Tak Hanya dengan Cat, Moms juga Bisa Ciptakan Dinding Indah Menggunakan Keramik Berglasir

Home-decor | Kamis, 21 Oktober 2021 17:31

Reporter : Yayuk Harini

Keramik berglasir dinilai lebih ringan lho Moms!

Menghadirkan didning indah tak hanya menggunakan cat atau wallpaper saja. Moms juga bisa memanfaatkan material lain, seperti keramik dinding berglasir. Keramik dinding memang memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan jenis material lainnya.

Tak Hanya dengan Cat, Moms juga Bisa Ciptakan Dinding Indah Menggunakan Keramik Berglasir
2 dari 7 halaman

Nah, salah satu keunggulan keramik dinding berglasir adalah desainnya yang tersedia dalam beragam warna, motif, dan tekstur. Moms tentu bisa bebas memilih keramik dinding yang sesuai dengan konsep dan susasan yang ingi di hadirkan dalam hunan.

Tak hanya bertambah indah, rumah akan lebih terkesan mewah sekaligus elegan. Terlebih kalau Moms rajin membersihkannya, pasti akan tampak semakin berkilau deh!

3 dari 7 halaman

Keramik DindingKeramik Dinding © Dekoruma.com

Keramik dinding adalah jenis yang paling banyak dicari dan bisa ditemukan di mana saja. mengutip dari Dekoruma, Kamis (21/10/2021), material keramik dindiing tersusun dari tanah liat, mineral, dan sejumlah bahan pelarut yang dicampur jadi satu. Setelah selesai, terbentuklah keramik dinding dengan struktur yang sangat kuat. Hal ini karena pencetakannya harus melalui proses pemanasan di bawah suhu yang sangat tinggi, sekitar 2500 derajat Fahrenheit.

4 dari 7 halaman

Namun, keramik dinding ini juga memiliki kekurangan yaitu proses pembuatannya yang menyebabkan ubin keramik dinding berpori dan akhirnya sulit dibersihkan. Selain itu, desainnya pun tidak menarik. Maka dikembangkanlah model ubin keramik dinding yang memiliki lapisan glasir.

5 dari 7 halaman

Lapisan glasir tersebut ditembakkan sedemikian rupa hingga mampu menyatu secara sempurna pada badan keramik dinding. Lapisan inilah yang akan membentuk beragam motif keramik dinding. Ada motif bunga, batu, dan bambu. Dengan lapisan ini pula, keramik dinding menjadi lebih tahan air, anti api, serta mudah dibersihkan karena padat dan tidak berpori.

6 dari 7 halaman

Keramik DindingKeramik Dinding © Dekoruma.com

Kelebihan lain keramik dinding berglasir adalah beratnya yang cukup ringan, alhasil sangat mudah dipasang pada permukaan vertikal. Namun saking ringannya, keramik dinding berglasir hanya bisa diaplikasikan pada dinding saja dan tidak cocok dipasang di lantai karena tidak akan cukup tahan lama menahan beban lalu lintas pejalan kaki.

7 dari 7 halaman

Umumnya, tipe jenis keramik ini cocok diaplikan pada ruang tamu yang menginginkan kesan mewah. Mengenai tingkat ketahanan keramik dinding, Moms bisa mengeceknya berdasarkan skala PEI (Porcelain Enamel Institute).

Skala PEI sendiri berguna untuk mengklasifikasikan keramik dinding berdasarkan ketahanan (deciding on durability) terhadap abrasi, goresan benda tajam, serta tumpahan material tertentu. Well, semoga membantu ya Moms!

Join Diadona.id