Tips dan Trik Mudah Memindahkan Furnitur Berat, Gak Bikin Repot Lagi Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 5 Januari 2021 11:00
Tips dan Trik Mudah Memindahkan Furnitur Berat, Gak Bikin Repot Lagi Moms!
Pekerjaan memindah barang jadi lebih efisien Moms.

Ada yang bilang bahwa menjadi ibu rumah tangga itu adalah salah satu pekerjaan berat dan memerlukan banyak tenaga. Mulai dari memasak, menyapu, mencuci, dan rutinitas bersih-bersih lain yang umumnya dilakukan kaum ibu-ibu. Belum lagi saat akan mengubah tampilan dan konsep ruang, tentu akan dibutuhkan tenaga ekstra khususnya dalam memindahkan furnitur berat di ruangan.

Bikin repot parah, namun Moms tidak perlu khawatir lagi saat akan memindahkan aneka barang ini. Walau sudah dibantu dengan suami, tapi gak ada salahnya dong untuk mengetahui tips dan trik memindahkan barang. Melansir dari Wikihow.com pada Senin (4/1/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu Moms perhatikan.

1 dari 5 halaman

1. Memindahkan Furnitur Berat dengan Bantalan Geser

Moms bisa membeli bantalan geser sebagai salah satu alat memindah yang praktis. Sebagai contoh saat akan memindahkan kursi sofa, Moms bisa menempatkan bantalan geser di bawah masing-masing sudut furnitur.

Selanjutnya, angkat setiap sudut dan letakkan bantalan geser di bawahnya sehingga ujung yang lembut mengarah ke lantai. Hal ini tentu akan mengurangi gesekan sehingga pergerakan menjadi lebih mudah. Moms tinggal mendorong furnitur sembari meminta bantuan orang lain (suami) agar furnitur tidak terguling.

2 dari 5 halaman

2. Menggunakan Shoulder Dolly (Sabuk Bahu untuk Mengangkat Barang)

Memindahkan Furnitur Berat © Diadona

Alat ini memiliki bentuk tali yang lebar dan ditujukan untuk dipasang pada bahu sehingga membantu Moms memindahkan beban dari punggung. Shoulder dolly membantu menggunakan kelompok otot yang paling kuat sekaligus memberi Moms daya angkat tambahan.

Namun, tidak disarankan menggunakan shoulder dolly saat akan memindahkan furnitur dengan menaiki atau menuruni tangga, ya. Hal ini membuat beban akan berpindah nyaris seluruhnya kepada orang yang berada di posisi bawah.

3 dari 5 halaman

3. Menggunakan Bantalan Selimut (Moving Blanket)

Tak hanya bantalan geser, Moms juga bisa memanfaatkan bantalan selimut yang biasanya dirancang untuk menjaga furnitur tetap aman selama dipindahkan. Setelah seluruh selimut berada di bawah furnitur, Moms dapat mulai menarik selimut ke arah yang diinginkan.

Furnitur akan bergerak bersama selimut. Trik ini lebih mudah daripada Moms mencoba mengangkat seluruh furnitur secara manual.

4 dari 5 halaman

4. Menggunakan Troli Barang (Hand Truck)

Memindahkan Furnitur Berat © Diadona

Gunakan hand truck untuk memindahkan furnitur dengan mendorong platform di bawah furnitur yang akan dipindahkan. Hand truck akan lebih cocok untuk memindahkan furnitur seperti rak buku, meja, lemari berlaci yang berukuran lebih kecil.

Posisikan furnitur di atas hand truck dan miringkan pegangan ke arah Moms. Furnitur akan bersandar pada hand truck dan Moms dapat memindahkannya dengan mudah. Langkah ini lebih mudah dibandingkan mendorong furnitur.

5 dari 5 halaman

5. Memindahkan Barang dengan Majalah Mengkilap

Majalah mengilap dapat membantu mengurangi gesekan dengan lantai dan memungkinkan Moms untuk menggeser seluruh furnitur. Dengan cara ini, Moms tidak akan merusak lantai dan nyaris tidak akan merasakan bobot furnitur. Namun, majalah mungkin akan rusak. Moms juga dapat menempatkan majalah di lantai, kemudian mengangkat sudut furnitur sendiri dan mendorong majalah ke bawahnya dengan kaki.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk memudahkan memindahkan aneka furnitur berat di rumah. Kini, rutinitas memindah bukan lagi hal repot yang bisa dikeluhkan. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar