Budget adalah Anggaran, Kenali Fungsi, Tujuan, Beserta Contohnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 25 Juni 2020 09:29
Budget adalah Anggaran, Kenali Fungsi, Tujuan, Beserta Contohnya
Budget adalah suatu anggaran yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Budget adalah rencana keuangan perseorangan maupun lembaga yang disusun secara sistematis agar bisa mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.

Menurut Nafarin (2004), tujuan dari penyusunan budget adalah sebagai landasan dalam memilih sumber atau investasi dana, serta merasionalkan sumber dana agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

Sehingga bagi perusahaan, fungsi dari budget adalah sebagai perancanaan tertulis untuk memberikan gambaran yang lebih nyata, sebagai controlling di setiap pekerjaan, serta sebagai pelaksana di steiap kegiatan (pemasaran, produksi).

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengerian budget, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Budget adalah..

Budget adalah © Diadona

Seperti yang disebutkan di atas, budget adalah alat yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan sebagai rencana kegiatan yang di tulis dalam satuan kuantitatif.

Oleh karena itu manfaat yang di dapat perusahaan dengan adanya budget adalah untuk memberikan informasi yang digunakan dalam pembuatan keputusan, memperbaiki komunikasi dan koordinasi, serta menyediakan standar untuk evaluasi kinerja.

Lalu bagaimana cara penyusunan budget? Untuk proses penyusunan budget, kamu bisa melakukannya dengan tiga cara yaitu metode top down (metoda dari atas ke bawah), serta bottom up (metoda dari bawah ke atas).

Dengan begitu, tujuan dari penyusunan budget adalah membantu manajemen untuk melakukan koordinasi metode yang akan di lakukan nantinya, serta alat ukur bagi setiap individu.

2 dari 4 halaman

Budget Constraint

Budget adalah © Diadona

Budget constraint adalah kendala pengeluaran atau investasi yang disebabkan keterbatasan ukuran pendapatan.

Dengan kata lain, budget constraint dapat diartikan sebagai penghasilan atau pendapatan yang dimiliki oleh seseorang yang digunakan untuk membeli barang atau jasa yang mereka butuhkan.

Sebab, semakin tinggi penghasilan yang dimiliki seseorang, maka akan semakin banyak pula kombinasi barang atau jasa yang akan digunakan. Hal ini juga berlaku pada sebaliknya.

Namun, yang harus di catat, bahwa ada skala prioritas dalam hal pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan teori batasan anggaran. Sehingga seseorang harus memilih salah satu yang menurutnya menjadi kebutuhan yang paling penting.

3 dari 4 halaman

Budget Line

Budget adalah © Diadona

Garis Anggaran Pengeluaran atau biasa disebut budget line adalah garis yang menunjukkan yang bisa dibeli oleh sejumlah pendapatan tertentu. Singkatnya, batas keuangan konsumen untuk membeli.

Sedangkan, sumber lain menyebutkan kalau budget line ialah garis yang menghubungkan titik-titik antara kombinasi barang X dan Y, yang mampu dibeli oleh konsumen pada tingkat pendapatan tertentu.

Sehingga, ada beberapa faktor yang mempengaruhi garis anggaran pengeluaran, diantaranya:

1. Perubahan Pendapatan

Biasanya pendapatan yang meningkat akan dipengaruhi oleh besarnya tingkat konsumsi, sehingga hal ini juga mempengaruhi besarnya garis anggaran, begitu juga sebaliknya.

2. Perubahan Harga

Naik turunnya harga suatu barang akan berpengaruh terhadap besar kecilnya pengeluaran.

4 dari 4 halaman

Hak Budget

Budget adalah © Diadona

Hak budget adalah Hak DPR dalam menyetujui atau menolak Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) yang diusulkan oleh presiden.

Sehingga, apabila rancangan undang-undang tersebut tidak disetujui oleh DPR, maka pemerintah akan menggunakan APBN tahun lalu. Sebab, adanya hak budget ini untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam bidang anggaran.

Dari penjelasan tersebut, hak budget adalah hak DPR sebagai budget making, yang berbanding terbalik dengan kewenangan DPD.

Mengingat hak budget DPR yang kuat tersebut, maka diperlukan penataan ulang, agar tidak dijadikan alat untuk melakukan korupsi anggaran dalam pembahasan RAPBN.

Intinya, budget adalah rencana keuangan yang disusun dalam bentuk unit moneter.

Beri Komentar