27 Cara Menghemat Uang Jajan dan Belanjamu Sehari-hari, Biar Nggak Bokek Terus

Reporter : Wicha Mashita
Minggu, 22 Oktober 2023 21:26
27 Cara Menghemat Uang Jajan dan Belanjamu Sehari-hari, Biar Nggak Bokek Terus
Cara menghemat uang di bawah ini dijamin bikin keuanganmu nggak kritis deh.

Menggunakan uang memang nggak bisa asal-asalan, kita harus tahu juga cara menghemat uang. Pernah nggak sih, kamu sudah berusaha menyisihkan uang tapi masih saja ketemu momen krisis moneter dengan keuanganmu? Parahnya lagi, kalau belum akhir bulan tapi keadaan dompet sudah miris.

Nah, bisa jadi cara menghemat uang jajan dan belanjamu kurang tepat guys. Memang sih, cara menghemat uang itu juga nggak mudah dilakukan. Gampang-gampang sulit gitu deh, apalagi kalau buat langkah awal. Tapi percaya deh, kamu perlu mengatur keuanganmu dengan solusi yang tepat.

Tenang saja guys, kamu nggak usah pusing dan ribet lagi habis ini soal uang. Soalnya, merangkum dari berbagai sumber, kita punya berbagai tips cara menghemat uang jajan dan belanja yang cocok buat kamu terapin.

1 dari 8 halaman

Cara Menghemat Uang Jajan

Cara Menghemat Uang Jajan © Diadona


Buat kamu yang masih sekolah dan dapat uang saku, atau yang sudah bekerja, iniloh cara menghemat uang jajan yang perlu kamu praktikkan.

Usahakan Selalu Sarapan

Apa hubungannya sarapan sama cara menghemat uang? Guys, sarapan itu nggak hanya bagus untuk memberikanmu energi buat beraktivitas, tapi juga mengurangi hasrat untuk jajan.

Kalau perut sudah kenyang, maka kamu nggak mudah tertarik dengan jajanan sepanjang jalan yang kamu lewati.

Bawa Bekal dari Rumah

Selain sarapan, membawa bekal dari rumah juga menjadi jalan pintasmu cara menghemat uang. Nggak usah gengsi guys, justru dengan bawa bekal kamu mengonsumsi makanan lebih sehat, bersih dan juga berhemat deh.

Biar lebih hemat tapi tanpa repot, kamu bisa menggunakan menu dan resep bekal untuk makan siang yang murah meriah.

Bawa Minum Sendiri Saat Beraktivitas

Selain membawa bekal, usahakan selalu membawa air minum sendiri saat beraktivitas. Apalagi air putih yang juga menyehatkan dan menghindari dehidrasi.

Mungkin kamu akan menganggap beli air minum di luar itu termasuk pengeluaran yang kecil. Akan tetapi kalau dilakuka berkali-kali juga akan terasa loh, dibanding membawa minum sendiri. Selain itu, kamu juga bisa bantu mengurangi sampah plastik kan?

2 dari 8 halaman

Jangan Gampang Kegoda Sama Promo

Ilustrasi kupon promosi © Diadona

Ini nih biasanya yang suka banget menggoda isi dompet maupun ATM. Promo itu bisa jadi penghancur cara menghemat uang jajanmu loh! Soalnya, bisa jadi promo tersebut untuk barang yang sebenarnya nggak kita butuhkan. Hanya saja tergiur dengan promonya.

Bukan selamanya promo salah, hanya saja kamu perlu memperhatikan apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan. Bukan sekedar membayar keinginan mata saja ya guys.

Pilih Barang Berkualitas

Nah, kalau membeli barang pilih kualitasnya. Jangan mentang-mentang promo terus kamu langsung comot padahal kualitasnya juga belum tentu terjamin.

Selain membeli barang yang hanya kita butuhkan, penting juga memperhatikan kualitasnya. Meski agak mahal sedikit tidak apa, karena bisa tahan lama dan nggak harus beli lagi. Kalau lebih murah dengan kualitas yang terjamin malah boleh banget dong!

Usahakan Tidak Membawa Uang Tunai

Kamu perlu memberi batasan berapa uang tunai yang kamu bawa di dompet setiap harinya. Sebagai cara menghemat uang, hindari membawa terlalu banyak ya. Soalnya, denga begini kamu akan merasa uangmu terbatas, jadi lebih hati-hati lagi deh buat mengeluarkan uang.

