5 Tips Kenalkan Investasi untuk Anak, Nggak Rumit kok Moms!

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 12 Agustus 2021 17:40
5 Tips Kenalkan Investasi untuk Anak, Nggak Rumit kok Moms!
Seberapa penting sih mengajarkan investasi pada anak?

Kata investasi sekilas terdengar seperti topik yang sangat serius. Jangankan memperkenalkannya pada anak, orang dewasa seperti kita saja kadang belum sepenuhnya paham dengan makna investasi.

Meski begitu, sebenarnya investasi adalah salah satu ilmu dasar ketahanan finansial yang perlu dipelajari sejak dini lho. Orang tua perlu memperkenalkan tentang apa itu investasi pada anak-anak mereka. Tujuannya adalah agar ketika beranjak dewasa, mereka jadi tahu bagaimana memperlakukan uang.

Dalam proses memperkenalkan anak pada investasi, tentu nggak serta merta orang tua membiarkan anak untuk mengolah uang secara langsung. Memperkenalkan konsep umum lewat hal-hal yang familiar dengan keseharian mereka bisa jadi salah satu cara paling masuk akal.

Untuk tips lebih lanjut, langsung simak deretan trik perkenalkan investasi untuk anak beriukt ini yuk, Moms!

1 dari 6 halaman

Proporsi Kebutuhan Lebih dari Keinginan

Jika Anda adalah orang tua, maka paham betapa sulitnya menemukan hadiah yang tepat untuk anak yang yang tidak mudah hilang atau segera dilupakan. Banyak dari orang tua beralih ke mainan yang diharapkan menyenangkan dan mendidik, tetapi menemukan mainan yang berkaitan dengan investasi menjadi jadi sulit.

Ini berarti Anda mungkin harus beralih ke dunia nyata dan benar-benar memberi anak kendali atas sedikit saja saham. Seiring bertambahnya usia, mereka dapat memiliki lebih banyak masukan, dan Anda dapat berbicara tentang dividen, penggabungan, diversifikasi, dan apa artinya membeli dan menahan.

Penting untuk diperhatikan bahwa ada pro dan kontra untuk berbagai jenis akun investasi yang tersedia untuk anak di bawah umur. Jadi periksa terlebih dahulu konsekuensi apa pun yang terkait dengan pajak di masa mendatang dan saat anak tersebut mengajukan permohonan bantuan keuangan untuk kuliah.

2 dari 6 halaman

Mengenalkan Investasi Seperti Permainan

Jika dirasa belum siap untuk memasukkan uang sungguhan ke dalam portofolio yang berpusat pada anak-anak, Anda masih dapat mengikuti pasar bersama-sama dan melacak bagaimana mereka akan melakukannya jika mereka berinvestasi.

Buatlah belajar investasi dengan cara yang menyenangkan dan mudah. Anda bahkan bisa menjadikannya semacam kompetisi antar saudara.

3 dari 6 halaman

Menghadiahkan Buku

Ini mungkin terdengar seperti cara jaman dulu dan membosankan untuk menjelaskan investasi kepada anak-anak, tetapi ada banyak buku di luar sana yang menyertakan banyak ilustrasi, bahasa yang menyenangkan, dan pelajaran penting.

Jadi, cobalah untuk membelikan anak Anda buku yang menyenangkan untuk memberi pelajaran tentang investasi.

4 dari 6 halaman

Mendongengkan Kisah Investasi Berdasarkan Pengalaman Keluarga

Baik itu kisah sukses atau kisah buruk, anak-anak dapat belajar banyak dari sejarah keluarga sendiri tentang investasi.

Bagikan cerita kepada anak tentang bagaimana orang tua dan kakek nenek Anda menghasilkan dan menyimpan uang mereka. Selain itu, ceritakan pula bagaimana hal itu dilakukan hari ini dalam percakapan tentang nilai investasi dan penetapan tujuan.

Ceritakan kisah tersebut seperti mendongeng daripada memberi ceramah dan mendorong pertanyaan, yang mungkin membuat mereka lebih terlibat.

5 dari 6 halaman

Jelaskan Sesederhana Mungkin

Apa pun platform yang dipilih untuk mengajari anak tentang investasi, pertimbangkan untuk mencoba menjadikannya sesederhana mungkin.

Jika memutuskan bahwa Anda siap untuk melakukan investasi di dunia nyata, carilah akun yang lebih mudah dan lepas seperti yang Anda inginkan.

Jaga agar tetap menyenangkan. Suatu hari ketika anak-anak dewasa mungkin akan bercerita kepada orang tuanya tentang bagaimana pelajaran Anda membantu memajukan kecerdasan finansial mereka.

Beri Komentar