Tips dan Trik Mengakali Kamar Mandi Tanpa Ventilasi biar Enggak Lembab dan Pengap

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 4 Oktober 2020 12:00
Tips dan Trik Mengakali Kamar Mandi Tanpa Ventilasi biar Enggak Lembab dan Pengap
Anti pengap-pengap club. Yuk simak ulasannya berikut ini Moms.

Kamar mandi emrupakam salah satu lemen yang harus ada dalam setiap hunian. Umumnya, berbagai permasalah yang dihadapi dalam area kamar mandi ini adalah ruang pengap, bau tak sedap, dan lembab hingga menyebabkan tempat bersarangnya jamur dan kuman.

Hal itu akan sangat diperparah jika kamar mandi tidak memiliki sirkulasinudara yang baik lantaran tak ada ventilasinya. Lalu apa yang harus dilakukan? Nah, beberapa tips dan trik berikut ini sangat bisa Moms gunakan untuk mengakali berbagai permasalah tersebut. Yuk Moms langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

1 dari 7 halaman

1. Kamar Mandi Kering dan Basah yang Terpisah

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Hal ini bertujuan agar enggak semua lantai kamar mandi basah dan menjaga kamar mandi tetap bersih dan minim kelembapan. Moms juga bisa memasang tirai pada area shower yang digunakan untuk mandi.

Sementara itu, area yang berdekatan dengan kloset dan wastafel dibiarkan tetap kering saja. Cocok banget, kamar mandi tanpa ventilasi akan lebih bersih dan nyaman buat digunakan semua penghuni rumah.

2 dari 7 halaman

2. Pasang Exhaust Fan

Hal ini bertujuan untuk mengatasi bau yang terjebak di kamar mandi dan menetralkan sirkulasi udara. Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap lancar sehingga menghalangi bau yang terjebak.

Alat ini juga akan membuat kamar mandi enggak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Akan sangat lebih efektif lagi jika Moms menggunakan heater atau alat pemanas agar kamar mandi cenderung enggak lembab dan cepat kering setelah digunakan.

3 dari 7 halaman

3. Tanaman Hijau

Ilustrasi Tanaman Hias © Diadona

Keberadaan tanaman hijau ini akan mengurangi kepengapan dan mempercantik tampilan kamar mandi. Ruang mandi tanpa ventilasi biasanya cenderung pengap. Oleh karena itu, cobalah meletakkan tanaman hijau di area kamar mandi untuk mengatasinya.

Selain itu,tanaman hijau ini juga bisa difungsikan sebagai hiasan dan memberi kesan kamar mandi yang asri. Moms bisa menanam beberapa tanaman yang ampuh memperlancar sirkulasi udara misalnya tanaman lidah mertua, anggrek, atau sirih gading.

4 dari 7 halaman

4. Gunakan Produk Penyerap Kelembapan

Produk ini bisa Moms beli di toko-toko perlengkapan terdekat. Umumnya, menghilangkan bau dan kelembapan pada kamar mandi yang tanpa ventilasi memang tidak mudah.

5 dari 7 halaman

5. Pasanglah Cermin

5 Trik Mudah Memilih Lantai Kamar Mandi biar Enggak Mudah Licin © Diadona

Bukan tanpa alasan, dengan adanya cermin dalam kamar mandi akan membuat ilusi ruangan yang lebih luas dan lebih terang. Cermin sangat membantu dalam memberikan efek visual yang luas pada kamar mandi.

Tak hanya itu, cermin juga memberikan efek  terang karena bisa memantulkan cahaya. Letakkan cermin pada bagian bawah sebelah kanan atau bagian atas sumber cahaya untuk menciptakan efek terang pada kamar mandi.

6 dari 7 halaman

6. Jaga Kebersihan

Sangat wajiib dilakukan, untuk mengurangi bau kurang sedap yang menyengat Moms haruslah rutin membersihkan kamar mandi setiap harinya. Kamar mandi tanpa ventilasi yang cukup sempit dan enggak ada akses langsung dengan udara luar sebaiknya selalu dibersihkan secara teratur.

Beri Komentar