Tak Hanya Estetik, 10 Tips Dekorasi Ruangan Rumah Ini Ideal Buat Lansia lho!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 14 Agustus 2020 09:00
Tak Hanya Estetik, 10 Tips Dekorasi Ruangan Rumah Ini Ideal Buat Lansia lho!
Tips ini akan membuat ruangan yang ramah untuk lansia. Boleh banget diaplikasikan di rumah.

Tidak semua ruang di rumah khususnya kamar tidur cocok dan ideal untuk anggota keluarga. Para lansia misalnya lebih membutuhkan ruang dan pengaturan tertentu pada hunian karena alasan mobilitas yang makin sulit.

Hal ini terjadi lantaran mereka yang sudah berusia lanjut rentan karena penyakit, cedera kronis, atau kerusakan tulang. Bergerak di sekitar ruangan dapat menimbulkan tantangan tersendiri untuknya.

Oleh sebab itu, penting diperhatikan untuk menciptakan desain ruangan yang sepenuhnya aman dan nyaman di rumah baik untuk nenek atau kakek. Berikut ini Diadona ulas beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

1 dari 10 halaman

1. Pilih Kamar di Lantai Dasar

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Memilih kamar di lantai dasar akan sangat memudahkan mobilitas kaum lansia. Semakin sedikit tangga dan risiko yang harus mereka khawatirkan maka akan semakin baik. Setiap tangga atau jarak antara pintu depan dan kamar tidur manula sebaiknya dihilangkan Moms, terutama jika mereka membutuhkan kursi roda untuk bergerak.

Jika tidak, Moms dapat memasang pegangan tangan untuk keamanan tambahan saat mereka berjalan. Menyediakan mereka akses mudah ke kamar tidur dapat mengurangi kemungkinan cedera di rumah.

2 dari 10 halaman

2. Minimalkan Barang di Kamar Tidur

Alangkah lebih baik jika tidak ada barang yang mengganggu atau menghalangi para lansia di kamar tidur. Tentu, hal ini akan dapat mengurangi potensi jatuhnya barang dan menyebabkan kecelakaan untuk manula. Moms juga harus memperhatikan lantai ruangan. Yap, pastikan lantai dan kebutuhan kamar tidur seperti kasur, lemari, lemari obat terlihat jelas oleh mereka.

Kamar tidur juga sebaiknya mudah untuk diakses tanpa harus melewati beberapa barang terlebih dahulu. Semakin bersih dan sederhana kamar tidur lansia, maka semakin aman ruangan tersebut untuk mereka.

3 dari 10 halaman

3. Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Rapi

Sediakan ruangan dengan kasur baru atau yang lama di rumah, kebersihan adalah hal yang utama. Membiarkan lansia tidur di atas kasur yang penuh debu akan semakin memperburuk kondisi medis yang mereka.

Mereka yang memiliki masalah punggung kronis biasanya dianjurkan menggunakan kasur khusus. Jangan biarkan orang tua tidur di kasur pegas tua yang rusak atau kotor ya Moms.

4 dari 10 halaman

4. Tempat Khusus Olahraga di Kamar Tidur

Ilustrasi Peralatan Olahraga © Diadona

Jika sekiranya ruang kamar tidur cukup besar, Moms bisa memasukkan alat untuk berolahraga. Hal ini tentu tergantung pada seberapa kemampuan kemampuan lansia.

Ada banyak opsi latihan mulai dari alat sederhana untuk pemanasan dan yang lainnya, setiap olahraga yang dilakukan dapat meningkatkan kesehatan dan mobilitas para lansia dengan risiko cedera minimal.

5 dari 10 halaman

5. Pencahayaan Memadai dan Selalu Kontrol Suhu

Pencahayaan Ruang Kamar Tidur © Diadona

Pastikan Moms memasang banyak opsi pencahayaan di dalam kamar tidur untuk menggantikan penglihatan lansia yang mungkin sudah tidak bagus lagi. Bahkan jika penglihatan mereka baik-baik saja, pencahayaan yang baik akan memungkinkan mereka untuk melihat barang atau menemukan sesuatu yang mereka jatuhkan di lantai.

Tak hanya itu, pastikan untuk selalu ada AC, kipas angin, atau pemanas yang berfungsi di ruangan. Kontrol suhu yang tidak nyaman dapat membuat susah tidur, bayangkan betapa lebih sulitnya hal tersebut bagi orang yang telah lanjut usia.

6 dari 10 halaman

6. Amankan Seluruh Bagian Rumah

Pastikan semua bagian rumah seperti lorong, tangga, dan jalan cukup terang dan bersih dari benda-benda seperti buku atau sepatu. Gunakan rel dan pegangan tangga saat naik dan turun tangga. Tempelkan dengan semua barang dekorasi rumah seperti karpet ke lantai agar tidak bergerak saat lansia berjalan di atasnya.

7 dari 10 halaman

7. Lindungi Ruangan Terhadap Api

Desain Dapur Skandinavian Aksen Marbel © Diadona

Jika ada kebakaran di rumah, jangan mencoba untuk memadamkannya. Tinggalkan dan hubungi nomor darurat 911. Ketahui setidaknya dua cara untuk keluar dari apartemen atau rumah. Saat sedang memasak, jangan menggunakan pakaian longgar atau pakaian dengan lengan panjang

Hilangkan penggunaan barang elektronik yang memiliki kabel listrik yang berjumbai dan sudah rusak. Jangan menaruh terlalu banyak kabel listrik ke dalam satu soket terminal. Pasang detektor asap dan ganti baterai dua tahun sekali.

Jangan merokok di tempat tidur atau biarkan lilin menyala. Pastikan pemanas disimpan 3 kaki dari benda apa pun yang dapat terbakar, seperti tirai, tempat tidur, atau furnitur.

8 dari 10 halaman

8. Hindari Bahaya di Kamar Mandi

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Untuk mencegah panas, Moms bisa setel thermostat pada pemanas air dan tidak lebih tinggi dari derajat suhu 120 ° F. Letakkan sabun di kamar mandi dan dekat toilet untuk membuatnya lebih mudah dijangkau dan aman. Taruh alas karet di bak mandi untuk mencegah lansia tergelincir. Jika lansia mengalami kesulitan untuk masuk dan keluar dari bak mandi, gunakan kursi bak khusus.

9 dari 10 halaman

9. Menjauhi Barang Beracun

Jangan pernah mencoba menghangatkan rumah dengan kompor, oven, atau panggangan karena ini dapat mengeluarkan karbon monoksida  hingga gas mematikan yang tidak dapat terlihat dan tercium. Moms bisa memasang detektor karbon monoksida di dekat semua kamar tidur.

10 dari 10 halaman

10. Letakan Produk Pembersih Pada Tempatnya

Jangan mencampur pemutih, amonia, atau cairan pembersih lainnya. Ketika dicampur, cairan pembersih tersebut dapat menciptakan gas yang mematikan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menciptakan ruangan yang aman dan nyaman serta ramah untuk lansia. Semoga terinspirasi.

 

Beri Komentar