Cara Atur Keuangan Saat Baru Punya Bayi, Orang Tua Wajib Tau nih!

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 15 Mei 2020 15:40
Cara Atur Keuangan Saat Baru Punya Bayi, Orang Tua Wajib Tau nih!
Atur keuangan waktu baru punya bayi penting biar nggak keteteran di masa depan.

Bertambah satu anggota keluarga baru, artinya pengeluaran juga ikut bertambah. Apalagi untuk bayi, orangtua selalu royal karena ingin memberikan yang terbaik.

Mengatur keuangan menjadi penting agar kehadiran bayi di tengah-tengah keluarga bisa dirasakan jadi berkah, bukannya beban.

Dilansir dari cermati.com, berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan untuk para orangtua yang baru punya bayi.

1 dari 5 halaman

Orientasi pada kebutuhan anak, bukan keinginan orang tua

Dalam membeli kebutuhan bayi, orang tua sering terjebak untuk membeli sesuatu yang menurutnya lucu. Padahal yang harusnya jadi pertimbangan utama adalah aspek kebutuhannya.

Misal, kamu sudah membelikan sejumlah baju untuk anak. Lalu saat berjalan-jalan kamu menemukan baju lain yang tampilannya lucu. Sebelum membelinya, lebih baik pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu, apa bayimu benar-benar butuh baju baru?

2 dari 5 halaman

Nggak harus baru, yang penting layak

Selain mempertimbangkan aspek kebutuhan di atas lucu-lucuan semata, membeli barang bekas layak pakai juga bisa dimasukkan ke dalam strategi penghematanmu. Tentu pilih barang-barang yang nggak masalah kalau disubtitusikan dengan barang bekas, seperti stroller atau baby walker. Baru lah beli barang baru untuk kebutuhan yang berpotensi memunculkan kontak langsung dengan bagian vital bayi seperti dot.

3 dari 5 halaman

Jual lagi barang yang sudah nggak terpakai

Sebagaimana kamu membeli barang bekas, menjual barang bayi yang sudah nggak terpakai tapi masih layak juga bisa kamu lakukan. Ini lebih baik ketimbang barang jadi tertumpuk di sudut ruangan sampai berdebu dan akhirnya rusak.

Lain cerita kalau memang kamu berencana untuk menurunkan barang tersebut untuk anak kedua atau ketiga.

4 dari 5 halaman

Siapkan dana masa depan

Membeli barang-barang memang penting, namun menyimpang sejumlah uang untuk persiapan masa depan anak juga nggak boleh dilupakan.

Kamu bisa mulai mempersiapkan dana dalam bentuk tabungan, asuransi, atau deposito pendidikan untuk persiapan jika kelak anak masuk sekolah. Ini akan sangat membantu, mengingat biaya pendidikan yang semakin naik tiap tahunnya.

5 dari 5 halaman

Bertambah satu anggota keluarga baru memang berarti pengeluaran juga ikut bertambah. Hal ini nggak akan terlalu jadi beban kalau kita bisa mengaturnya sejak dini. Jadi, persiapkan mulai sekarang ya!

Beri Komentar