Tips dan Trik Mudah Membersihkan Elemen Kaca di Rumah yang Efektif dan Gak Bikin Repot!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 24 Oktober 2020 13:00
Tips dan Trik Mudah Membersihkan Elemen Kaca di Rumah yang Efektif dan Gak Bikin Repot!
Gak bakal repot lagi kalau mau bersihin kaca di rumah.

Membersihkan rumah memang hal rutin yang harus dilakukan setiap hari. Hal ini memang sengaja dilakukan biar rumah terhindar dari kotoran dan debu yang menempel.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang terkadang memang sulit untuk dilakukan saat bersih-bersih rumah. Seperti halnya saat Moms harus membersihkan elemen kaca.

Melansir dari Decoruma pada Sabtu (24/10/2020) berikut ini tips dan trik yang bisa Moms lakukan untuk membersihkan ruamh biar efektif dan gak bikin ribet.

 

1 dari 7 halaman

1. Jangan Bersihkan Kaca saat Cuaca Cerah

Membersihkan Kaca © Diadona

Suhu cuaca yang panas bisa membuat sabun pembersih kaca cepat kering. Hal ini dapat mengakibatkan bagian yang sudah Moms semprot tapi belum dibersihkan akan cepat mengering. Sabun juga akan bisa cepat habis dan meninggalkan noda tambahan. Alangkah lebih baik jika Moms membersihkan kaca saat cuaca mendung. Sabun tidak cepat kering dan Moms bisa menikmati cara membersihkan kaca tanpa khawatir kembali kotor.

2 dari 7 halaman

2. Bersihkan Kaca dari Atas ke Bawah

 

Semprotkan sabun pembersih atau cuka ke kaca. Tunggu sebentar dan biarkan cairan mengalir ke bawah permukaan sehingga membantu melakukan cara membersihkan kaca pada area yang belum diselesaikan.

Selain itu, teknik cara membersihkan kaca atas ke bawah membuat Moms nggak bekerja ekstra. Bayangkan saja bila Moms membersihkan kaca kotor dengan arah atas-bawah-bawah-atas. Kotoran yang sudah diusap ke bawah akan kembali ke atas sehingga kaca kembali kotor. Moms jadi capek dong membersihkan berulang-ulang.

3 dari 7 halaman

3. Gunakan Sarung Tangan saat Membersihkan Kaca dengan Koran

Membersihkan Kaca © Diadona

Kertas koran memang menjadi alat paling ampuh buat membersihkan kaca jendela. Namun untuk beberapa orang, mereka nggak suka melakukan cara membersihkan kaca dengan alat ini. Bagi mereka, kertas koran malah akan membuat tangan jadi kotor. Oleh karena itu, ada baiknya jika Moms menggunakan sarung tangan saat melakukan cara membersihkan kaca ini.

4 dari 7 halaman

4. Baju Lama dengan Bahan Kaos Juga Bisa Digunakan

Tak hanya koran saj Moms, baju berbahan kaos yang sudah nggak terpakai bisa jadi alat dalam melakukan cara membersihkan kaca ini lho. Kaos dirasa ideal karena dianggap tidak memiliki residu serat dan cukup mampu menyerap kotoran yang menempel pada kaca jendela. Moms juga nggak harus merogoh kocek lebih banyak untuk mendapatkan alat pembersih kaca. Cukup semprotkan sabun pembersih atau cuka ke kaca yang ingin dibersihkan. Kemudian, lap kaca dengan kaos tersebut dari atas ke bawah.

5 dari 7 halaman

5. Wiper Bisa Jadi Pilihan Lain

Membersihkan Kaca © Diadona

Alat yang berbeda akan menghasilkan hasil akhir yang berbeda pula. Ada beberapa alat pembersih kaca yang mengharuskan Moms untuk membersihkan berulang-ulang hingga malah bikin capek sendiri. Nggak hanya itu, pemakaian alat yang salah saat melakukan cara membersihkan kaca bisa menambah goretan pada kaca. Nah, untuk mengatasi masalah ini, digunakanlah wiper.

6 dari 7 halaman

6. Gunakan Cotton Bud untuk Sudut Kaca yang Sulit Dijangkau

Cutton Bud © Diadona

Kotoran kaca yang dibersihkan dari atas ke bawah biasanya mengumpul di sudut-sudut kaca. Sudut-sudut ini kadang sulit dibersihkan dengan cara membersihkan kaca pada umumnya. Ukuran cotton bud yang kecil dan bisa menyerap kotoran ini mampu menyusup ke sudut-sudut tersulit kaca. Moms hanya perlu menyemprotkan sabun ke sudut tersebut. Pakai ujung cotton bud dan bersihkan sudut kaca hingga bersih.

7 dari 7 halaman

7. Gunakan Sabun Pembersih Buatan Sendiri

Membersihkan Kaca © Diadona

Nggak harus melulu menggunakan sabun pembersih kaca yang ada, Moms juga bisa membuat sabun pembersih sendiri. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan satu cangkir alkohol isopropil, satu cangkir air, dan satu sendok makan cuka. Kombinasi alkohol isopropil dan cuka akan menghasilkan formula yang nggak kalah ampuh dengan sabun pembersih kaca biasa. Pakai sabun pembersih buatan ini saat Moms sedang menerapkan cara membersihkan kaca rumah.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membuat kaca kembali kinclong dengan efisien tanpa perlu repot. Semoga menginspirasi ya.

Beri Komentar