Sering Jadi Pijakan, Bagaimana sih Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal?

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 18 September 2020 16:20
Sering Jadi Pijakan, Bagaimana sih Menentukan Ukuran Anak Tangga yang Ideal?
Berikut ini beberapa perhitungan umum sebelum Moms memutuskan untuk membangun tangga.

Membangun sebuah anak tangga tidak bisa dilakukan secara sembarangan tanpa adanya perhitungan yang baik Moms. Di dalam sebuah tangga terdapat beberapa komponen anak tangga yang dirancang sedemikian rupa dan bisa dibentuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Fungsi tangga digunakan sebagai penghubung yang ada pada sebuah bangunan bertingkat agar siapa saja bisa melakukan akses pada setiap lantai dengan mudah. Setiap tangga beserta anak tangga wajib memiliki tinggi dan lebarnya yang sesuai.

 

1 dari 3 halaman

Tangga yang terlalu curam dengan anak tangga yang sempit sangatlah tidak nyaman dan bisa membahayakan bagi penggunanya. Selain itu, anak tangga yang berukuran kecil sangatlah tidak baik untuk penghuni rumah yang sudah lanjut usia.

Dengan mengetahui ukuran ruangan yang ada, Moms juga bisa membuat sebuah perkiraan model tangga seperti apa yang inginkan dibangun.

Anak Tangga © Diadona

 

2 dari 3 halaman

Melansir dari laman Hunker.com pada Jumat (18/9), ukuran anak tangga yang nyaman dan ideal harus memiliki lebar minimal setidaknya 80 cm dan ukuran lebar anak tangga yang standar adalah berukuran 110cm. Selain itu, setiap anak tangga juga memiliki tinggi ideal yaitu mulai dari 22 cm hingga 27 cm per anak tangga agar siapa saja bisa naik dan menuruni tangga dengan aman.

Anak Tangga © Diadona

 

3 dari 3 halaman

Dalam menentukan lebar tangga, Moms juga harus memperhitungkan mobilitas barang yang nantinya akan melalui tangga tersebut. Biasanya ini berlaku saat akan memindahkan barang di awal pindahan seperti lemari, tempat tidur, meja, dan sebagainya.

Nah, itulah tadi ukuran ideal yang secara umum bisa Moms ketahui sebelum memutuskan membuat anak tangga di rumah. Semoga membantu!

 

Beri Komentar