Segera Cuci 4 Peralatan dan Area Dapur Ini Setelah Masak Daging Kurban

Home-decor | Rabu, 21 Juli 2021 17:13

Reporter : Yayuk Harini

Biar dapur nggak terus-tersan terkontaminasi bakteri dan prengus Moms!

Momen Idul Adha di tahun ini jatuh tepat pada kemarin, tanggal 20 Juli 2021. Bagaimana Moms, sudah dapat daging kurban dong pastinya? Nah, buat Moms yang sudah mengolah atau baru akan mengolah daging kurbannya, jangan lupa untuk segera membersihkan area dapur dengan benar ya.

Yap, setelah proses memasak selesai, Moms diwajibkan segera mencuci peralatan dan area tertentu pada dapur yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi sumber penyakit yang bisa didapatkan dari mana saja, termasuk daging kurban. Berikut ini peralatan dapur yang harus segera dibersihkan setelah proses masak daging kurban selesai. Simak yuk Moms!

Segera Cuci 4 Peralatan dan Area Dapur Ini Setelah Masak Daging Kurban
2 dari 6 halaman

1. Pisau dan parutan

Peralatan DapurPeralatan Dapur © Shutterstock/g/lisovskaya

Jika tidak dibersihkan secara berkala, pisau dan parutan yang saat ini Moms gunakan dapat menyebarkan bakteri ke beberapa tempat di area dapur. Terlebih, banyak orang belum menyadari hal itu. Padahal, bakteri dapat menyebar dengan cepat ketika pisau terus digunakan tanpa dibersihkan. Jika keduanya tidak rutin dicuci dan dibersikan, pisau dan parutan dapat menyebabkan kontaminasi silang tambahan di dapur. Wah, bahaya banget kan Moms!

3 dari 6 halaman

2. Talenan

Peralatan DapurPeralatan Dapur © Shutterstock/g/pobpra

Talenan menjadi salah satu peralatan dapur yang penting karena fungsinya sebagai alas atau tempat memotong bahan makanan yang akan dimasak, mulai dari buah, sayur, bahkan daging. Jika talenan untuk sayur dan daging tak dibedakan serta dibersihkan dengan baik, maka hal itu sangat berisiko menyebarkan kuman ke makanan lain.

Oleh karena itu, coba perhatikan guratan-guratan yang ada pada talenan. Sebab, di sanalah, kuman dan bakteri berkembang biak. Segera bersihkan talenan setelah digunakan dengan campuran air hangat dan sabun untuk menghindari penyebaran bakteri.

4 dari 6 halaman

3. Blender

BlenderBlender © Shutterstock.com/g/S_Photo

Blender juga merupakan peralatan dapur yang berguna dalam menghaluskan segala macam bumbu dan buah. Dengan menggunakan blender, waktu menyiapkan bumbu masakan bisa lebih cepat. Namn, alat ini seringkali sulit dibersihkan dengan sempurna yang membuat bakteri masih menempel di dalamnya. Setelah menggunakan blender, segera cuci bersih dan perhatikan sela-sela pemotong, karena kemungkinan masih ada ampas yang tersisa dan belum disikat dengan sempurna.

5 dari 6 halaman

4. Wastafel

WastafelWastafel © Shutterstock.com/g/pkproject

Wastafel digunakan sebagai tempat mencuci peralatan makan maupun daging bukan berarti wastafel selalu dalam keadaan bersih, ya Moms! Justru, tempat ini bisa menjadi salah satu area paling kotor di dapur yang harus rutin Moms dibersihkan. Jika tidak dibersihkan dengan tepat, bakteri wastafel dengan mudah berkembang biak dan menempel ke berbagai benda, termasuk tangan Moms sendiri.

Join Diadona.id