Tips dan Trik Membuat Meja Dapur Beton yang Disesuaikan dengan Penggunaan Kompor

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 3 November 2020 15:00
Tips dan Trik Membuat Meja Dapur Beton yang Disesuaikan dengan Penggunaan Kompor
Yuk Moms, ketahui secara mendetail akan penggunaan kompor dengan fasilitas meja beton yang akan dibangun.

Dapur adalah salah satu ruangan wajib yang harus ada dalam setiap hunian. Tak jarang, Moms tentu akan membuat desain serta konsep dapur senyaman mungkin. Bukan tanpa sebab, bisa dibilang dapur adalah area yang dikuasia oleh kita para Moms yang selalu bergelut dengan aneka masakan buat keluarga setiap harinya.

Ada satu elemen yang umum dan sering kita lihat namun jarang diperhatikan secara mendetail. Yap, elemen meja dapur yang umumnya didesain dengan menggunakan material beton. Karena bersifat permanen pasca pembangunan, alangkah lebih baik jika Moms memahami betul meja dapur beton seperti apa yang akan dibangun. Melansir dari unggahan akun Facebook Yeni Anggraeni pada Selasa (3/11/2020), berikut beberap tips dan trik yang bisa Moms perhatihan sebelum membangun meja dapur beton.

1 dari 4 halaman

Meja Dapur Beton © Diadona

Pemilik akun Facebook Yeni Anggraeni membagikan tips pertamanya yaitu, jika Moms akan membangun meja dapur beton hal yang harus diperhtikan adalah menentukan jenis kompor yang akan digunakan. Apakah Moms akan menggunakan kompor tanam ataukah kompor pada umumnya. Hal ini tentu akan berpengaruh dengan bentuk meja yang akan dibangun. Tak hanya itu, hal kedua yang harus dipikirkan lagi adalah apakah nantinya Moms akan membuat kitchen set ataukah tidak.

2 dari 4 halaman

Rencana Menggunakan Kompor Tanam

Jika Moms berencana untuk memakai kompir tanam yang berbentuk slimmy, hal itu berarti akan memengaruhi pembanguann meja beton yang dibuat dengan bentuk tinggi merata. Biasanya, pembangunan kompor disesuaikan dengan bentuk yang naik turun, namun berbeda jika Moms akan menggunakan kompor tanam ini.

Berdasarkan penuturan pemilik akun Facebook Yeni Anggraeni dianjurkan untuk membangun meja tersebut dengan tinggi 80 cm. Tak sampai di situ, nantinya meja akan dilubangi sebagai dasar untuk meletakkan kompor tanamnya. Selain lubang, Moms juga disarankan untuk membuat kitchen sink atau bak cuci piring seperti yang ditunjuukkan pada detail gambar nomor 1,2, dan 3 berikut ini.

Meja Dapur Beton © Diadona

Meja Dapur Beton © Diadona

Meja Dapur Beton © Diadona

3 dari 4 halaman

Rencana Menggunakan Kompor Pada umumnya

Jika Moms berencana untuk menggunakan kompor gas pada umunnya, maka sangat disarankan untuk membuat bentuk meja yang naik turun. Menja kitchen sink dan racik sayur dibuat dengan tinggi 80 cm. Nah, untuk area tempat menaruh kompor gas bisa dibangun dengan tinggi 60 cm tanpa perlu dibuat lubang lagi. Moms bisa melihat detailnya pada gambar nomor 4 dan 5 berikut ini.

Meja Dapur Beton © Diadona

Meja Dapur Beton © Diadona

4 dari 4 halaman

Terlepas nanti Moms mau bikin kitchen set atau tidak, sebaiknya di lantai bawah meja dapur lantainya dinaikkan sedikit sekitar 3-5 cm dari lantai utama. Hal ini bertujuan agar nanti kalau Moms bikin kitchen set, meubel terhindari dari genangan air di lantai.

Meja Dapur Beton © Diadona

Tak menutup kemungkinan kita pasti akan melakukan aktivitas mengepel, atau ada tumpahan air. Karena bahan kitchen set itu dari kayu, jika sering terkena air akan mudah keropos hingga membuat waktu ekonomis penggunaannya berkurang dan tidak awet.

Nah, itu tadi tips dan trik sepele namun terbilang penting untuk membangun meja dapur beton di rumah. Semoga menginspirasi ya Moms.

Beri Komentar