Tren Dekorasi ala Cluttercore yang Anti Minimalis dan Viral di TikTok

Home-decor | Kamis, 9 September 2021 17:08

Reporter : Yayuk Harini

Dekorasi ini sedang booming banget nih Moms!

Covid-19 membawa gaya baru hingga persepsi berbeda akan hunian. Yap, begitu halnya dengan desain sampai penataan ruang yang kini lebih berfungsi untuk work from home (WFH). Terbaru, kian booming di Tiktok bahwa orang-orang sedang meramaikan tagar dan menunjukkan bagaimana dekorasi rumahnya dengan gaya ala Cluttercore.

Tren Dekorasi ala Cluttercore yang Anti Minimalis dan Viral di TikTok
2 dari 6 halaman

TikTok menyebutkan sebanyak 8,7 juta pengguna menunjukkan dekorasi rumah bertema Cluttercore yang membuatnya tren dengan tagar #Cluttercore. Dekorasi rumah ala Cluttercore ini kebalikan dari gaya dekorasi minimalis yang masih digemari oleh banyak orang hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

Tren Dekorasi ala CluttercoreTren Dekorasi ala Cluttercore © Treasurecoasthomesales.com

Cluttercore justru mengarah ke desain maksimalisme dengan gaya poenataan ruangan berani dan kelebihan. Melansir Bustle, selama pandemi Covid-19, diberlakukan aturan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, akibatnya di seluruh dunia banyak orang berinisiatif untuk mendekorasi kembali rumah mereka.

Tren estetika Cottagecore mengacu pada pedesaan tradisional Inggris dan terinspirasi dari kehidupan di pondok (cottage) yang sederhana, dikelilingi tanaman hijau, dan udara bersih yang nyaman. Hal inilah yang kemudian memungkinkan pemilik rumah berhenti sejenak dan menikmati sesuatu yang menenangkan dengan alami.

4 dari 6 halaman

Kendati demikian, bagi orang-orang yang menyukai pendekatan more is more, ada tren baru yang mungkin lebih cocok untuk mereka yaitu Cluttercore. Cluttercore adalah tren interior baru yang sedang naik daun di lini masa. Hingga kini, ada hampir 13.600 lebih unggahan di Instagram yang memasang tagar tersebut.

Jadi, Cluttercore adalah desain yang merangkul kekacauan dengan membuat segala sesuatunya terlihat cocok atau terkoordinasi. Bahkan, desain yang bentrok dan kontras memiliki makna tersendiri di dalamnya.

5 dari 6 halaman

Tren Dekorasi ala CluttercoreTren Dekorasi ala Cluttercore © Treasurecoasthomesales.com

Konsep ini lebih berani dalam berekspresi dan mendorong individu untuk mendekorasi rumah dengan apa pun yang mereka mau guna menghadirkan kegembiraan dan memori. Secara sederhana, Cluttercore adalah tren dekorasi kekacauan namun kreatif.

Cluttercore sendiuri mengacu pada kepribadian dan selera individu, tak peduli seberapa unik dan bernuansa sentimentil desain tersebut. Gaya ini bukan berarti kekacauan total yang berantakan, namun tentang kekacauan yang terorganisir.

6 dari 6 halaman

Moms tentunya mendambakan kerapian dan kebersihan bukan? Hal inilah juga termuat dalam gaya dekorasi Cluttercore ini. Selain memiliki lebih banyak barang yang dipamerkan, Moms juga bisa mendapatkan tampilan dengan mengisi rak buku dengan buku berwarna-warni dan dekorasi berani lainnya. Moms juga bisa tambahkan lebih banyak tanaman, pola, tekstur, dan memadukan warna padadinding atau lantai rumah.

Well, gimana nih? Moms tertarik mencobanya gak?

 

Join Diadona.id