Tips Memasang Tirai Indoor dan Outdoor biar Efisien dan Awet Tahan Lama

Home-decor | Rabu, 25 Agustus 2021 17:11

Reporter : Yayuk Harini

Gak boleh asal pasang ya Moms!

Semua tipe dan jenis tirai memang cocokdiaplikasikan pada berbagai jendela indoor maupun outdoor seperti apartemen hingga rumah biasa. Baik tirai indoor dan tirai outdoor bisa memblok atau menghalangi cahaya matahari yang masuk kedalam sebuah ruangan.

Tips Memasang Tirai Indoor dan Outdoor biar Efisien dan Awet Tahan Lama
2 dari 6 halaman

Tips Memasang TiraiTips Memasang Tirai © Dekoruma.com

Tak bisa asal saja, pemasangan tirai outdoor sangat penting dilakukan untuk menghindari kesalahan agar tirai dapat berfungsi semestinya dan awet. Berikut adalah tips memasangnya yang telah Diadona kutip dari Depokgorden, Rabu (25/8/2021).

Melakukan Pengukuran

Lakukan pengkuran jendela ruangan yang akan dipasang tirai indoor maupun tirai outdoor. Secara tidak langsung cara ini meminimalisir biaya pengeluaran serta efisiensi waktu.

3 dari 6 halaman

Pastikan untuk mengukur secara akurat. Jika jendela dipasang di dalam ceruk (cekungan pada dinding) yang dalam, cobalah Moms lakukan pengepasan tirai ke dalamnya untuk membuat hasil yang rapi, nantinya. Kerena, bagaimanapun juga kesalahan dalam pengukuran akan dapat mengacaukan semuanya.

Ukurlah lebar ceruk pada tiga bagian berbeda, yaitu pada bagian atas, tengah dan bawah. Pastikan Moms memegang kedua ujung meteran pada tepi-tepi “bagian dalam” ceruk. Catatlah hasil pengukuran “terkecil”, kerena akan menjadi ukuran yang nantinya Moms gunakan.

4 dari 6 halaman

Tips Memasang TiraiTips Memasang Tirai © Dekoruma.com

Ukurlah tinggi ceruk jendela sebanyak tiga kali, yaitu pada bagian kiri, tengah, dan kanan. Pastikan Moms memegang kedua ujung meteran pada tepi-tepi “bagian dalam” ceruk. Catat hasil pengukuran “terpanjang”, karena akan menjadi ukuran yang nantinya anda gunakan.

Melakukan Pengukuran untuk pemasangan tirai outdoor di luar bingkai jendela. Tentukan dimana nantinya tirai outdoor akan dipasang. Tirai tersebut semestinya dipasang 3,8 hingga 7,6 cm diatas (bingkai) jendela.

5 dari 6 halaman

Ukur tingginya dari titik yang dipilih sebagai lokasi dari bagian puncak bingkai turun 5-10 cm ke bawah yaitu ke bagian dasar bingkai jendela. Kelebihan tumpang-tindih tersebut untuk menghalangi cahaya matahari dan menjamin privasi.

Untuk ukuran lebar dari setiap jenis tirai, berhati-hatilah mengukur lebar dari jendela (lebar bingkai dari tepi ke tepi) dan tambahkan sekitar 5 dan 10 cm pada setiap sisinya.

6 dari 6 halaman

Tips Memasang TiraiTips Memasang Tirai © Dekoruma.com

Selain menentukan ukuran tirai yang akan dipakai, alangkah baiknya jika Moms memperhatikan pilihan desain, warna, serta motif tirainya. Karena pada dasarnya desain, warna dan motif yang nanti anda pilih akan mempengaruhi tampilan interior ruangan.

Jika Moms salah pilih desain, warna, maupun motif maka nanti hasilnya tidak akan memuaskan. Bahkan Mokms bisa akan kecewa karena harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Itulah tadi beberapa tips sederhana untuk memasang tirai indoor dan iutdoor yang perlu diperhatikan. Semonga menginspirasi ya Moms.

Join Diadona.id