Tips Membuat Aquascape ala Herry Rasio Sang Juara Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 30 Juli 2020 16:23
Tips Membuat Aquascape ala Herry Rasio Sang Juara Dunia
Yuk ikuti tips dari juara dunia Aquascape ini.

Belakangan ini, demam Aquascape atau akuarium hias kembali muncul. Aquascape mungkin sedikit berbeda dengan akuarium karena memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang lebih tinggi. Terlebih lagi, aquascape banyak memadukan tanaman air, kayu, batu, dan juga ikan.

Keindahan aquascape inilah yang membuatnya menjadi dekorasi yang kini diminati oleh masyarakat.

Belakangan ini, sosok Herry Rasio memang sedang banyak diperbincangkan terkait prestasinya yang telah menjadi juara dunia Aquascape. Nggak main-main, ia bahkan telah menjadi juara dunia selama 5 kali berturut-turut dari 2014 hingga 2015.

Lalu, bagaimana sih agar bisa membuat aquascape sendiri? Kali ini Herry Rasio akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana untuk membuat aquascape untuk pemula. Apa aja sih?

1 dari 4 halaman

Tekun dan Sabar

Aquascape Herry Rasio © Diadona

Membuat aquascape memang nggak sembarangan. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Herry Rasio dalam wawancaranya dengan diadona.id.

" Dulu saya asal buat. Semakin cari tahu, ternyata bikin aquascape itu emang nggak sembarangan," kata pria asal Malang ini.

Bahkan, pria bernama asli Heri Amiri Lubis ini sempat ingin menyerah karena kerumitan membuat aquascape.

" Hampir nyerah waktu itu. Karena semakin aku ngulik, semakin banyak masukan. Ph air harus sigini, segitu. Padahal aku nggak ada basic kimia," terangnya.

Namun, karena dia terlanjur jatuh cinta dengan Aquascape dan menjadikannya sebagai hobi, akhirnya ia tetap tekun belajar hingga bisa meraih juara dunia.

2 dari 4 halaman

Memperhatikan kualitas Ekosistem dalam Aquacape

Aquascape Herry Rasio © Diadona

Herry mengatakan, untuk membuat Aquascape memanglah rumit. Tidak sembarangan memasukan hiasan dan air dalam satu akuarium saja. Namun, harus memperhaitkan kualitas ekosistem dalam aquascape. Seperti suhu air, kemudian nutrisi tanah yang harus terjaga.

Selain itu, ph air juga perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas ekosistem yang ada dalam aquascape. Kemudian, lampu juga harus diperhatikan. Karena hal ini akan mempengaruhi kualitas tanaman dalam air.

Aquascape Herry Rasio © Diadona

" Lampu juga nggak sembarangan. Cahaya lampu Ini ibarat gantinya matahari. Jadi tanaman tertentu harus pas cahayanya," jelas Herry Rasio.

3 dari 4 halaman

Banyak Referensi

Aquascape Herry Rasio © Diadona

Untuk bisa membuat aquascape yang berkualitas, Herry mengungkapkan jika para aquascaper harus banyak referensi. Karena dengan banyaknya referensi akan semakin menambah kemampuan juga dalam membuat aquascape.

Selain itu, para aquascaper baru harus berani mencoba. Karena jika melihat saja tanpa mencoba tidak akan membuat satu aquascape. Bahkan, Herry mengungkapkan kepada para aquascaper pemula untuk tidak takut gagal.

" Banyak referensi. Banyak nyoba. Karena pertama kali nyoba langsung bagus kan ajaib. Pasti semua ada gagalnya," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana? Udah siap bikin aquascape sendiri di rumah? Jangan takut untuk mencoba ya. Ingat pesan dari Herry Rasio.

" Jangan pernah menua tanpa prestasi."

Herry Rasio

Well, dicoba yuk! 

Beri Komentar