Bingung ke Mana Konsultasi Masalah Keuangan? 5 Orang dengan Profesi Ini Bisa Kamu Andalkan

Reporter : Firstyo M.D.
Minggu, 28 Juni 2020 07:40
Bingung ke Mana Konsultasi Masalah Keuangan? 5 Orang dengan Profesi Ini Bisa Kamu Andalkan
Kenali beberapa profesi penting di dunia finansial ini agar kamu bisa lebih tau ke mana harus berkonsultasi.

Bicara masalah keuangan, sebagian besar dari kita tentu adalah awam yang nggak tahu harus mulai dari mana. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai menambah literasi finansial. Bisa dengan membaca artikel keuangan, mendengarkan podcast, atau mengikuti seminar. Namun salah satu cara yang sebenarnya paling efektif adalah melalui konsultasi dengan konsultan di bidang keuangan.

Profesi di bidang keuangan ada bermacam-macam,oleh sebab itu kita juga harus bisa memilih konsultan yang pas. Apa aja sih profesi yang ada di bidang keuangan, yang bisa membantumu berkonsultasi?

Berikut adalah ulasannya. 

1 dari 6 halaman

Financial Trainer

Profesi sebagai pelatih finansial atau financial trainer biasanya umum kita temui dalam seminar-seminar. Financial trainer memang biasa menjadi pintu masuk orang awam untuk lebih mengenal dan peduli pada dunia keuangan.

Financial trainer akan mengajari kita tentang dasar-dasar literasi keuangan seperti bagaimana cara untuk mulai menabung, cara mengelola penghasilan, atau bagaimana membagi alokasi keuangan.

2 dari 6 halaman

Konsultan Finansial

Biasa disebut juga sebagai fincancial consultant, ini adalah profesi yang paling umum didengar dalam dunia keuangan.

Mereka yang berprofesi sebagai konsultan finansial ini biasanya memiliki sertifikat Chartered Financial Consultant atau yang biasa disingkat ChFC.

Lingkup kerja konsultan finansial bisa sangat luas. Konsultan keuangan sangat bisa menyesuaikan dengan kliennya karena pendekatannya yang personal. Seorang konsultan keuangan akan mempelajari kondisi klien sebelum kemudian membantunya memilih langkah yang tepat.

3 dari 6 halaman

Perencana Keuangan Bersertifikasi

Perencana keuangan bersertifikasi adalah mereka yang sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board yang berpusat di Amerika Serikat.

Profesi perencana keuangan bersertifikasi biasanya akan lebih fokus pada klien yang memiliki maslaah dalam keuangannya. Masalah-masalah seperti perbaikan arus kas, rencana proteksi, dan perencanaan hari tua adalah beberapa di antaranya.

4 dari 6 halaman

Penasihat Investasi

Jika sudah banyak mengetahui tentang fundamental keuangan, maka biasanya akan mulai nampak arah yang ingin dituju. Untuk urusan investasi, kamu bisa berkonsultasi dengan investment advisor atau penasihat investasi.

Penasihat investasi akan membantu klien mulai dari menyarankan investasi mana yang akan diambil sampai mengelola aset investasi tersebut.

5 dari 6 halaman

Fund Manager

Fund manager merupakan salah satu bidang kerja yang merupakan bagian dari organisasi manajer investasi. Tugasnya adalah mengeksekusi strategi investasi sekaligus mengelola dana.

Beri Komentar