8 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk dengan Cepat dan Efektif, Patut Dicoba nih

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 14 September 2020 08:56
8 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk dengan Cepat dan Efektif, Patut Dicoba nih
Inilah cara melunasi hutang dengan cepat dan efektif, patut dicoba!

Pada dasarnya, hutang bukanlah sesuatu yang buruk. Sebab, hutang terdiri dari dua jenis yakni, hutang produktif dan hutang konsumtif. Utang produktif ialah hutang yang digunakan untuk pembiayaan kegiatan yang mendatangkan manfaat finansial secara langsung, seperti pinjaman untuk modal usaha.

Sedangkan hutang negatif merupakan hutang yang digunakan untuk kegiatan yang sifatnya konsumtif, misalnya untuk memenuhi gaya hidup. Meski begitu, melunasi hutang adalah kewajiban bagi siapa saja yang berhutang.

Namun, dengan tingginya pengeluaran dan gaji yang pas-pasan, membayar cicilan hutang pun bisa membuat kewalahan. Sehingga, cara melunasi hutang pun perlu dilakukan dengan strategi yang tepat, karena kalau menunda pembayarannya hanya akan menambah kewajiban-kewajiban baru.

Nah, agar kamu tidak pusing dalam memikirikan hutang, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara melunasi hutang dengan cepat, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Melunasi Hutang dengan Cepat

Cara Melunasi Hutang © Diadona

Seperti yang diketahui, hutang adalah suatu hal yang pasti hampir pernah dilakukan semua orang, entah karena benar-benar tidak memiliki uang sama sekali atau berhutang karena gaya hidup. Akan tetapi, saat seseorang memutuskan untuk berhutang, tidak sedikit yang paham bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat.

Sehingga, hal ini akan membuat mereka menjadi kewalahan. Tapi, tenang saja. Berikut kami akan sampaikan informasi mengenai cara melunasi hutang dengan cepat dan efektif yang bisa kamu coba.

1. Susun Daftar Semua Hutang

Cara melunasi hutang dengan cepat yang pertama ialah dengan menyusun daftar semua hutang yang kamu miliki. Sehingga, tulis semua hutang dengan susunan yang paling diprioritaskan untuk dilunasi. Termasuk, besaran suku bunga.

Dengan begitu, kamu pun jadi bisa membayar hutang dengan lebih cepat dan tentunya lebih teratur.

2. Menetapkan Skala Prioritas Pembayaran

Setelah menyusun daftar semua hutang, cara melunasi hutang yang selanjutnya adalah dengan menetapkan skala prioritas pembayaran. Namun, dalam menetapkan skala prioritas pembayaran ini, kamu bisa memilih hutang dengan suku bunga paling tinggi terlebih dahulu lalu lanjut ke jumlah paling kecil.

2 dari 3 halaman

3. Tidak Menyelesaikan Hutang dengan Berhutang

Cara Melunasi Hutang © Diadona



Kalau kamu sedang giat melunasi hutang, sebaiknya jangan membuat hutang baru. Terlebih bagi mereka yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit.

Sehingga, sebaiknya selesaikan dulu hutang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan pola atau gaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menyelesaikan utang. Cara melunasi utang dengan cepat satu ini perlu benar-benar dipahami ya, guys.

4. Gunakan Tabungan

Cara melunasi hutang dengan cepat berikutnya ialah menggunakan tabunganmu. Tabungan tentunya dilakukan untuk suatu tujuan, seperti tabungan pendidikan atau tabungan pensiun.

Lebih bagus kalau kamu memiliki tabnungan dana darurat, karena kamu bisa menggunakannya terlebih dahulu kalau waktu untuk melunasi hutang sudah mendesak. Hal ini bertujuan untuk memastikan keuangan kamu tidak kacau.

5. Mengaji Aset yang Dimiliki

Jika ternyata hutang yang dimiliki sudah melebihi rasio 30 persen, maka cara melunasi hutang dengan cepay kamu bisa mencoba untuk mengkaji aset yang dimiliki. Sebab, mau tidak mau hutang harus tetap dilunasi, oleh karena itu amu bisa mencoba untuk menjual beberapa aset yang mungkin bisa digunakan dalam melunasi hutang tersebut.

6. Cairkan Investasi

Salah satu cara melunasi hutang dengan cepat adalah dengan mencairkan investasi yang kamu miliki. Jenis investasi yang bisa kamu cairakan antara lain emas, deposito, atau reksadana. Dengan begitu, kamu pun bisa kembali mengalokasikan pendapatan untuk investasi.

3 dari 3 halaman

7. Cari Penghasilan Tambahan

Cara Melunasi Hutang © Diadona



Selain mencairkan investasi, cara melunasi hutang dengan cepat yang bisa kamu coba adalah mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual keahlian untuk mendapatkan uang tambahan, seperti mengajar les privat, menjual jasa design dan fotografi, atau bekerja paruh waktu sebagai supir ojek online/taksi online.

8. Kurangi Budget Pengeluaran

Mengubah skema bujet pengeluaran merupakan salah satu solusi dalam cara melunasi hutang dengan cepat. Contohnya kalau selama ini kamu menghabiskan 50% – 70% penghasilan untuk konsumsi, maka sisanya bisa digunakan untuk membayar hutang.

Akan tetapi, sebaiknya sekarang kamu tambahkan proporsi bayar hutang lebih tinggi dengan berhemat dan mengurangi konsumsi, ya.

9. Niat dan Disiplin Membayar Utang

Cara melunasi hutang dengan cepat berikutnya ialah dengan niat dan disiplin dalam membayarnya. Sebab, hutang merupakan sebuah ikatan, tuntutan, dan kewajiban yang harus diselesaikan dengan segera, sehingga jangan sampai terjerat masalah ekonomi tak berkesudahan gara-gara berbagai utang.

Itulah cara melunasi hutang dengan cepat dan mudah yang wajib kamu coba. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar