Tips Menjemur Pakaian dalam Rumah, Efektif Kering Meski Cuaca Hujan

Home-decor | Kamis, 18 November 2021 17:12

Reporter : Yayuk Harini

Gak susah lagi deh menjemur di kala hujan Moms!

Hujan yang mengguyur dalam durasi waktu lama bisa jadi salah satu ketidaknyamanan, terlebih jika Moms memiliki banyak pakaian yang dijemur. Alhasil, pakaian Moms akan membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar kering.

Ditambah lagi kurangnya sinar matahari juga bisa membuat pakaian yang dijemur berisiko lembap hingga muncul bau apek. Haduh, ribet banget kan Moms kalau gini terus? Oleh karena itu, berikut Diadona ulas trik jemur pakaian saat musim hujan yang bisa Moms terapkan di rumah. Simak yuk!

Tips Menjemur Pakaian dalam Rumah, Efektif Kering Meski Cuaca Hujan
2 dari 9 halaman

Gunakan Fitur dalam Mesin Cuci Secara Maksimal

Tips Menjemur Pakaian dalam RumahTips Menjemur Pakaian dalam Rumah © Shutterstock.com/g/PRImageFactory

Jika tersedia mesin cuci di rumah, alangkah baiknya Moms untuk memanfaatkan fitur drying (pengeringan). Hal ini tentu saja sangat memudahkan Moms dalam mengeringkan pakaian. Alhasil, pakian hanya cukup diangin-anginkan saja buat bisa kering maksimal. Namun, jika Moms mencuci manual dengan tangan, biarkan air berlebih pada pakaian menetes dulu di kamar mandi atau area cuci sebelum diletakkan di tempat jemuran.

3 dari 9 halaman

Pakai Jemuran Model Stand

Stand pengering pakaian atau gantungan pakaian yang berdiri akan sangat memudahkan Moms menjemur di kala hujan. Moms hanya perlu menggantungkan pakaian di atasnya agar kering dan tunggu hingga angin yang mengeringkannya.

4 dari 9 halaman

Manfaatkan Hanger untuk Menggantung

Tips Menjemur Pakaian dalam RumahTips Menjemur Pakaian dalam Rumah © Shutterstock.com/g/apops

Jika sebelumnya Moms hanya meletakkan pakaian begitu saja di area jemuran, ada baiknya saat mengeringkan baju di dalam rumah gunakan hanger buat menggantung baju. Cara ini dinilai lebih mempercepat proses pengeringan. Moms hanya perlu meletakkan pakaian basah di hanger, lalu gantung di alat pengeringan dengan model berdiri.

5 dari 9 halaman

Periksa Kelembabapan dalam Ruangan

Tingkat kelembapan di rumah harus benar rendah. Untuk itu,  Moms dapat menggunakan garam atau kantong pembersih udara yang menyerap kelembapan dari ruangan. Kantong atau garam akan menyerap kelembapan di dalam ruangan dan mengurangi pembentukan jamur, menjaga udara di dalam ruangan tetap segar, dan sehat bahkan di musim hujan. Moms pun bisa mengeringkan baju juga di dalam rumah, jika sinar matahari sulit didapatkan karena sering hujan.

6 dari 9 halaman

Taruh Pakaian di Dekat Jendela

Tips Menjemur Pakaian dalam RumahTips Menjemur Pakaian dalam Rumah © Shutterstock.com/g/JuYochi0072

Kala musim penghujan tiba, sinar matahari akan lebih sulit didapatkan. Alhasil, mau tidak mau Moms harus mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di dalam rumah. Nah, salah satu cara yang bisa Moms coba agar pakaian cepat kering adalah dengan menjemurnya di dekat jendela dimana merupakan tempat yang paling cerah dan terang di dalam rumah.

7 dari 9 halaman

Coba Gulung Pakaian dengan Handuk

Sebelum menjemur pakaian, Moms bisa mencoba buat menggulung dahulu dengan handuk. Cara ini bisa menyerap kelebihan air pada baju sehingga akan lebih cepat kering saat digantung dan diangin-anginkan. Selain itu, Moms bisa menambahkan tisu di atas handuk sebelum menggulung pakaian agar air lebih cepat meresap.

8 dari 9 halaman

Hindari Mencuci Terlalu Banyak

Tips Menjemur Pakaian dalam RumahTips Menjemur Pakaian dalam Rumah © Shutterstock.com/g/granata68

Saat musim hujan, usahakan untuk tidak mencuci baju dalam jumlah banyak ya, Moms. Hal ini lantaran bisa membutuhkan waktu yang cukup lama hingga pakaian yang dicuci benar-benar kering. Dengan cara ini, Moms juga bisa menghemat ruang menjemur.

9 dari 9 halaman

Sortir dan Pilih Pakaian dengan Rutin

Terakhir adalah saat Moms menjemur pakaian di dalam rumah karena minim sinar matahari, alangkah baiknya untuk menyortir baju secara rutin. Pilihlah baju di jemuran setiap beberapa jam sekali ya. Sisihkan baju yang sudah kering, setengah kering, dan basah. Hindari untuk mencampurkannya karena bisa memperlambar proses pengeringan Moms.

Nah, itulah tadi beberapa tips menjemur pakaian di dalam rumah biar efektif kering maksimal meski dalam kondisi hujan. Semoga bermanfaat ya Moms!

Join Diadona.id