Tips Merancang Rumah di Tanah Kontur Miring, Nggak Bisa Asal Bangun Moms!

Home-decor | Kamis, 17 Juni 2021 19:41

Reporter : Yayuk Harini

Perancanaan desainnya harus dipikirkan matang-matang ya Moms.

Membangun hunian keluarga sangat dibutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari memilih kontur tanah yang bagus, mencatat anggaran dana yang diperlukan, hingga membuat desain yang sesuai keinginan.

Tanpa adanya perencanaan tersebut, membangun rumah akan terasa semakin sulit Moms. Nah, dari semua perencanaan yang disebutkan, memilih kontur tanah mungkin merupakan perencanaan yang paling penting karena akan dijadi dasar pondasi dalam membangun rumah.

Tips Merancang Rumah di Tanah Kontur Miring, Nggak Bisa Asal Bangun Moms!
2 dari 6 halaman

Lalu, bagaimanakah cara memilih kontur tanah yang baik untuk membangun sebuah rumah?

Dikutip dari blog Architectaria, tanah yang bagus untuk mendirikan bangunan adalah tanah yang memiliki kontur datar, tidak miring, tidak menurun, atau terjal. Tekstur tanah tentu sangat memengaruhi, jadi alangkah baik Moms memilih tekstur tanah yang padat karena tahan terhadap longsor.

"Duh, udah terlanjur membeli kontur tanah miring? Lalu bagaimana ya?". jangan khawatir Moms, berikut adalah beberapa tips membangun rumah di atas tanah berkontur miring mengutip dari Chubb.com pada Kamis (17/6/2021).

3 dari 6 halaman

Buat Dinding Penahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membangun dinding penahan di bagian belakang rumah. Moms juga disarankan untuk meninggikan kontur tanah di bagian belakang rumah agar sama dengan bagian depan rumah.

Tujuannya agar bangunan rumah semakin kuat dan tidak mudah runtuh ketika terjadi bencana alam. Namun membangun dinding penahan hanya bisa dilakukan untuk tanah dengan ketinggian maksimal 2 meter. Jika lebih, maka cara ini mungkin akan sedikit sulit untuk diaplikasikan.

4 dari 6 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by DELUTION (@delution_architect)

Buat Fondasi yang Kuat

Ketika akan membangun rumah di tanah miring, Moms juga disarankan untuk membangun fondasi tiang pancang yang dapat menopang bangunan rumah Moms dengan baik. Gunakan jasa tukang bangunan yang berpengalaman dan kontraktor profesional untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

5 dari 6 halaman

Buat Desain Bertingkat

Membangun rumah di atas kontur tanah yang miring tidaklah mudah, oleh karena itu Moms dianjurkan untuk membuat rumah yang bertingkat. Selain lebih kuat, pembangunan rumah bertingkat pada kontur tanah yang miring dapat mengurangi biaya pengurukan tanah.

Selain beberapa hal di atas, beberapa elemen lain yang juga bisa diperhatkan adalah mengetahui secara pasti kemiringan ideal untuk membanguun bangunan di lahan miring yaitu 30 derajat.

6 dari 6 halaman

Perhatikan pula, apakah lahan Moms daerah aliran air ataukah tidak. Jika iya, maka Moms harus hat-hati karena ada risiko pengkat air di tanah yang menjadikan mudah longsor.

Cari bidang yang cenderung datar dan luas, jadikan tik tersebut area utama dibangunnya bangunan. Manfaatkan kontur tanah yang sduaha da. Desain dengan gaya split level agar biaya pengukuran tidak membengak.

Semoga menginspirasi ya!

Join Diadona.id