Seger Banget! Ini Inspirasi Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 23 Januari 2021 22:14
Seger Banget! Ini Inspirasi Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda
Ada beberapa ciri utama rumah modern yang bisa dilihat langsung dari eksteriornya, seperti dinding kaca yang menjulang tinggi dan beratap datar yang besar, hingga sudut yang dramatis.

Contohnya, kamu bisa melihat rumah modern dengan sentuhan hijau muda yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini.

Sesuai dengan karakteristik desain rumah modern, tim arsitek Wastu Cipta Parama mendesain fasad sederhana tanpa detail dekoratif atau ornamen apapun. Garis merupakan elemen yang sangat kuat, baik secara horizontal maupun vertikal.

Sementara itu, permainan warna dengan memasukkan unsur warna hijau muda telah menyempurnakan visual hunian yang terlihat segar dan "hidup". Simak inspirasi lengkapnya seperti yang dirangkum dari Arsitag berikut ini.

1 dari 4 halaman

Desain Terbuka dengan Elemen Kaca

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Rumah ini memanfaatkan material bangunan yang sering digunakan pada bangunan bergaya arsitektur modern yaitu beton, besi, kayu dan kaca. Kaca sendiri merupakan material yang paling banyak digunakan untuk menciptakan kesan yang sangat terbuka.

Misalnya pada sekat rooftop di pojok rumah di bagian atas garasi. Selain itu, terdapat pintu masuk berukuran besar yang terdiri dari dua buah pintu kaca yang dibingkai dengan rangka besi.

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Saat dibuka, bukaan pintu yang lebar ini memungkinkan ruangan mendapatkan cahaya alami yang maksimal. Begitu pula dengan udara segar.

Bukaan yang lebar juga membuat penghuni lebih rileks karena bisa menikmati pemkamungan di luar rumah dengan leluasa. Melengkapi pintu lebar tersebut, tim Wastu Cipta Parama menempatkan bangku berdesain simpel tepat di depan pintu sebagai tempat bersantai.

2 dari 4 halaman

Sentuhan Warna Hijau Muda yang Menyegarkan

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Elemen kaca sangat dominan di berbagai sudut rumah. Seperti yang bisa kamu temukan di area ruang tamu. Dominasi material kaca memenuhi sisi dinding yang langsung menghadap ke area outdoor.

Berkat penggunaan elemen kaca ini, sentuhan hijau menyegarkan pada fasad unik rumah modern bisa dinikmati langsung dari ruang keluarga.

Elemen kaca yang transparan membuat desain rumah modern semakin menonjol. Tanpa harus melalui proses finishing yang berlebihan, elemen kaca sudah terlihat menawan dan mewah.

Selain dari segi estetika, penggunaan material kaca pada pintu, jendela, dan dinding merupakan pintu masuk yang maksimal untuk penerangan alami. Ruang keluarga juga selalu memiliki suasana cerah dari pagi hingga sore hari.

Tidak hanya membuat ruangan terasa lebih nyaman, cahaya alami yang melimpah seperti ini sangat efektif menghemat energi listrik.

3 dari 4 halaman

Rumah Modern dengan Ramp

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Seperti kebanyakan desain rumah modern, hunian ini menggunakan lantai bermotif polos. Sentuhan ini memberikan kesan ruangan yang rapi, bersih dan luas. Melengkapi opsi lantai berpola polos, tim Wastu Cipta Parama membangun ramp untuk menghubungkan lantai dasar dengan lantai di atasnya.

Permukaan ramp ditutup dengan lantai berpola polos seperti lantai di ruangan lain. Berbeda dengan tangga yang menggunakan sistem pijakan atau undakan, ramp merupakan bidang miring yang berfungsi menghubungkan lantai dengan ketinggian yang berbeda.

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Tentu saja, tingkat kemiringan telah diatur dengan cermat untuk penggunaan yang aman dan nyaman. Kelebihannya adalah lkamui dapat dilalui dengan mudah dengan perangkat beroda, seperti troli dan kursi roda.

Karenanya, lkamui menjadi pilihan tepat untuk hunian yang ramah bagi penykamung disabilitas dan lansia pengguna kursi roda.

4 dari 4 halaman

Bahan Alami untuk Menciptakan Nuansa Alami Modern

Desain Rumah Modern Bernuansa Hijau Muda © Diadona

Material kayu merupakan salah satu material yang sering dipilih untuk desain rumah modern. Kayu memang dikenal memiliki keindahan estetika yang tidak bisa tergantikan oleh material lain.

Di rumah modern ini pun, finishing pada material kayu dilakukan dengan tetap menjaga tampilan alami serat kayunya. Permukaan kayu diberi lapisan khusus agar warna natural terlihat lebih kuat.

Di kamar tidur, kayu digunakan di jendela, skamuran kepala, laci, dan tempat tidur. Kedua jendela diposisikan dengan hati-hati di kanan dan kiri tempat tidur sehingga tampak seperti bagian kepala tempat tidur.

Material kayu yang menghadirkan nuansa natural semakin sempurna dengan melimpahnya cahaya alami yang masuk melalui kaca jendela.

Beri Komentar