Tips Nyaman Tinggal di Kontrakan, Udah Kayak Rumah Sendiri Moms!

Home-decor | Senin, 22 Maret 2021 19:00

Reporter : Yayuk Harini

Ini cara menata ruangan biar tinggal di kontrakan jadi lebih nyaman dan homey.

Sistem kontrak tempat tinggal rasanya sudah umum dilakukan di Indonesia. Walau bukan rumah milik sendiri, namun ada kalanya kita harus tetap tinggal dengan nyaman di rumah kontrakan ya. Salah satu caranya adalah dengan mendekoprasui ulang biar rumah tampak lebih homey.

Melansir dari Dekoruma pada Senin (22/3/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membuat nyaman tinggal di hunian kontrakan. Cus, terapkan deh Moms!

Tips Nyaman Tinggal di Kontrakan, Udah Kayak Rumah Sendiri Moms!
2 dari 7 halaman

Mengatur Pencahayaan

Hadirnya cahaya bisa jadi salah satu pilihan membuat hunian termasuk kontrakan jadi terasa lebih homey. Moms bisa menempatkan lampu berdiri di ruang keluarga kontrakan untuk menghadirkan kesan yang lebih rileks dan santai. Moms tentu juga bisa menggunakan lampu nakas ukuran kecil yang bisa ditaruh di samping tempat tidur. Prinsipnya, pengaturan pencahayaan lampu sangat berpengaruh pada tampilan dan perasaan kontrakan agar terasa lebih pas dan nyaman.

3 dari 7 halaman

Menampilkan Aksen Dekorasi Hijau

Tanaman IndoorTanaman Indoor © Dekoruma.com

Tanaman hijau sudah layaknya jadi pilihan favorit dekorasi rumah. Warnanya yang menyejukkan memang bisa bikin fresh hunian. Dengan begitu, rumah kontrakan bisa terasa lebih hidup dan hangat, ditambah memberikan nuansa sehat untuk penghuni. Oleh sebab itu, Moms bisa memilih beberapa tanaman indoor untuk dipelihara di dalam kontrakan. Eits, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kemampuan perawatan yang Moms miliki, ya!

4 dari 7 halaman

Pilih Furniture Freestanding

Furniture FreestandingFurniture Freestanding © Dekoruma.com

Lantaran kontrakan bersifat tidak permanen, maka ada baiknya buat Moms memilih perabotan yang tidak terpasang pada dinding dan tidak repot bongkar-pasangnya. Jadi alangkah baiknya biar Moms memilih furnitur yang bisa berdiri sendiri sehingga mudah untuk dipindahkan ke hunian selanjutnya.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Furniture Space Saving

Umumnya, ketersediaan ruangan kontrakan itu adalah salah terbatas. Makanya, lapang dan banyak space, maka suasana bisa makin nyaman. Solusinya cukup dengan memilih perabot yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, misalnya sofa yang merangkap tempat penyimpanan dan tempat tidur, atau coffee table portable yang bisa dilipat. Tak hanya itu Momks, pilihlah furnitur yang memiliki nuansa dekoratif. Hakl ini dimaksud agar mengubah tampilan kontrakan jadi lebih menarik.

6 dari 7 halaman

Perhatikan Ruang Pribadi

Ilustrasi Kamar TidurIlustrasi Kamar Tidur © 2020 https://www.diadona.id

Rumah kontrakan tentu memiliki fungsi yang sama seperti rumah milik sendiri yaitu untuk istirahat, relaksasi, dan perasaan tenang. Seperti halnya ruang pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi bisa memberikan kenyamanan ekstra. Jadi, pastikan Moms sudah menata secara khusus pada kedua ruangan tersebut di kontrakan ya.

Pikirkan selera dan keinginan sesuai space yang ada. Kemudian, sesuaikan juga penataannya dengan furnitur atau perabotan yang akan digunakan. Sebagai contoh, untuk ruang kamar tidur, Moms memilih ukuran tempat tidur yang nyaman dan pas, atau pemilihan seprai yang menarik. Begitu pula dengan kamar mandi, bagaimana pu  caranya kenyamanan adalah hal utama ya Moms.

7 dari 7 halaman

Personalisasi Ruangan

Ilustrasi Kamar TidurIlustrasi Kamar Tidur © bedroomideas

Beri sentuhan personal yang mencerminkan kepribadian sebagai penghuni kontrakan. Sebagai contoh adalah dekorasi dinding yang unik, karpet warna-warni, hingga pemilihan hiasan lain yang spesifik, seperti lukisan karakter favorit dan sebagainya. Semua pilihan dekorasi bisa Moms bawa ke hunian atau rumah baru setelah masa kontrakan selesai.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Moms terapkan untuk mendekorasi hunian kontrakan sementara. Semoga menginsirasi ya Moms!

 

Join Diadona.id