Tips Efektif dan Simpel Bikin Layout Rumah Sendiri, Wujudkan Desain Hunian Impian Moms!

Home-decor | Rabu, 19 Mei 2021 16:00
Tips Efektif dan Simpel Bikin Layout Rumah Sendiri, Wujudkan Desain Hunian Impian Moms!

Reporter : Yayuk Harini

Gimana sih bikin layout rumah yang efektif?

Menghadirkan rumah idaman memang salah satu hal yang diinginkan banyak orang. Bagaimana tidak, tak hanya nyaman saja, kini banyak penghuni rumah yang ingin menciptakan suasana rumah dengan visual yang cantik.

Oleh sebab itu, bisa banget kok jika Moms ingin membuat sendiri gambaran umum akan layout idaman. Melansir dari Delution_architect pada Rabu (19/5/2021), berikut ini adalah beberapa tips membuat layout rumah yang efektif.

 
2 dari 6 halaman

Tentukan Kebutuhan Ruangan

Moms terlebih dahulu harus mengidentifikasi ruang apa saja yang akan dibutuhkan. Hal ini tentu erat kaitannya dengan berbagai hal untuk mengakomodir seluruh kegiatan keluarga di rumah.

3 dari 6 halaman

Tentukan Luasan Ruangan

Ilustrasi Layout RumahIlustrasi Layout Rumah © Shutterstock.com/g/AndyDeanPhotography

Tentukan pula luasan yang Moms butuhkan dari masing-masing ruang. Jangan sampai terlalu besar atau kecil ya. Moms tentunya bisa mencari banyak referensi luas ideal sebuah ruangan agar dapat memiliki ruangan yang super nyaman.

4 dari 6 halaman

Susun Hubungan Antar Ruangan

Coba deh Moms menyusun ruangan apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk saling berdekatan. Tak hanya itu, pikirkan lagi bagian ruangan mana yang membutuhkan privasi, ruangan yang dapat diakses mudah oleh semua penghuni, dan lain sebagainya. Dengan demikian Moms akan mudah menyusun layout atau denah rumah.

5 dari 6 halaman

Bikin Sketsa

Sketsa Layout RumahSketsa Layout Rumah © Shutterstock.com/g/stockbroker

Jika sudah yakin akan kebutuhan, besaran, dan susunanan hubungan antar ruang, langkah selanjutnya adalah mencoba membantuk sketsa susunan ruang sesuai dengan identifikasi kebuutuhan tuang, dan luasannya. Jangan lupa untuk membuat beberapa alternatif ya Moms.

6 dari 6 halaman

Pertimbangan Konstruksi

Sampaikan sketsamu kepada arsitek untuk memastikan feasibility-nya. Arsitek akan sangat terbantu memahami kebutuhan dengan sketsa yang Moms buat. Umumnya, arsitek akan menyempurnakan dan memberikan solusi efektif lainnya yang akan lebih membuat rumah Moms nyaman.

Semoga membantu ya Moms!

Join Diadona.id