Yuk Kenali Berbagai Jenis Lampu LED dan Juga Kelebihannya

Home-decor | Kamis, 9 September 2021 11:00

Reporter : Arif Mashudi

Kehadiran berbagai jenis lampu LED ini saat ini juga sudah membantu berbagai kebutuhan primer di dalam rumah.

Di zaman yang semakin modern kini, berbagai kebutuhan manusia ternyata juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu barang yang kini sudah berkembang adalah jenis lampu LED. Kini kehadiran lampu LED ini sepertinya akan menjadi pesaing baru bagi lampu pijar atau pun lampu neon.

Jenis Lampu LED atau (Light Emitting Diode) saat ini cukup banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk lampu rumah, lampu motor atau mobil, flashlight HP, dan lainnya. Hal ini deiseabkan karen lampu ini relatif murah dan tidak boros terhadap daya listrik.

Melansir dari laman Merdeka, cara kerja dari jenis lampu LED ini akan memancarkan cahaya saat dialiri arus dan tegangan pada penampung semikonduktor dari Anoda ke Katoda. Oh iya, LED atau Light Emitting Diode merupakan sebuah komponen elektronika yang memancarkan cahaya monokromatik lewat tegangan maju. Teknologi ini disebut diode atau dioda karena memanfaatkan bahan semi konduktor untuk bisa dibuat.

Nah kehadiran berbagai jenis lampu LED ini saat ini juga sudah membantu berbagai kebutuhan primer di dalam rumah. Jadi, bagi kamu yang belum tahu jenis-jenis dari lampu ini bisa menyimak ulasan yang telah dirangkum Diadona.id dari berbagai sumber di bawah ini ya.

Yuk Kenali Berbagai Jenis Lampu LED dan Juga Kelebihannya
2 dari 5 halaman

Jenis Lampu LED

1. Super Flux LED

Super Flux LED ini adalah jenis lampu yang cukup banyak digunakan. Melnasir dari laman Merdeka, lampu ini memiliki ukuran persegi panjang dengan empat pin dan memiliki ukuran mulai dari 3mm, 5 mm, dan juga ukuran flat lens.

Untuk penggunannya sendiri, lampu ini akan banayk ditemui pada bagian pencahayaan otomotif pencahayaan panggung, lampu kulkas, hingga papan iklan.

2. Miniature LED

Persis seperti namanya, jenis lampu LED yang Miniature ini memang memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan, ukurannya bisa mendekati ukuran mikroskopic.

Untuk penggunannya, lampu ini bisa kamu temui berbagai indikator sebuah alat elektronik seperti sensor TV, aplikasi remote di ponsel, radio modern, dan elektronik canggih lainnya. Biasanya, lampu ini ditandai dengan nyalanya yang berwarna merah.

3 dari 5 halaman

3. Bicolor LED

Melansir dari laman Orami.id, jenis lampu LED yang selanjutnya adalah Bicolor LED. Ini adalah jenis LED yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna.

Jika kamu penasaran dengan lampu Bicolor LED ini kamu bisa menemukannya di mainan anak-anak, panggung konser, maupun lampu hiasan natal. Umumnya, lampu LED ini mampu mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna secara bergantian.

4. Surface Mount Device LED

Lampu Surface Mount Device (SMD) adalah jenis lampu LED yang tidak memiliki kabel. Namun, untuk menghubungkannya, jenis lampu LED satu ini menggunakan chip yang cukup kecil. Kelebihan dari lampu SMD sendiri yaitu memancarkan cahaya dengan sudut pandang luas dan bisa memefokuskan sinar.

Lampu Surface Mount Device adalah jenis LED yang banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, dan juga lampu hias.

4 dari 5 halaman

5. High Power LED

Jenis lampu LED yang High power LED ini adalah yang memiliki tingkat keteranagn di atas rata-rata lampu LED. Lampu ini juga mampu menghasilkan tingkat cahaya yang sangat intens.

Lampu ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti memiliki daya tahan hingga 50 ribu jam, setara dengan 25 lampu pijar, dan juga tidak memerlukan daya listrik besar. Namun, tetap saja, lampu ini juga memiliki kekurngan yakni lebih cepat panas, sehingga harus dipasang di area yang teduh atau dingin.

Jenis Lampu LED ini paling banyak digunakan dengan tenaga surya. Dan, yang paling umum lampi ini digunakan sebagai lamapu penerang jalan raya.

6. COB LED

Jenis lampu LED yang COB atau Chip on Board ini adalah jenis yang bisa menyala lebih terang dan merata karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Lampu ini adalah produk pengembangan dari jenis Surface Mount Device (SMD).

Jadi, untuk kulaitas lampunya sendiri tentu saja ada di atas jenis LED yang SMD. Sorot cahaya yang ada pada LED COB ini lebih merata dan tidak gampang panas.

Jadi itulah beberapa jenis Lampu LED beserta kelebihannya. Semoga ini bisa membantu dan bisa bermanfaat buta kita semua ya!

Join Diadona.id