Tips Hadirkan Acian Lantai Mengkilap, Bisa Dibuat Sendiri kok Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 11 November 2021 18:03
Tips Hadirkan Acian Lantai Mengkilap, Bisa Dibuat Sendiri kok Moms!
Lantai polos nan mengkilap bikin hati adem deh...

ekspos yang licin, tahap yang perlu dilakukan adalah mengaci lantai secara baik dan benar. Konsep ini juga sangat cocok buat Moms yang mau hadirkan rumah natural dengan lantai semen ekspos.

Kesan natural dan antik sangat menarik bila Mos mengekspos lantai semen poles. tentu saja, lantai semen acian ini dapat dipadukan dengan beragam furnitur modern yang minimalis dengan warna-warna menarik.

1 dari 6 halaman

Menghadirkan acian lantai mengkilap juga mudah kok. Moms juga tidak membutuhkan banyak tukang karena kemudahan membuat serta mengaplikasikannya. Cukup beri pengawasan agar tukang bangunan bekerja sesuai spek.

Lalu bagaimana sih cara mengaci lantai semen agar mengkilap, Moms? Berikut info selengkapnya mengutip dari 99.co, Kamis (11/11/2021).

2 dari 6 halaman

Tips Hadirkan Acian Lantai Mengkilap © Diadona

Pemadatan Tanah, padatkan tanah dengan alat stamper. Setelah tanah padat, lapisi dengan pasir tebal 5 cm. Selanjutnya adalah proses pembetonan lantai, tanah yang sudah padat kemudian kamu beton.

Rabat beton dengan tulangan besi wiremesh M5 satu lapis. Gunakan perbandingan ini 1 portland cement : 3 pasir : 5 batu split. Tebal cor beton harus 8 cm.

3 dari 6 halaman

Plesteran Semen, setelah 1 hari (cukup kering), plester lantai acian dengan pasir extra beton dengan ketebalan 1,5 cm. Komposisi plesteran adalah 1 portland cement : 3 pasir

Pakaikan kawat ayam yang dipasang di atas lantai beton. Ganjal, agar posisi terletak ditengah plesteran. Gunakan plesteran semen instan. Pastikan hasil plesterannya rata.

4 dari 6 halaman

Tips Hadirkan Acian Lantai Mengkilap © Diadona

Acian Semen, 1 jam setelah plesteran rata dan agak kering, tuangkan acian yang sudah disiapkan. Bila tidak menggunakan semen acian instan, gunakan semen acian Portland cement atau semen biasa.

Larutkan 1 kg lem putih dengan 1 ember air sebelum dicampur dengan semen. Agar lemputihnya larut dan merata dengan baik gunakan mixer. Tuangkan semen ke dalam ember sebanyak ¾ ember

Tuangkan air yang dicampur dengan lem putih sampai semen terendam. Acian siap digunakan setelah gelembung udara tidak terlihat lagi.

5 dari 6 halaman

Tips Agar Acian Lantai Mengkilap dengan Bagus dan Kuat

Gosok permukaan acian agar halus menggunakan sterofoam tebal dan spon. Setelah acian kering – kira-kira 3 hari – lantai dapat digrinding dengan mesin poles.

Proses grinding lantai acian terdiri dari 9 tahap dengan menggunakan diamod pad. Ukurannya ulai dari 50 – 3000. Langkah terahir, menggunakan chemical crysalize agar kinclong.

6 dari 6 halaman

Agar hasilnya sesuai dengan harapan, gunakanlan jasa poles pantai acian semen profesional agar hasilnya maksimal. Tampilan kemengkilapan lantai bisa sesuai dengan selera kita.

Pilih glosy, semi glosy atau doff dengan menggunakan coating. Jika menggunakan cara kristalisasi, maka tampilan lantai semen akan seperti lantai marmer atau granit Moms.

Semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar