Tips Penting Sebelum Membangun Rumah Saat Musim Hujan

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 20 Maret 2021 19:00
Tips Penting Sebelum Membangun Rumah Saat Musim Hujan
Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membangun rumah ketika musim penghujan.

Jika saat ini Moms sedang berencana untuk membangun rumah namun takut terkendala lantaran musim hujan, maka Moms harus pintar-pintar memakai trik agar bangunan kokoh serta bagus seperti membangun di kala musim kemarau. Memang, membangun rumah di musim hujan tentu tak selancar di musim kemarau. Hal ini tentu karena seringnya bangunan terkena air ketika proses pembuatannya.

Melansir dari Pinhome.id, berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membangun rumah ketika musim penghujan.

1 dari 3 halaman

1. Penempatan Material Bangunan

Menyimpan material bangunan ketika musim penghujan harus tepat. Ketika musim penghujan, sebaiknya Moms menempatkan material maupun bahan bangunan yang rentan terhadap air di tempat yang aman.

Untuk material bangunan seperti pasir, sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terkena guyuran hujan. Karena jika terkena air atau guyuran hujan maka jumlahnya akan berkurang karena terbawa aliran air.

Sedangkan semen apabila terkena air akan mengeras. Begitu juga dengan bahan bangunan yang terbuat dari kayu sebaiknya diletakkan di tempat yang aman agar tidak mudah lapuk.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Tergesa-gesa

Ilustrasi Material Bangunan © Diadona

Sebaiknya Moms tidak tergesa-gesa kala membangun rumah di musim penghujan. Pekerjaan yang tergesa-gesa akan menyebabkan hasilnya menjadi kurang bagus. Biarkan pembangunan berjalan sesuai dengan prosesnya.

Seperti halnya ketika membuat pondasi, Moms tidak dapat tergesa-gesa karena pondasi yang dibuat tergesa-gesa akan menjadi tidak kuat. Biasanya dindingnya juga akan menjadi retak-retak. Tentunya kita tidak ingin pembangunan rumah kurang bagus karena tergesa-gesa dalam pengerjaannya bukan?

3 dari 3 halaman

3. Memasang Atap Sementara

Tips selanjutnya agar pembangunan rumah tidak menjadi terganggu yaitu dengan memasang atap rumah untuk sementara. Tak hanya dapat melindungi bangunan dari guyuran air hujan, tapi juga dapat untuk keamanan serta kelancaran proses pembangunan rumah.

Walaupun memang tak mudah untuk membangun rumah ketiba musim hujan tiba namun dengan trik yang tepat maka hasilnya akan menjadi bagus. Yang jhadi poin utamanya adalah Moms harus senantiasa menjaga jaterial bangunan supaya tetap dalam keadaan baik

Bahan yang baik akan menghasilkan bangunan yang baik ketika musim penghujan apabila penyimpanannya juga tepat. Semoga bisa membantu ya Moms!

 

Beri Komentar