Sering Terjadi di Musim Hujan, Ini lho Penyebab Paling Umum Tembok Rembes Moms

Home-decor | Selasa, 16 November 2021 17:06

Reporter : Yayuk Harini

Bikin resah dan jadi masalah di musim penghujan ya Moms!

Tembok rembes adalah kondisi lembab hingga pada suhu tembok terasa lebih dingin dan terlihat noda resapan air. Hal ini bisa berdampak tumbuhnya jamur yang menyebabkan pengelupasan cat tembok bagian luar.

Memasuki musim hujan, kondisi tembok rembes umumnya jadi masalah yang mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Namun jangan khawatir Moms, yuk simak beberapa sebab paling utama rembesnya tembok.

Sering Terjadi di Musim Hujan, Ini lho Penyebab Paling Umum Tembok Rembes Moms
2 dari 7 halaman

Tembok Saling Berdempetan

Saat rembes terjadi pada salah satu tembok, maka tembok lain juga akan menyerap rembesan. Hal ini bisa terjadi saat kondisi hujan lebat atau banjir.

Tembok yang saling berdempetan membuat jumlah ventilasi kurang memadai. Alhasil, tingkat kelembaban meningkat dan menyebabkan tembok rembes akan lebih mudah terjadi.

3 dari 7 halaman

Ruangan Dekat dengan Area Basah

Tembok rembes bisa terjadi pada ruangan yang dekat dengan area yang selalu basah. Seperti halnya tembok kamar mandi, tembok yang berada di lantai atas, dan lain sebagainya

Air yang terus menerus mengalir akan membuat tembok lembab dan rembes. Penyebab tembok rembes ini bisa diketahui jika ditemui noda rembesan air pada bagian tengah tembok.

4 dari 7 halaman

Ruangan Tidak Cukup Terkena Sinar Matahari dan Udara

Ilustrasi Tembok RembesIlustrasi Tembok Rembes © Aquaproof.co.id

Ruangan yang menggunakan AC biasanya lebih sering berada dalam kondisi ventilasi tertutup rapat sepanjang hari. Sehingga sinar matahari kurang menyinari ruangan, dan angin atau udara alami tidak bisa masuk ke ruangan tersebut. Jika dibiarkan, tembok akan makin mudah lembab, dan kualitas lapisannya bisa saja memburuk sehingga terjadilah tembok rembes.

5 dari 7 halaman

Air Tanah yang Teresap oleh Tembok

Fondasi atau lapisan lantai yang kurang tebal akan membuat air tanah mudah teresap oleh tembok. Hal ini akan membuat munculnya noda resapan air yang ada pada bagian bawah tembok.

6 dari 7 halaman

Saluran Pipa dan Talang Air Bocor

Beberapa bagian tembok biasanya menjadi lintasan saluran air atau talang air hujan dari atas genteng. Jika saluran atau talang air ini bocor, maka air akan merembes ke tembok, dan noda rembesan air akan terlihat pada bagian atas tembok.

7 dari 7 halaman

Proses Pengacian Tidak Sempurna

Proses finishing tembok pasti melibatkan proses pengacian dengan adonan semen dan bahan tambahan seperti lapisan anti-air dan anti-jamur. Jika proses pengacian alias pelapisan ini tidak dipastikan hingga benar-benar kering, maka tembok lebih mudah menyerap air, dan terjadilah tembok rembes.

Nah, ituylah tadi beberapa hal yang menyebabkan tembok mudah rembes terlebih di musim penghujan seperti saat ini. Semoga membantu ya Moms!

Join Diadona.id