3 dari 8 halaman

Bekerja Paruh Waktu

Ilustrasi Kerja Part Time di Kafe © Diadona


Buat yang masih pelahar nih, menambah pemasukan uang menjadi pekerja paruh waktu bisa jadi salah satu cara menghemat uang jajanmu. Nggak hanya hemat, tapi juga uang sakumu jadi bertambah kan? Cari pekerjaan part time yang sesuai dengan waktu dan kemampuanmu ya.

Manfaatkan Fasilitas Gratis

Usahakan mencari fasilitas gratis yang bisa digunakan. Misalnya, akses pendidikan, kesehatan, internet dengan tempat yang menyediakan WiFi dan sebagainya. Dengan begini, tentu saja uangmu jadi bisa disisihkan untuk ditabung.

Menabung

Yap, bukan lain lagi cara menghemat uang jajan ya dengan ditabung. Seberapapun jumlah uang yang kamu dapatkan, usahakan untuk disisihkan sebagaian buat ditabung ya. Bagikan keuanganmu untuk kebutuhan, tabungan dan keperluan jangka panjang secara terpisah.

4 dari 8 halaman

Membuat Daftar Belanja

Ilustrasi daftar belanja © Diadona


Lanjutan dari menabung tadi, kamu perlu membuat daftar belanja nih sebelum membelanjakan uangmu. Buatlah daftar barang apa saja yang kamu perlukan untuk dibeli. Jadi, kamu hanya mengeluarkan uang untuk barang yang ada di dalam daftar deh. Eits.. jangan sampai tergoda ya dengan barang di luar list belanjamu!

Jangan Terpaku sama Brand

Daripada brand, lebih baik fokuskan pada kualitas barang yang kamu beli. Misalnya, untuk detergen, pelembut, sabun cuci dan sebagainya uang bisa kamu beli di warung kecil sehingga bisa meminimalisir pengeluaran. Perbedaan harga yang mungkin sedikit tapi sangat membantu dalam cara menghemat uang belanja lho!

Menjadi Kreatif

Dalam kehidupan, apalagi sekarang yang serba maju dan canggih ini kreativitas dibutuhkan. Kamu bisa meminimalisir membeli barang jika kreatif untuk memanfaatkan barang tidak terpakai dan digunakan kembali.

Misalnya dengan menghias kamar dengan memajang foto, tali uang dipakai bisa dari tali sepatu tidak terpakai. Dengan begini, kamu mengasah kreativitasmu sekaligus berhemat kan? Lagipula sudah banyak kok, video DIY yang bisa kamu ikuti di internet untuk menghemat pengeluaran.

5 dari 8 halaman

Hati-Hati Memilih Teman

hang out sama teman © Diadona


Mungkin terdengar aneh, tapi memilih teman itu penting juga loh guys sebagai cara menghemat uang jajan dan belanja. Pilih teman dekat yang satu misi dalam menghemat uang. Kalau temanmu boros, pasti kamu juga akan tergoda.

Lebih baik lagi kalau kalian nggak harus makan dan nongkrong di resto mahal. Tapi mau makan di pinggir jalan asal bisa bersama. Pastikan juga kalian berdua sama-sama mendukung untuk berhemat dan menabung ya.

Makan Tengah

Maksudnya makan tengah ini adalah saat kamu ingin quality time bersama keluarga atau teman, memesan makan tengah yang lebih murah dibanding memesan satu piring dengan menu lengkap. Jadi kamu bisa pesan nasi dan minum sendiri, lalu rundingkan lauk mana yang bisa dimakan bersama dengan dipesan secara patungan.

Bersedekah

Ini nih kunci penting cara menghemat uang dan berkah, yap bersedekah. Membagikan sebagian uang atau barang kita kepada orang yang lebih membutuhkan ini nggak akan menggagalkan cara berhemat uang, justru akan mendapatkan balasan loh!

6 dari 8 halaman

Cara Menghemat Uang Belanja

Cara Menghemat Uang © Diadona

Membuat Anggaran dengan Teliti

Jika kamu berencana ingin mulai cara menghemat uang, membuat anggaran dengan teliti adalah salah satu langkah yang tepat. Anggaran yang dimaksud di sini adalah dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran setiap bulan secara rinci. 

Rincikan terlebih dahulu keperluan rutin sebelum mencatat setiap pemasukkan dan pengeluaran, agar kamu bisa menilai apakah sudah sesuai apa belum dengan anggaran yang ada. Usahakan kamu patuh pada catatan agar tidak ada pengeluaran yang di luar rencana.

