Sama-Sama buat Duduk, Apasih Perbedaan Kursi dan Sofa?

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 28 Desember 2020 11:15
Sama-Sama buat Duduk, Apasih Perbedaan Kursi dan Sofa?
Sama-sama untuk duduk, lalu apa ya bedanya?

Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang paling banyak diperhatikan oleh setiap ibu rumah tangga. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi lantaran ruang tamu biasa digunakan untuk bercengkrama dan menjamu orang saat datang ke rumah. Alasan inilah yang membuat Moms tentu dengan semangat menghias dan mendekorasi ruang tamu ini agar terlihat menarik serta sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Terdapat beberapa benda yang harusnya ada dalam ruang tamu, salah satu diantaranaya adalah keberadaan kursi atau sofa yang biasa diletakkan untuk duduk sembari bercengkrama. Tak banyak orang tahu, walau terlihat sama, namun kursi dan sofa ini adalah benda yang berbeda lho. Melansir dari Propertinews pada Senin (28/12/2020), berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang perbedaan kursi dan sofa yang umumnya ada di ruang tamu hunian.

1 dari 3 halaman

Kursi

Kursi © Diadona

Kursi sendiri adalah tempat duduk yang memiliki kaki cenderung panjang dilengkapi dengan sandaran untuk mengistirahatkan punggung serta pinggul. Berbeda dengan bangku, pada kursi terdapat sandaran sedangkan pada bangku hanya terdapat tempat duduk tanpa sandaran.

Dibandingkan sofa, bentuk kursi lebih ramping. Kaki-kaki kursi terlihat lebih panjang dan kurus, sehingga terlihat minimalis ketika Moms meletakannya di depan rumah.

Umumnya, kursi diletakkan di teras rumah sebagai tempat santai di pagi hari. Selain itu, kursi biasanya dipadukan dengan meja sebagai pelengkapnya. Kursi biasanya juga dapat Moms temukan di ruang makan.

2 dari 3 halaman

Sofa

Sofa © Diadona

Walau terlihat sama, sofa adalah bentuk modern dari kursi. Perbedaan antara kursi dan sofa sangat terlihat jelas. Pada sofa, ada penambahan busa pada alas duduk dan sandaran sehingga membuatnya lebih empuk.

Satu perbedaan lagi yang mencolok adalah sofa tidak memiliki kaki-kaki yang panjang layaknya kursi. Walaupun begitu, sofa juga terdapat sanggahan tangan di tiap sisinya.

Jika kursi biasanya diletakkan di depan rumah, sofa pada umumnya diletakan di ruang tamu dan juga ruang keluarga karena dinilai mampu menambah estetika ruangan, dengan catatan sofa tersebut memiliki warna yang senada dengan konsep yang Moms aplikasikan untuk huniuan.

3 dari 3 halaman

Kedua benda ini sangat penting untuk selalu ada di dalam rumah. Kursi bisa Moms gunakan untuk tempat duduk yang lebih fleksibel. Halk ini terjadi karena kursi dinilai mudah dipindah tempatkan. Moms bisa duduk di mana saja dengan menggunakan kursi ini.

Namun Moms tidak bisa melakukannya pada sofa. Ukuran yang besar membuat sofa tidak memiliki mobilitas yang tinggi. Moms hanya mampu menggunakan sofa sebagai tempat bersantai yang nyaman karena memiliki busa yang lebih empuk jika dibandiangkan dengan kursi. Semoga informasi ini membantu ya Moms!

Beri Komentar