5 Kebiasaan yang Perlu Diterapkan untuk Para Pejuang Kemerdekaan Finansial

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 17 Agustus 2020 10:40
5 Kebiasaan yang Perlu Diterapkan untuk Para Pejuang Kemerdekaan Finansial
Usir penjajah isi kantong dengan cara-cara berikut.

Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari tersebut menjadi waktu yang tepat untuk memaknai perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan secara mendalam.

Negara sudah merdeka, tapi apakah kamu sebagai individu juga telah merasakan kemerdekaan tersebut dari aspek finansial?

Merdeka finansial di sini berarti kamu akan hidup tanpa ada lagi beban dari aspek keuangan seperti cicilan utang. Hal ini tentu menjadi impian bagi semua orang. Pertanyaannya, mungkinkah kita meraih kemerdekaan tersebut?

Para pejuang sekalian, berikut ini adalah beberapa cara untuk mulai mencapai status merdeka finansial yang bisa kamu lakukan.

1 dari 6 halaman

Susun anggaran rutin

Membuat rencana anggaran rutin setiap bulan akan membantu untuk mengetahui kondisi keuangan secara mendetil. Hal ini untuk menghindari kecenderungan untuk mengalokasikanuang yang dimiliki secara berlebih karena ketidak sadaran akan kesehatan finansial sendiri.

2 dari 6 halaman

Buat tujuan spesifik

Tak hanya menganggarkan, namun juga buat tujuan keuangan sespesifik mungkin. Sebut berapa target dana yang ingin dicapai secara detil, termasuk bagaimana cara mengumpulkannya dan kapan akan digunakan. Misal, kamu ingin memiliki rumah tujuh tahun dari sekarang. Tujuannya adalah untuk membantumu mengetahui prioritas keuangan apa aja yang perlu dilakukan.

3 dari 6 halaman

Berinvestasi

Menabung memang akan membantumu hidup hemat, tapi berinvestasi akan membuatnya lebih efektif dan mengantarmu menuju kemerdekaan finansial. Ada banyak jenis produk investasi yang bisa kamu pilih seperti reksa dana, saham, obligasi, emas, atau properti. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

4 dari 6 halaman

Sisihkan dana darurat

Berbeda dengan tabungan, dana darurat adalah sekumpulan uang yang hanya akan kamu gunakan di saat-saat kritis. Meski begitu, kamu harus tetap selalu menyisihkan sebagian untuk tujuan tersebut. Tujuannya adalah agar kamu tetap memiliki jaring pengaman saat perekonomian sedang terjun bebas.

5 dari 6 halaman

Batasi konsumsi

Konsumsi yang perlu dibatasi adlah konsumsi-konsumsi non esensial, yakni barang-barang yang di luar kebutuhan pokok. Misal, membatasi konsumsi jajan-jajanan, barang-barang hobi, atau pembelian barang koleksi. Tentu tidakakan bisa dibuat seragam antar satu orang dengan orang lainnya, sesuaikan saja dengan pola kehidupanmu. 

6 dari 6 halaman

Belajar dari para pejuang yang memerdekakan bangsa ini, kemerdekaan finansialmu bukan hal yang mustahil untuk diraih kok. Prosesnya mungkin tidak akan sebentar, tapi kamu tetap mungkin untuk menggapainya. Tentu tetap bergantung pada kedisiplinan dan kerja kerasmu.

Selamat berjuang!

Beri Komentar