Mengumpulkan Uang Receh

Uang receh seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang dan diabaikan jika mendapat kembalian saat berbelanja. Dibalik nama recehnya, sebetulnya uang receh mempunyai kekuatan besar sebagai salah satu cara untuk menghemat uang. 

Pasti kamu tidak asingkan dengan salah satu pepatah yang berbunyi sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ya dengan kamu mengumpulkan uang receh setiap kali mendapatkan kembalian, secara tidak sadar kamu akan mendapat keuntungan menukarnya menjadi uang kertas dan menabungnya. 

Terapkan Gaya Hidup Minimalis

Minimalis adalah sebuah gaya hidup yang berpusat pada hanya memiliki hal-hal yang kamu butuhkan, gunakan, dan melepaskan hal-hal yang hanya akan menghabiskan ruang. 

Inti ajaran dari gaya hidup minimalis adalah kamu belajar untuk lebih menghargai apa yang kamu miliki saat ini dan menghentikan dorongan untuk membeli barang baru.

Dengan menerapkan metode pola pikir hidup minimalis, dapat menjadi satu cara luar biasa untuk kamu menghemat uang untuk konsumsi setiap tahun. 

Jika kamu berniat untuk menerapkan gaya hidup minimalis, salah satu cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyederhanakan pengeluaran melalui konsep kurangi pembelian maka kurangi pengeluaran. 

Cuci Pakaian Sendiri

Terkhusus buat kamu anak kos cara yang satu ini sangat cocok untuk kamu terapkan. Dibanding kamu mencuci pakaian dengan jasa laundry lebih baik kamu menghemat pengeluaran dengan cara mencucinya sendiri. 

Memang mencuci dengan jasa laundry memiliki keuntungan dalam efisiensi waktu dan tenaga. Namun, jika dihitung kembali dengan kamu mencuci pakaian sendiri, uang yang seharusnya dikeluarkan untuk jasa laundry bisa dialokasikan untuk pengeluaran lain yang lebih penting. Dan pastinya pengeluaranmu menjadi lebih hemat. 

Menyimpan Makanan Supaya Awet

Sebuah survei mengatakan pengeluaran terbesar rumah tangga adalah pada sektor konsumsi. Pengeluaran berlebih ini tentunya akan berdampak buruk pada keuangan, dan kamu harus mulai untuk memutar otak dalam meminimalisirnya. 

Terdapat satu cara agar kamu dapat menghemat pengeluaran dalam sektor konsumsi, yaitu melalui metode meal preparation. Metode ini adalah konsep belanja dan penyimpanan makanan untuk jangka panjang dengan cara memasaknya dalam jumlah banyak serta menyimpannya di dalam lemari es. 

Melalui metode ini kamu akan merasakan manfaat yang cukup banyak salah satunya menghemat pengeluaran.  

Gunakan Listrik Secara Hemat

Di jaman sekarang, listrik menjadi sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Tidak heran banyak manusia yang bergantung terhadap keberadaannya.

Disisi lain penggunaan listrik yang berlebihan, ternyata selain tidak baik bagi lingkungan juga tidak baik dalam segi pengeluaran. 

Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan dan menimbang kembali penggunaan listrik secara hemat saat di rumah, agar pengeluaran kamu tidak membengkak. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan lampu yang tidak digunakan terutama pada siang hari, atau jika perlu ganti lampu menjadi lampu hemat energy yang hanya sedikit menggunakan listrik.

Pakai Internet dengan Hemat

Internet sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sekarang ini. Mulai dari urusan pekerjaan, sarana komunikasi, berbelanja, hiburan dan lain sebagainya, membuat siapapun tidak bisa lepas dari keberadaan internet.  

Kenyatan bahwa Internet tidaklah gratis alias kamu perlu membeli kuota untuk dapat mengaksesnya, membuat sangat rentan terjadi pemborosan dalam pemakaiannya. Agar lebih hemat kamu untuk memulai dengan memilih kuota yang sesuai kebutuhan dan mengatur setiap pemakaian harian sehingga kamu bisa lebih menghemat uang. 

Jangan Belanja Ketika Lapar

Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa lapar tidak hanya membuat kamu ingin membeli makanan, tetapi juga dapat membuat kamu melakukan belanja yang mahal dan tidak dibutuhkan. Hal tersebut tentu akan berdampak buruk terhadap pengeluaran. 

Dilansir dari Healthline, jangan belanja ketika lapar bisa menjadi satu cara untuk kamu menghemat uang. Jadi jika kamu khawatir akan menghabiskan banyak uang saat berbelanja, disarankan lebih baik untuk melakukannya saat setelah jam makan siang atau sebelumnya. 

