Bayar Utang atau Nabung, Mana sih yang Harus Didahulukan?

Moneytalk | Jumat, 8 Januari 2021 08:57
Bayar Utang atau Nabung, Mana sih yang Harus Didahulukan?

Reporter : Mila Ismiranda

Biar enak, mana dulu nih yang harus duluan dilakukan?

Sejak kecil kita pasti sudah diajarkan tentang pentingnya menabung. Menabung memang adalah hal yang penting. Pasalnya, uang yang kita kumpulkan bisa dipakai untuk mencapai tujuan di masa depan.

Tapi keadaan selalu tidak semulus rencana. Menabung bisa jadi terasa lebih sulit di kala pandemi seperti sekarang ini. Apalagi dengan ditambah banyaknya orang yang kehilangan penghasilannya. Padahal pengeluaran dan tagihan tetap harus dibayarkan. Belum lagi kalau misal punya cicilan dan utang.

Nah, hal-hal seperti inilah yang membuat sebagian orang bingung, harus bayar utang dulu atau menabung dulu?

2 dari 2 halaman

Dahulukan Utang

Punya tabungan di masa sulit seperti ini memang bisa memberikan ketenangan. Tapi, kalau kamu masih punya utang, akan lebih baik kalau kamu melunasi atau mencicilnya terlebih dulu.

Melansir Forbes, kamu harus bayar utang dulu karena bunga dari pinjamanmu mungkin lebih besar dari bunga yang kamu dapatkan dari hasil menabung. Dalam pengelolaan utang juga jangan sampai salah. Cara terbaik adalah mendahulukan pembayaran utang dari yang bunganya paling besar.

 Bayar Utang atau Nabung, Mana sih yang Harus Didulukan?Bayar Utang atau Nabung, Mana sih yang Harus Didulukan? © shutterstock

Alihkan penghasilanmu semaksimal mungkin untuk melunasi utang tersebut supaya bunganya tidak membesar. Tapi jangan lupa juga untuk tetap menyisihkan sedikit penghasilanmu untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, waktu semua utangmu lunas, barulah kamu fokus untuk menyiapkan tabungan dan atau dana darurat.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Join Diadona.id