Trik Mempercantik Tampilan Ruang Pada Hunian yang Tidak Menggunakan Plafon

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 17 September 2020 09:00
Trik Mempercantik Tampilan Ruang Pada Hunian yang Tidak Menggunakan Plafon
Rumah tanpa plafon juga bisa cantik dengan trik berikut ini.

Umumnya bangunan didesain dengan menghadirkan plafon rumah sebagai salah satu elemen dekorasi. Namun, ada beberapa hunian yang sengaja dibuat dengan mengadaptasi gaya dekorasi tanpa penggunaan plafon untuk menutup bagian bawah atap rumah.

Banyak alasan mengapa tidak menghadirkan plafon rumah, bisa jadi karena ukuran dinding tembok yang terbilang rendah sehingga tidak memungkinkan mendapat sirkulasi udara yang baik saat dipasang plafon.

Ada beberapa pihak yang mengangap bahwa jika huniannya tidak dipasang plafon malah akan memberikan tampilan ruangan yang menjadi terasa lega serta proses pergantian udara tetap berjalan lancar. Tak hanya itu saja, ruangan juga bisa terasa lebih sejuk, tidak pengap, dan tidak terasa panas.

1 dari 5 halaman

Tak hanya itu saja, beberapa alasan tidak memasang plafon rumah karena ingin menunjukkan detail serta tekstur atap dan kayu yang digunakan. Terlepas dari berbagai alasan tersebut, dengan teknik tertentu akan menghasilkan ruangan yang tetap bisa tampil cantik dan elegan walau tanpa mengaplikasikan pengguanan plafon. Melansir dari Imagebali.net pada Rabu (16/9), berikut beberapa triknya Moms.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Kayu Lapis Atau Triplek untuk Menutup Genteng

Ruangan dan Plafon © Diadona

Sebelum dipasang, kayu yang telah disusun untuk penyangga atau yang biasa disebut kayu usuk genteng diberi lapisan triplek pada bagian luarnya. Barulah, langkah selanjutnya di atas kayu lapis tersebut dipasang kayu yang berukuran lebih kecil atau yang biasa disebut dengan kayu reng yang dipasang secara horizontal sebagai tempat untuk memasang genteng.

Alangkah lebih baiknya sebelum dipasang kayu lapis, beri warna yang sesuai dengan warna dinding seta lantai atau konsep ruang yang dipilih. Begitu pula dengan kayu penyangga atau ususknya. Jika Moms ingin menunjukkan kesan alami, maka bisa memilih jenis kayu yang memiliki tekstur bagus tanpa perlu dicat. Cukup dengan menggunakan lapisan pelitur saja.

3 dari 5 halaman

Bagaiamana jika tidak ingin menggunakan kayu lapis?

Jika demikian, maka Moms harus memperhitungkan konsep pencahayaan yang digunakan. Usakahan ruangan tetap memiliki akses cahaya maksimal ya Moms. Biasanya, genteng atau atap warnanya cenderung lebih gelap dan kesan ruangan yang terang tidak muncul.

Hal lain yang perlu diperhatiakan saat tidak ingin mengguanakan kayu lapis adalah pemasangan genteng harus benar-benar rapat. Moms bisa memilih jenis genteng yang dibuat menggunakan mesin agar ukuannya seragam.

4 dari 5 halaman

Ruangan dan Plafon © Diadona

Rumah tanpa plafon sangat rentan terhadap kebocoran!

Yap munculnya celah sedikit saja atau munculnya lubang pada bagian genteng akan menyebabkan air hujan bisa masuk dan menyebabkan kebocoran Moms. Tak hanya itu saja, sinar matahari yang masuk melalui celah ini bisa sangat mengganggu penglihatan dan tampilan ruangan akan berkurang jika dilihat dari segi estetikanya.

5 dari 5 halaman

Memasang Kayu Panjang

Metode lain yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan ruangan pada hunian yang tidak menggunakan plafon adalah dengan memasang kayu panjang yang disusun dari satu sisi dinding ke sisi dinding yang lain dengan jarak tiga puluh hingga empat puluh sentimeter. Hal ini akan diperoleh susunan katu yang memanjang.

Pada bagian tertentu, Moms bisa menambahkan hiasan atau ornamen seperti kain panjang yang ditaruh di atasnya. Pilihlah jenis kain yang tebal sepeti blacu agar bisa tahan lama serta awet. Pilih juga warna kain yang terang seperti krem atau putih.

Nah, itulah beberapa trik yang bisa Moms lakukan untuk mempercantik ruangan hunian yang tidak berplafon. Semoga membantu ya Moms.

 

Beri Komentar