowing-glowing gitu Moms. Cat ini cocok buat diaplikasikan pada tembok luar yang sering terpapar sinar matahari.

Jenis cat semi gloss lebih cocok untuk tembok dapur atau kamar mandi. Dibanding high gloss, tingkat kilaunya memang lebih rendah, tetapi tidak mudah mengelupas. Keunggulan lain dari cat glossy adalah mudah dibersihkan saat ada noda menempel.


Cat doff atau matte, sangat berkarakter dan nampak menyatu dengan dinding.

Cat jenis doff atau yang juga disebut dengan nama cat matte yang tidak memantulkan cahaya. Oleh karena itu, cat ini tidak berkilau seperti cat glossy. Karakter cat ini lembut dan terlihat menyatu pada dinding, serta menawarkan kesan yang kalem dan simpel. Kelebihan dari cat doff adalah mampu menutupi kecacatan warna atau tekstur permukaan tembok.

Di sisi lain, kekurangan cat ini adalah lebih mudah mengapur dibandingkan cat glossy. Jika ada noda yang menempel, tentu akan lebih sulit dibersihkan. Namun kalau berbicara mengenai keamanan bahan baku, cat doff lebih baik dibandingkan cat glossy lho!

4 dari 6 halaman

Cat Tembok © Diadona

Cat eggshell, untuk hasil akhir tembok yang bertekstur sekaligus mudah dibersihkan.

Eggshell atau kulit telur, merupakan jenis cat dengan hasil akhir yang bertekstur, tetapi halus. Cat jenis ini mudah dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari. Moms bisa mengaplikasikan cat ini di dinding ruang keluarga, ruang kerja, atau ruang tamu. Dengan cat eggshell, tembok akan terlihat cukup artsy.  

Cat satin, untuk tampilan mewah.

Ingin menghadirkan kesan mewah pada hunian Moms? Salah satu caranya adalah dengan menggunakanlah cat satin. Moms akan mendapatkan hasil yang terlihat mewah, tetapi tidak terlalu mengkilat seperti jenis glossy atau menempel seperti jenis doff.

Saat disentuh, terasa lembut di tangan. Cat yang mudah dibersihkan ini bisa diaplikasikan untuk dinding kamar atau ruang tamu. Bagi Moms yang mempunyai restoran dan galeri, cat jenis ini adalah pilihan terbaik lho.

5 dari 6 halaman

Sesuaikan cat dengan lokasi tembok.

Warna Tembok © Diadona

" Tembok bagian manakah yang hendak dicat? Tembok bagian dalam atau bagian luar rumah?"

Aspek tersebut harus diperhatikan sebab masing-masing tembok memiliki kebutuhan jenis cat yang berbeda. Untuk tembok bagian dalam rumah, Moms bisa menggunakan cat khusus interior. Cat jenis ini biasanya berbahan dasar air (water-based) dan mudah dibersihkan saat ada noda yang menempel.

Nah, kalau untuk tembok bagian luar rumah, Moms harus mencari cat khusus eksterior yang fleksibel atau berbahan latex acrylic. Hal ini dikarenakan tembok luar rumah akan sering terkena terpaan sinar matahari, air hujan, hingga polusi asap kendaraan. Oleh karenanya, Moms membutuhkan cat yang elastis, mampu menghadapi perubahan cuaca, serta tidak mudah mengelupas.

6 dari 6 halaman

Perhatikan kualitas dan daya tahan cat.

Mengaplikasikan Cat Genteng untuk Mengecat Tembok Rumah, Hasilnya Glowing dan Waw Banget! © Diadona

Tentu, Moms pasti ingin kalau cat rumahnya bakal awet dan tidak usah sering-sering melakukan renovasi atau perombakan pada warna rumah. Untuk itu, Moms harus benar-benar mencari cat yang berkualitas.

Pastikan cat yang dipilih bisa tahan terhadap segala cuaca, tidak mudah mengelupas, serta tidak mudah jamuran. Tak hanya itu, cat rumah sebaiknya juga mudah dibersihkan ketika ada noda yang menempel.

Cat berkualitas tinggi umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Namun, jika Moms membeli cat yang murah, tetapi mudah rusak, akhirnya malah menjadi lebih boros. Moms jadi harus sering mengecat rumah dan mengeluarkan dana berkali lipat lebih banyak. Hem, bisa dibilang sama saja ya?

Kalau dipikir lebih jeli lagi memang susah dan ribet ya? Tapi, semua ada plus dan minusnya dong? Jadi, pertimbangkanlah semua hal itu ya. Semoga beberapa cara dan tips di atas bisa membantu dan Moms jadi enggak bingung-bingung lagi. Selamat eksekusi dan menciptakan ruang hunian nyaman!

Beri Komentar