Tips Belanja Furnitur di Toko Online, Aman Tanpa Zonk!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 14 Oktober 2020 14:00
Tips Belanja Furnitur di Toko Online, Aman Tanpa Zonk!
Enggak takut beli online, pahami tips pembelian barang furnitur di bawah ini yuk Moms!

Kebiasaan berbelanja online layaknya sudah menjadi kebutuhan. Selain mudah, mereka juga tak perlu mengunjungi toko secara langsung. Sebaliknya, toko online bias diakses kapan saja dan di mana saja.

Kendati demikian, kita juga harus jeli dan pandai memilih produk yang benar-benar sesuai dengan spek yang diinginkan. Apalagi saat Moms ingin berbelanja perabot rumahan. Belanja furnitur secara online itu juga disertai dengan kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga. Biasanya, aspek utama yang paling pasti diperhatikan pembeli yakni warna dan harga furnitur tersebut.

Nah, biar enggak zonk an salah beli alangkah lebih baik Moms tahu beberapa tips saat berbelanja furnitur di toko online. Simak ulasannya berikut ini yang telah Diadona himpun dari berbagai sumber.

 

 

1 dari 9 halaman

1. Tentukan Toko Online yang Tepat

4 Tips Mudah Memilih Furnitur buat Ruang Tamu, Ruang Makin Kece dan Asik! © Diadona

Dari sekian banyak toko online yang menjual produk furniture, mulai dari produk yang memiliki brand hingga yang tidak, atau produk lokal sekalipun, Moms juga perlu memperhatikan toko mana yang paling terbaik. Selain itu, untuk lebih memastikannya lagi, Moms bisa melacaknya dari sosial media, artikel blog, atau forum tanya jawab.

2 dari 9 halaman

2. Pilih Toko Furnitur yang juga Memiliki Gerai Fisik

Akan lebih menguntungkan lagi apabila Moms berbelanja furnitur online di toko yang juga menyediakan gerai fisik. Artinya toko furnitur tersebut memang benar-benar ada, dan tokonya juga menjual barangnya secara online.
Bukan tanpa alasan, ternyata ada juga toko furnitur yang hanya distributor online saja tanpa ada gerai fisiknya. Ini tidaklah menjadi masalah, apalagi jika toko online tersebut benar-benar terpercaya dan Moms juga bisa membaca berbagai ulasannya.

3 dari 9 halaman

3. Pahami Material dari Furnitur

Furnitur Built In © Diadona

Terkadang apa yang kita lihat di foto mungkin akan nampak berbeda dengan aslinya. Sangat sederhana, barang yang asli kemungkinan terlihat berbeda dengan yang kamu lihat di foto.

Oleh karena itu, Moms harus membaca deskripsi produknya dengan teliti. Selain memperhatikan foto, Moms juga harus membaca informasi tentang materialnya atau bahannya.

4 dari 9 halaman

4. Cek Ukuran Dua Kali

Sebelum Moms benar-benar membeli furnitur tersebut, pastikan untuk mengecek ukurannya dua kali. Yang perlu Moms lihat bukan hanya ukurannya saja, tetapi di rumah, di area yang akan Moms jadikan tempat untuk furnitur, apakah ruang yang ada tersebut itu cukup buat mebel yang baru dibeli?

5 dari 9 halaman

5. Perhatikan Foto dengan Seksama

Tips Memilih Furnitur yang Eco-Frienly, Kurangi Risiko Kerusakan Lingkungan yuk! © Diadona

Saat akan membeli furnitur, Moms dijaruskan untuk memperhatikan foto produk dengan seksama. Biasanya foto produk furnitur tersebut tidak hanya ada satu, tapi ada beberapa bahkan banyak foto yang bisa Moms cermati. Ini sangat membantu untuk memperhatikan furnitur tersebut dari berbagai sisi. Moms jadi tahu seperti apa kelihatannya saat furnitur tersebut nanti diletakkan.

6 dari 9 halaman

6. Pilih Furnitur yang Benar Tersedia

Moms tentu pernah mengalami kejadian di mana saat akan membeli barang, item dengan warna dan ukuran yang sedang diaeri tidak ada. Yang tersedia hanyalah produk lain dengan ukuran sama namun warna berbeda, atau warnanya sama tapi ukurannya beda. Jangan sampai salah pilih dan salah persepsi ya Mom. Kan sayang nanti setelah checkout produk tapi barang yang datang tidak sesuai ekspektasi.

7 dari 9 halaman

7. Ketahui Perbedaan Harga Material yang Berbeda

Ide Dekor Ruang Keluarga Gaya Skandinavian © Diadona

Material yang berbeda juga beda pula harganya. Jadi, untuk mengetahui perbedaannya, Moms bisa memastikan lagi dengan lebih teliti, coba cek tentang material barangyang akan dibeli.

8 dari 9 halaman

8. Pastikan Ketentuan Pengembalian Barang

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah sistem pengiriman barang. Jika perlu, Moms bisa bertanya langsung kepada penjual atau bagian customer service terkait pengiriman, mulai dari pengemasan, total berat, menggunakan jasa ekspedisi atau tidak, lokasi toko, hingga harga ongkos kirim.

Bisa jadi Moms merasa benar-benar perlu mengganti furnitur tersebut dengan yang lain, sehingga Moms harus mengembalikannya. Jadi, hal ini memang bisa terjadi pada siapa saja, dan apapun itu barang yang dibeli. Bukan hanya barang kecil dan sedang saja, namun item besar seperti furnitur.

Jadi, hal yang penting untuk Moms lakukan yakni memastikan terlebih dahulu tentang kebijakan retur atau pengembalian yang ada pada toko furnitur online tersebut.

Beri Komentar