Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Cara Memilih Taplak Meja yang Tepat

Home-decor | Selasa, 23 Februari 2021 16:15
Sering Luput dari Perhatian, Ini 5 Cara Memilih Taplak Meja yang Tepat

Reporter : Yayuk Harini

Berikut ini beebrapa tips untuk memilih taplak meja yang benar.

Disadari atau tidak, taplak meja memang sangat memengaruhi tatanan ruangan dalam hunian, lho. Taplak meja memegang peranan penting untuk keindahan ruang. Kendati demikian, salah satu aksesoris ini sering kali luput dari perhatian kita.

Yap, dengan menaruh taplak meka di ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga, secara tidak langsung akan membantu mencegah munculnya noda makanan atau minuman serta benda lainnya yang jatuh dan tidak akan mengenai langsung permukaan meja.

Tak hanya itu, manfaat lainnya yang bisa Moms dapatkan adalah untuk menutupi meja jika ada bagian yang mengelupas atau berbeda warna lantaran memudar termakan usia. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa pilihan taplak meja yang tepat. Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

2 dari 6 halaman

1. Cek Detail Motif Taplak Meja yang Tepat

 Memilih Taplak Meja yang TepatMemilih Taplak Meja yang Tepat © Serrv.org

Hal ini bertujuan agar terlihat menyenangkan Moms. Pastikan bahwa taplak meja tidak memberikan kesan norak dan apa adanya ya. Moms bisa memilih motif yang sesuai dengan desain interior rumah. Bisa jadi pilihan, Moms memilih bahan rajut. Kehadiran oranem dari anyaman tangan akan membuat suasana ruang menjadi lebih hangat dan kreatif.

3 dari 6 halaman

2. Membeli dengan Kualitas Bahan Terbaik

Biar busa tahan lama, Moms bisa membeli taplak meja dengan kualitas yang baik. Untuk jenis kainnya, Moms bisa memilih bahan brokat, katun, linen hingga sutra. Sementara, bahan taplak meja lainnya mencakup foil, kertas dan plastik. Namun, sangat direkomendasikan untuk Mosm memilih material kain lantaran lebih awet dari jeinis material lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Perhatikan Bentuk Meja

 Memilih Taplak Meja yang TepatMemilih Taplak Meja yang Tepat © Zarahome.com

Pada dasarnya, memilih taplak meja harus disesuaikan dengan bentuk meja itu sendiri. Meja dengan bentuk bundar memiliki prinsip duduk yang mengelilingi meja, sehingga Moms harus membeli taplak meja berbentuk bundar. Sedangkan meja persegi panjang bentuknya sejajar dengan ruangan, sesuaikanlah taplaknya dengan ukuran meja tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Pilih Warna Taplak Meja yang Serasi

Tips selanjutnya yang bisa Moms terapkan adalah dengan memilih taplak meja yang sesuai dengan warnanya. Moms bisa memilih warna cerah atau lembut yang serasi dengan warna cat dinding di ruang, furniture hingga pencahayaan.

Biar memunculkan kesan hangat dan lembut, Moms dapat menggunakan taplak meja berwarna pastel. Tidak ada salahnya juga jika Moms memilih taplak meja yang berwarna terang untuk menimbulkan kesan ceria dan aktraktif.

6 dari 6 halaman

5. Sesuaikan dengan Ukuran Meja

 Memilih Taplak Meja yang TepatMemilih Taplak Meja yang Tepat © Gcarles.com

Untuk menunjang fungsinya, satu taplak meja yang baik haruslah sesuai dengan ukuran meja makan. Pastikan Moms mengetahui ukuran meja dengan benar. Ukuran yang pas itu berarti tidak terlalu besar atau kekecilan. Menentukan ukuran ideal dari sebuah taplak meja adalah proses mengukurnya sebagai persegi panjang atau lingkaran, bergantung pada perbedaan panjang dan lebar ya Moms.

Itulah tadi beebrapa tips dalam memlih taplak meja yang tepat. Semoga membantu ya Moms!

Join Diadona.id