Trik dan Hal Penting Sebelum Memasang Rak Dinding Minimalis Tanpa Perlu Dibor

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 12 Maret 2021 15:00
Trik dan Hal Penting Sebelum Memasang Rak Dinding Minimalis Tanpa Perlu Dibor
Memasang rak dinding tanpa dibor, kenapa tidak?

Floating shelves atau rak dinding bisa menjadi salah satu alternatif penyimpanan di ruangan yang sempit. Tak hanya menghemat tempat, rak dinding juga memiliki fungsi visual dekoratif. Namun sayang, ada beberapa kondisi yang membuat Moms tidak bisa memasang rak dinding sesuka hati.

1 dari 3 halaman

Memasang Rak Dinding Minimalis Tanpa Perlu Dibor © Diadona

Yap, misalnya untuk MOms atau anak Moms yang tinggal di kos, apartemen sewa atau rumah kontrakan di mana biasanya ada larangan untuk memasang paku ke dinding. Padahal, untuk instalasi rak dinding harus menggunakan braket atau engsel yang dibor ke dinding. Cara ini membuat rak dinding lebih kokoh untuk menahan beban.

Eits, tak perlu bersedih ya Moms. Ada alternatif lain untuk memasang rak dinding tanpa harus mengebor. Caranya adalah dengan menggunakan perekat serbaguna Moms. Tapi perlu diingat, tentunya ada perbedaan besar ketika menggantung rak dinding menggunakan perekat dengan braket yang dibor. Melansir dari Acehardware.co.id pada Jumat (12/3/2021), berikut ini beberapa hal penting sebelum Moms memasang rak dinding tanpa dibor.

2 dari 3 halaman

Memasang Rak Dinding Minimalis Tanpa Perlu Dibor © Diadona

Kapasitas Beban Lebih Sedikit

Jika Moms menggunakan perekat untuk menempelkan rak dinding, maka jangan meletakkan barang dengan beban terlalu berat di dalam rak seperti buku, CD/DVD atau perangkat elektronik. Hindari pula meletakkan benda yang mudah pecah seperti vas bunga, bingkai foto dengan kaca, pajangan keramik dan sejenisnya. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk berjaga-jaga seandainya rak dinding terlepas.

Pilih Rak Dinding yang Ringan

Jangan menggunakan perekat untuk memasang rak dinding dari bahan kayu berat atau berukuran besar. Pilihlah rak dinding yang bahannya ringan sehingga tidak terlalu membebani perekat.

3 dari 3 halaman

Memasang Rak Dinding Minimalis Tanpa Perlu Dibor © Diadona

Persiapkan Dinding yang Ingin Ditempel

Supaya perekat dapat menempel sempurna, bersihkan dinding terlebih dulu. Gosok dinding dan sisi rak yang ingin ditempel menggunakan kain lap bersih yang sudah diberi alkohol. Jangan menggunakan air, cairan pembersih kaca atau sejenisnya karena produk-produk ini meninggalkan residu yang licin.

Pilih dinding yang rata dan halus. Jangan tempel di dinding bata atau dinding yang dilapisi wallpaper. Jika Moms baru saja mengecat dinding, tunggu setidaknya 7 hari sebelum menempelkan rak dinding kayu menggunakan perekat.

Bagaimana Moms, sekarang jadi lebih yakin untuk memasang rak tanpa dibor di rumah kan? Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

 

Beri Komentar