 

7 dari 8 halaman

Cara Menghemat Uang © Diadona

Catat Semua Transaksi dan Lakukan Evaluasi

Biasakanlah untuk mencatat semua pengeluaran kamu, termasuk kartu kredit yang kamu punya. Lalu identifikasi pola pengeluaran kamu.

Saat mencatat, usahakan buat bikin daftarnya dalam beberapa kelompok seperti pengeluaran tetap dan pengeluaran nggak tetap. Yang termasuk dalam pengeluaran tetap seperti misalnya biaya hidup, biaya makan, transportasi, internet hingga tagihan.

Setelah melihat pengeluaran tetap ini, atur pengeluaran tidak tetap kayak ngopi, jajan, hingga belanja pakaian lalu sesuaikan dengan target hidup hemat kamu.

Stop Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang digemari banyak orang, karena beragam keuntungannya. Eits jangan senang dulu, walaupun menguntungkan jika kamu tidak bijak dalam menggunakannya bisa jadi bumerang yang merugikan loh. 

Konsep kartu kredit yang sama seperti konsep hutang dengan membayar saat jatuh tempo. Membuat perlu adanya kedisiplinan yang ketat, jika tidak tunggakan akan bertumpuk. Ditambah cara kerja kartu kredit yang memotong biaya administrasi bulanan sangat berpotensi membuat seseorang menjadi lebih konsumtif, dilansir dari Detik Finance.

Oleh karena itu, mulai mengurangi atau bahkan lebih baik berhenti menggunakan kartu kredit dari sekarang adalah salah satu cara yang tepat untuk menghemat uang. 

 

Buatlah Rekening Tabungan Terpisah

Akses dan persyaratannya yang mudah, membuka rekening tabungan di bank menjadi alasan banyak orang menjadikannya sebagai tempat menyimpan uang serta sarana transaksi pembayaran. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tidak heran banyak orang memiliki lebih dari satu rekening tabungan. 

Eits, ternyata memiliki lebih dari satu tabungan adalah salah satu cara jitu untuk menghemat uang loh. Dikutip dari Allianz, membuka rekening tabungan bank secara terpisah dan membaginya sesuai kebutuhan, dinilai cukup efektif menekan pengeluaran agar sesuai kebutuhan.

Seperti contohnya kamu bisa memisahkan antara rekening simpanan untuk kebutuhan sehari-hari, rekening simpanan untuk jangka panjang, rekening bisnis untuk urusan bisnis dan lain sebagainya. 

Dengan membagi fungsi tabungan tersebut, maka dana kamu miliki tidak lagi tercampur dan dapat dibutuhkan sesuai peruntukannya. 

Memanfaatkan Rekening Tabungan dengan Biaya Administrasi yang Murah

Sebelum kamu memutuskan untuk menabung di bank, ada baiknya perhatikan besaran biaya administrasi yang dikenakan bank kepada nasabah. 

Setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing dalam menetapkan besaran biaya admin. Agar kamu terhindar dari biaya admin yang tinggi, kamu harus pandai memilih bank mana yang menerapkan biaya admin rendah atau yang lebih bagus lagi tanpa potongan biaya tambahan alias gratis. 

Dengan kamu melakukan cara tersebut bisa menjadi salah satu tips kamu menghemat uang, agar saat kamu menabung tidak merasa dirugikan karena terpotong biaya admin. 

8 dari 8 halaman

Cara Menghemat Uang Belanja © Diadona

Selain cara menghemat uang di atas, ada juga hal yang perlu kamu lakukan saat berbelanja nih guys. Apalagi buat kamu yang tinggal jauh dari rumah, ngekos atau kontrak dan hidup sendiri, tips yang satu ini berguna banget buat diterapkan.

Biasakan melakukan perbandingan harga untuk cara menghemat uang, apalagi buat kebutuhan bulananmu. Lihatlah harga di toko A dan toko B, lalu lakukan perbandingan. Lebih murah yang mana sih buat dibeli. Nah, tentu saja memilih toko yang menyediakan harga lebih murah untuk barang dan kualitas yang sama kan?

Usahakan juga belanja di toko kecil atau pasar tradisional selagi barang yang kamu butuhkan ada. Sebab, selain harganya lebih murah kamu juga bisa menawarnya.

Nah, jadi itu tadi beberapa tips cara menghemat uang jajan dan belanja yang bisa kamu terapkan mulai sekarang juga. Yuk, berhemat!

Beri Komentar